Cara Melatih Mental Jelang Kelahiran

Discussion in 'General Lifestyle' started by mas anca, Dec 29, 2016.

  1. mas anca

    mas anca New Member

    Joined:
    Jul 18, 2016
    Messages:
    15
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Location:
    Provinsi Lampung
    Cara Membuat Anak - Kehamilan merupakan sebuah berkah bagi mommy yang mengandung, calon ayah, dan segenap keluarga calon bayi. Tidak semua wanita diberi kesempatan yang sama memiliki anak, oleh karena itu seorang wanita yang sedang hamil haruslah merasa bersyukur atas kehamilannya.

    Menjadi seorang ibu yang baik tidak dimulai pada saat si bayi dilahirkan, namun sejak si jabang bayi tumbuh dan berkembang di rahim si ibu. Wanita hamil harus sering mengajak calon bayinya untuk berkomunikasi dan menunjukkan kasih sayang melalui belaian lembut di perut.

    Menurut para ahli, calon bayi telah mengerti kasih sayang dan komunikasi yang diberikan oleh si ibu melalui stimulus-stimulus belaian lembut dan komunikasi yang dikhususkan untuknya. Stimulus ini juga berpengaruh terhadap tingkat kecerdasan dan kepribadian si bayi. Jadi untuk mommy yang sedang hamil, bisa menerapkannya untuk si jabang bayi.

    Setelah memberi perhatian bagi si calon bayi, selanjutnya bagaimana cara seorang ibu untuk menyiapkan masa menjelang kelahiran?

    Persiapan Khusus

    Nah, untuk mommy yang sebentar lagi akan menyambut kelahiran bayi tercinta, ada baiknya mommy mengikuti beberapa tips hamil sehat. Hal ini untuk olahraga masa hamil guna mempersiapkan kebugaran menghadapi proses kelahiran. Hal itu juga bermanfaat untuk melatih mental jelang persalinan. Mommy bisa mengikuti program senam hamil untuk mengatur pernafasan, meningkatkan kebugaran, melatih otot-otot panggul menjelang persalinan, dan meningkatkan mental mommy menjelang persalinan.

    Senam hamil sangat dianjurkan terutama bagi mommy yang memasuki masa kehamilan trismester 3. Senam hamil ini juga baik untuk menghindari mommy dari pegal punggung dan panggul, kecemasan yang berlebihan, atau terlalu sering buang air kecil. Selain itu mommy juga harus memperhatikan asupan nutrisi bagi mommy dan si jabang bayi, dan jangan lupa juga untuk memeriksakan diri ke dokter dengan teratur.

    Melatih Mental

    Mommy memang harus melatih mental apalagi memasuki trimester 3 kehamilan. Melatih mental juga sangat dibutuhkan bagi mommy yang baru pertama kali hamil. Seringkali banyak wanita yang merasa ketakutan menjelang persalinan. Rata-rata mereka takut akan rasa sakit, takut apabila bayi yang dilahirkan tidak selamat, takut kehilangan nyawa,malu berhadapan dengan tim medis di ruang bersalin, dan sebagainya.

    Mommy harus menyingkirkan perasaan ini melalui latihan mental. Mommy harus belajar untuk mengungkapkan perasaan-perasaan cemas yang mommy rasakan kepada suami, dokter, dan orang-orang terdekat. Disarankan untuk ikut kelas antenatal yang dipersiapkan khusus untuk melatih mental mommy menjelang persalinan.

    Salah satu cara yang paling manjur untuk memperkuat mental mommy adalah dengan membayangkan wajah kecil yang mommy nanti-nantikan hadir di pelukan. Keinginan untuk melihat dan menyentuh seorang buah hati yang telah mommy nantikan selama 9 bulan lebih, merupakan motivasi yang paling baik untuk menghindarkan mommy dari perasaan-perasaan negatif menjelang persalinan.
     


  2. audyla

    audyla New Member

    Joined:
    Jan 3, 2017
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    cocok banget nih untuk ibu ibu muda
     
Loading...

loading...

Loading...

Share This Page