Cara Menghilangkan Rasa Gugup / Nervous Berlebihan

Discussion in 'General Discussions' started by aralia, Sep 15, 2017.

  1. aralia

    aralia New Member

    Joined:
    Apr 1, 2016
    Messages:
    26
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Seorang komedian OVJ yang bernama aziz gagap dikenal dengan gaya bicaranya yang gagap dan membuatnya terlihat lucu hingga para penonton tertawa. Aziz gagap sebenarnya tidak gagap dan hanya berpura-pura gagap saja. Tapi apabila anda pribadi atau mungkin ada anggota keluarga anda yang tiba-tiba berbicara gagap, janganlah menganggap sepele dan malah ditertawakan. Orang yang berbicara gagap sebenarnya sedang gugup. Rasa gugup yang berlebihan akan membuat gagap atau susah dalam berucap. Rasa gugup / nervous yang berlebihan diiringi dengan kondisi otak yang sedang stress karena berbagai macam faktor. Orang yang sedang gugup tidak hanya susah berbicara, namun terkadang tangan dan kakinya bergetar, muka pucat, keringat bercucuran, nafas tersengal-sengal dan tidak fokus saat diajak berbicara.

    Saya pribadi akan merasa sedikit gugup ketika berpresentasi di depan banyak orang. Kurangnya rasa percaya diri juga bisa membuat seseorang menjadi gugup. Begitu pula pada saat bermain sepak bola di ajak pelombaan yang ditonton banyak orang, seringkali saya merasa nervous hingga membuat permainan tim jadi kacau dan membuat kecewa teman-teman. Perasaan bersalah yang saya rasakan membuat saya trauma pada saat itu dan setiap bertemu dengan teman-teman satu tim selalu malu serta ingin menghindar. Rasa percaya diri saya menjadi semakin tipis tiap kali bermain sepakbola, sehingga rasa gugup sering muncul dan membuat saya semakin depresi.

    Sungguh tidak menyenangkan memiliki rasa gugup yang berlebihan hingga pada akhirnya saya mencari jalan keluar dan mencoba suatu cara menghilangkan rasa gugup/nervous, seperti berikut ini :

    1. Saya mencoba untuk memberanikan diri berinteraksi dengan semua teman bahkan dengan teman satu tim sepak bola. Aku memberanikan diri untuk menyapa mereka duluan dan apapun yang terjadi aku akan hadapi.
    2. Saya selalu mengambil setiap pengalaman hidup sebagai pelajaran yang berharga agar tidak mengulangi kesalahan yang sudah pernah saya lakukan sebelumnya.
    3. Setiap muncul pemikiran yang negatif, saya berusaha untuk membalikannya menjadi pemikiran yang positif. Misalkan saya berfikir negatif bahwa teman setimku akan menjauhiku karena kekacauan yang pernah ku buat. Maka aku balik menjadi pikiran yang positif bahwa teman-temanku akan memaafkan kesalahanku dan tetap menerimaku dalam tim.
    4. Setelah membaca banyak buku referensi yang membahas tentang cara mengatasi rasa gugup, saya mendapatkan satu cara yang sangat efektif agar tidak mengalami rasa gugup pada saat presentasi ataupun bermain sepakbola. Ternyata sebelum kita harus fokus dan berkonsentrasi dalam mempersiapkan dan melaksanakan suatu pekerjaan tertentu, karena munculnya rasa gugup terjadi akibat tidak fokus dan tidak siap melakukan sesuatu.
    5. Apapun yang terjadi di lapangan saya selalu percaya diri dengan skil dan keterampilanku dalam bermain sepakbola. Dengan percaya diri yang tinggi, saya tidak lagi mengalami rasa gugup saat tampil di lapangan diberbagai ajang perlombaan tingkat nasional sekalipun.

    Semoga cerita singkat ini bisa memberikan solusi/cara kepada rekan-rekan yang sedang berkelut dan berjuang untuk lepas dari masalah rasa gugup/nervous yang berlebihan.

    upload_2017-9-15_13-20-51.png
     


Loading...

loading...

Loading...

Share This Page