Cara Mudah Dan Mandiri Untuk Daftar Bpjs Online

Discussion in 'Health & Beauty' started by soltius, Mar 11, 2019.

  1. soltius

    soltius New Member

    Joined:
    Oct 16, 2018
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Occupation:
    Software Akuntansi Engineer
    Location:
    Indonesia
    Proses pendaftaran BPJS secara mandiri atau perorangan ternyata tidaklah sesulit yang Anda bayangkan. BPJS merupakan sebuah program kesehatan dengan sasaran seluruh masyarakat Indonesia tanpa terkecuali. Jadi, apabila Anda hingga saat ini belum memiliki kartu BPJS maka dapat segera melakukan pendaftaran.


    Ini dikarenakan proses daftar BPJS online maupun offline tidak ada batasan waktunya. Cara mendaftar BPJS secara online merupakan salah satu layanan yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Alasannya adalah karena kemudahan prosedurnya yang dapat Anda lakukan tanpa perlu menghabiskan banyak waktu untuk mengantre. Berikut ini adalah cara melakukan pendaftaran BPJS secara online.


    Cara mendaftar BPJS secara online
    Bagi Anda yang memiliki rutinitas padat karena kesibukan kerja tentu tidak memiliki banyak waktu luang. Jadi, Anda pun tidak bisa menghabiskan waktu untuk mengantre saat melakukan pendaftaran BPJS offline. Akan tetapi, seiring dengan berkembangnya teknologi proses pendaftaran BPJS dapat Anda lakukan secara online. Di bawah ini adalah prosedur yang perlu Anda terapkan untuk menjadi peserta BPJS melalui pendaftaran online.


    1. Kunjungi website resmi BPJS kesehatan

    · Bukalah situs resmi BPJS lalu pilih bagian layanan dan pendaftaran peserta.

    · Selanjutnya, akan muncul tampilan pengarahan prosedural sebagai bentuk permintaan persetujuan dari calon peserta BPJS.

    · Sebelum Anda mencentang tanda persetujuan, pahami terlebih dahulu ketentuan yang tertera.

    · Apabila ingin melanjutkan proses pendaftaran, Anda bisa mengklik tombol “pendaftaran”.

    2. Lengkapi isian nomor kartu keluarga yang terdapat pada formulir

    · Lengkapi nomor kartu keluarga dan isikan kode captcha pada kotak dialog yang ditampilkan.

    · Klik tombol Inquery kartu keluarga.

    · Berikutnya, data kartu keluarga akan tertampil. Pada tahap ini, Anda wajib mendaftarkan seluruh anggota keluarga menjadi peserta BPJS.

    · Kemudian, klik tombol selanjutnya.

    3. Lengkapi formulir isian data diri peserta BPJS

    · Lengkapi berbagai data diri yang dibutuhkan. Seperti nomor ponsel, NPWP, kelurahan atau desa dan alamat tinggal.

    · Silakan pilih fasilitas kesehatan yang Anda inginkan.

    · Upload foto dengan ukuran maksimal 50 kb.

    · Jika ingin melanjutkan klik tombol selanjutnya.

    4. Lengkapi formulir isian data diri anggota keluarga

    · Isikan data seluruh anggota keluarga Anda.

    · Pilih kelas perawatan.

    · Masukan nomor rekening beserta nama pemiliknya.

    · Sertakan juga alamat email yang aktif.

    · Input kode captcha.

    · Klik tombol mengirim email.

    5. Cara daftar BPJS online yang selanjutnya adalah melakukan aktivasi melalui alamat email untuk mendapatkan virtual account.

    6. Segera lakukan proses pembayaran iuran BPJS kesehatan via transfer ATM maupun bank.

    7. Setelah Anda melakukan pembayaran, maka akan memperoleh e-ID. Selanjutnya, cetak e-ID untuk mengambil kartu BPJS di kantor cabang.


    Kelebihan program BPJS kesehatan
    Dewasa ini, masyarakat Indonesia semakin sadar mengenai pentingnya asuransi kesehatan. Jadi, mereka pun menyadari pentingnya menjadi peserta BPJS kesehatan. Fenomena peningkatan jumlah peserta menunjukkan bahwa program ini memang mempunyai banyak kelebihan. Berikut adalah beberapa kelebihan yang akan diperoleh anggota BPJS kesehatan.

    · Murah

    Kelebihan pertama dari program BPJS kesehatan adalah pembayaran iuran atau preminya yang murah. Adapun nominal premi yang wajib Anda bayarkan per bulannya adalah Rp 59.000 untuk kelas I, Rp 49.500 kelas II dan Rp 25.000 kelas III. Meskipun preminya murah tetapi pelayanan medis yang diberikan tidak murahan. Dengan menjadi peserta BPJS, Anda berhak memperoleh layanan medis berupa pemeriksaan, rawat inap, pembedahan, obat dsb.


    · Jaminan seumur hidup

    BPJS kesehatan bersedia untuk menyediakan proteksi kesehatan bagi pesertanya dengan durasi seumur hidup. Fakta ini tentu saja sangat menguntungkan dibandingkan Anda menjadi peserta asuransi kesehatan swasta. Ini dikarenakan beberapa jasa asuransi swasta hanya bersedia memberi jaminan kesehatan kepada peserta hinggu usia maksimal 100 tahun.


    · Tanpa medical check up

    Pada saat Anda mendaftar asuransi kesehatan swasta biasanya akan menjalani proses medical check up terlebih dahulu. Apabila hasilnya menunjukkan Anda mengidap penyakit kritis atau sudah berusia di atas 40 tahun maka premi yang dibayarkan semakin mahal. Selain itu, kemungkinan ditolaknya pengajuan polis juga dapat terjadi pada Anda.


    Kondisi ini berbeda dengan prosedur pelayanan BPJS karena di usia berapa pun Anda bisa mendaftar. Baik itu daftar BPJS online maupun secara offline dengan mendatangi kantor cabang. Tidak seperti asuransi kesehatan swasta, program BPJS tidak mengenal adanya medical check up sehingga keanggotannya lebih mudah.

    sumber : Cara Daftar BPJS Online
     


  2. Freaky

    Freaky New Member

    Joined:
    Oct 25, 2018
    Messages:
    28
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    1
    Wah boleh juga nih, dari pada harus datang ke kantor terdekat dan ngantrinya yang lama boy13:
     
Loading...

Loading...

Share This Page