Cara Analisa / Riset Tingkat Persaingan Keyword

Status
Not open for further replies.

SEOSATU

New Member
Panduan cara mengetahui tingkat persaingan dan kesulitan sebuah keyword yang akan di bidik, sehingga bisa mendapatkan waktu setup SEO lebih cepat, dan hasil lebih maksimal.

» Sebelumnya telah saya bahas tentang Cara riset keyword menggunakan tools Gratis : keyword planner Google

Teknik mengetahui Tingkat persaingan dan kesulitan keyword ada 2:

  • Cara Gratis
  • Menggunakan Tools Keyword riset berbayar (Premium)


Cara #1 {GRATIS}
Setelah anda berhasil menemukan sejumlah keyword potensial, selanjunya mulai riset tingkat persaingan dan tingkat kesulitan lewat 10 besar situs / website yang tampil di halaman 1 google berdasarkan keyword yang anda bidik.

  1. Hapus semua cache browser, hal ini bertujuan membersihkan riwayat atau history pencarian pribadi, karena akan mengganggu hasil serp google secara umum
  2. Buka google.co.id -> masukan keyword yang di targetkan, Cek 10 TOP website yang tampil di halaman pertama google, apakah isi konten setiap website itu memberikan informasi lengkap , relevan, dan sumber dapat dipercaya.
  3. Apabila 10 TOP situs yang tampil di halaman 1 google adalah situs populer seperti: media berita, e-commerce (lazada, tokopedia, bukalapak, dll) atau situs resmi perusahaan yang memiliki trust / kepercayaan user, maka keyword bisa di kategorikan tingkat persaingan sulit.
  4. Cek umur domain atau website dengan tool online: https://web.archive.org/ , apabila umur domain lebih lebih dari 3 – 5 tahun maka masuk katagori medium – sulit, karena sudah dipastikan memiliki baclink / popularitas yang kuat, namun hasil analisa ini bukan faktor utama.
  5. Lihat jumlah persingan total situs atau website yang menargetkan keywod dengan cara ketikan,
    • allintitle: keyword, contoh = allintitle: jasa seo
    • Nilai indikator tingkat persaingan:
      • Under 1,000 – Low, mudah
      • 1,000 – 4,000 – medium, sedang
      • 4,000 – 6,000 – sulit
      • 6,000+ – sangat sulit
    • Disclaimer ! Cara :: allintitle ini merupakan faktor indikator tambahan, namun yang lebih valid adalah pada no.2 dan no.3


Cara #3 {TOOLS BERBAYAR}
Tools yang saya rekomendasikan untuk analisa tingkat persaingan keyword terpercaya dan mudah digunakan adalah, KWFINDER. Tools keyword riset ini memberikan data lengkap dan valid.



keterangan (yang perlu diset):

  1. suggestion : keyword
  2. lokasi


hasil analisa:

Total pencari rata2 setaip bulan: 14,798 x (masuk keyword potensial)

Tingkat persaingan: Possible / mungkin (medium)



Kasimpulan !
Untuk mendapatkan hasil analisa persaingan keywords disarankan menggabungkan 2 cara diatas, sehingga bisa memiliki bahan perbandingan dan realitas pada hasil search Google.
 
Status
Not open for further replies.
Loading...
Top