Cara Memasang Ads Di Youtube Ala Digital Marketing Agency

hersam

New Member



Youtube adalah salah satu channel untuk orang-orang yang ingin melakukan video marketing. Bahkan menurut iBiG Digital, salah satu digital marketing agency terbaik di Indonesia ini, pengaruh Youtube sangat bagus untuk brand, produk baik untuk bisnis maupun personal kita. Hasilnya, banyak orang yang membuat akun di Youtube dan mengisinya dengan konten-konten menarik.

Beberapa konten yang cukup hits di kalangan penonton Youtube adalah musik, make up, dekorasi rumah, games, fashion, kuliner dan masih banyak lagi. Selain memperlihatkan kemampuan secara online, salah satu konten yang disukai penonton yang kepo adalah daily vlog. Daily vlog ini menampilkan kehidupan sehari-hari Youtuber atau artis sehingga membuat para penonton lebih mengenal dekat mereka.

Kita mendapatkan keuntungan dari channel Youtube itu sendiri. Ketika kita mengumpulkan minimal 1000 view dari keseluruhan konten-konten maka kita akan mendapatkan USD $1. Untuk mendapatkannya, kita perlu memasang iklan Youtube ke channel Youtube.

Tips memasang Ads di channel Youtube

Memasang Ads di Youtube kita itu mudah banget. Kamu hanya perlu mendaftar di Google Adwords. Setelah itu buatlah iklan dalam format video. Selanjutnya, dengan kecerdasan kita, pilihlah target audience yang cocok dengan konten-konten kita. Setelah itu gabungkan akun Youtube kita dengan akun Google Adwords. Untuk bisa menilai kesuksesan iklan tersebut, jika banyak yang melihat, klik dan budget statistic dengan angka yang bagus.

Dengan fitur yang baru saja kita bikin ini, kita bisa mencapai pelanggan dengan cara Cost-per-View (CPV). Kita juga tidak perlu bayar untuk iklan yang tampil di halamn pencarian. Dan setiap kali seorang penonton melihat video iklan kita, saat itulah kita baru membayar. Untuk memastikan kalau iklan kamu dilihat dan bahkan sampai diklik, tentunya tulisan, gambar dan kontennya harus relevan dengan situs kita. Ketika iklan ini relevan maka akan semakin banyak penonton yang akhirnya berubah menjadi pelanggan bisnismu.

Google Adwords mendukung beberapa jenis format video. Mari simak jenis-jenisnya di sini.
  1. In-Stream: Jenis iklan video yang seperti ini biasanya diputar sebelum atau sesudah video Youtube seperti pre-roll.

  2. In-Slate: Iklan yang satu ini biasanya ditampilkan pada pertengahan video yang memiliki durasi panjang. Jika penonton memilih dan menonton salah-satu dari iklan-iklan yang ditampilkan, maka kita perlu membayarnya.

  3. In-Search: Iklan yang ditampilkan di bagian atas dan kanan dari hasil pencarian di Youtube

  4. In-Display: Jenis iklan yang ditampilkan di Youtube Network dan Google Display Network

Untuk membuat video iklan ini, tidak ada batasan durasi. Namun agar kampanye ini berhasil, biasanya orang lebih senang dengan tipe-tipe video yang pendek seperti 5 detik. Jadi buatlah beberapa video yang disesuaikan dengan jenis grup. Jangan lupa untuk sesuaikan dengan performa dan relevansi dari keyword-keyword yang digunakan. Ketika kita menggunakan CTA dengan efektif, tentunya lebih banyak penonton yang tertarik pada videomu.

Jangan lupa juga untuk membuat iklan video dan landing page yang sesuai plus konsisten agar mendapatkan Return of Investment yang bagus. Buatlah sebuah iklan video yang menarik dan berkesan untuk meningkatkan perhatian penonton sehingga mereka bersedia klik iklan kita.

Kita bisa simpulkan kalau Google Adwords for Video adalah cara yang cukup inovatif untuk mempromosikan produk dan jasa kita ke pasaran yang kita mau. Ketika kita memasangnya dengan benar dengan video yang eye-catching, tentunya lebih banyak penonton yang masuk ke situs dan menaikkan kemungkinan tercapainya target bisnis kita.

Setelah memasang iklan di channel Youtube, kita juga perlu senantiasa posting konten-konten rutin yang menarik secara terjadwal. Karena konten yang menarik ini bisa membuat Youtube rekomendasi konten-konten ke para penonton lainnya dengan kategori yang sesuai. Akibatnya peluang agar iklan kamu dilihat dan diklik pengunjung pun semakin besar.

Nah, jadi beginilah tips untuk memasang iklan di Youtube channel kita. Dan satu hal yang terpenting dan jangan dilupakan, janganlah kita hanya memikirkan keuntungan yang kita dapat dari Ads. Jangan lupa Youtube ini dibangun dari penonton-penonton yang setia. Buatlah channel kita dengan informasi bukan gosip atau hoax, menghibur yang “aman” agar para penonton tertarik dan menjadi subscriber di channel kita. Beginilah sekian saran dari iBiG Digital, digital marketing agency terbaik di Indonesia.
 
Loading...

Thread Terbaru

Post Terbaru

Top