Cara pengobatan alternatif asam lambung

lingshenyao

New Member
Penyakit asam lambung, sering disepelekan penderitanya. Masalah asam lambung ini dapat menyebabkan perluakaan pada lambung atau sering dikenal dengan maag. Pada penderita maag biasanya terjadi luka pada lapisan lambung atau infeksi bakteri. Selain dengan obat dokter atau yang tersedia diapotik, ada juga pengobatan alternatif asam lambung loh !

Rasa nyeri pada lambung ketika asam lambung naik sering kali mengganggu aktifitas. Kebanyakan penderita maag ringan mengabaikan masalah lambung ini hingga akhirnya menjadi parah. Berikut gejala maag yang biasanya terjadi :

  • Cepat merasa kenyang ketika makan.
  • Rasa kenyang yang berkepanjangan setelah makan.
  • Mual.
  • Sering merasa kembung dibagian perut atas.
  • Sering bersendawa.
  • Nyeri pada ulu hati.
  • Adanya nyeri didaerah tengah dada. Nyeri ini biasanya muncul setelah makan atau ketika makan.
  • Rasa panas pada bagian perut atas.
  • Pada kasus sakit maag yang sudah cukup parah biasanya terrasa panas pada dada. Hal ini karena naiknya asam lambung hingga kerongkongan.
Penderita maag sangat disarankan untuk menjaga asupan makanannya, karena hal ini akan berpengaruh besar. Ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi penderita maag, yaitu :

Oatmeal
Tak hanya bagi yang menjalani program diet, oatmeal juga makanan yang baik untuk lambung. Oatmeal kaya akan serat, hal ini membuat lambung tidak terlalu keras untuk memprosesnya penyerapan oatmeal. Menkonsumsi oatmeal juga dapat mengurangi gejala reflux dan membuat kita kenyang lebih lama.

Air kelapa
Air kelapa mempunyai kandungan banyak mineral dan juga senyawa yang menenangkan sistem pencernaan. Manfaat dari air kelapa untuk asam lambung tak hanya itu saja loh ! air kelapa juga dapat membantu menghilangkan radikal racun di dalam tubuh. Air kelapa juga mampu mengurangi peradangan pada lambung. Untuk penderita GERD juga disarankan konsumsi segelas air kelapa dalam sehari selama 2 minggu. Maka GERD akan lebih jarang kambuh.
Jahe

Beberapa jamu sering kali manambahkan jahe sebagai bahan karena kasiat yang baik bagi tubuh. Jahe juga termasuk makanan untuk menurunkan asam lambung. Kandungan anti inflamasi pada jahe mampu mengatasi gangguan pencernaan. Untuk mencegah asam lambung naik, anda bisa minum air rebusan jahe setiap pagi. Jika anda tidak kuat dengan rasa pedasnya, anda bisa menambahkan gula jawa atau madu. Selain menurunkan asam lambung, rebusan jahe juga bisa menghangatkan tubuh.

Sayuran hijau
Sayuran hijau memang dikenal baik untuk kesehatan dan juga salah satu makanan untuk menurunkan asam lambung. Beberpa sayuran seperti selada, buncis, timun, asparagus dan brokoli dipercaya dapet menurunkan asam lambung.

Roti
Roti yang biasa dijadikan makanan disela-sela jam makan untuk sebagian orang merupakan makanan untuk menurunkan asam lambung juga. Roti yang dikonsunsi juga disarankan roti gandum. Pada roti gandum, mengandung serat yang baik untuk kesehatan lambung.

Daging tanpa lemak
Siapa bilang penderita maag tidak boleh makan daging? Makan daging di perbolehkan, dengan catatan daging yang dikonsumsi dagig tanpa lemak. Karena yang dapat memicu asam lambung naik adalah lemak dan minyak dari olahan daging tersebut. Untuk menyiasatinya anda bisa konsumsi daging tanpa kulit dan pengolahannya jangan digoreng. Atau agar lebih aman anda bisa konsumsi daging ikan.

Pisang
Pisang merupakan buah pereda maag yang mudah di dapatkan. Hal ini karena pisang mengandung pH sekitar 5,6 yang baik untuk lambung. Selain buah pisang, buah apel, pir dan melon juga bagus untuk menurunkan asam lambung.

Cara Sembuh Total Dari GERD !

Jika gejala sering anda rasakan, jangan ragu untuk memerikskan diri.Apalagi jika keadaan tidak membaik meski sudah konsumsi obat asam lambung yang biasa di jual diapotik. Karena jika dibiarkan penyakit maag ini dapat semakin parah hingga memicu kanker lambung. Dokter akan melakukan peeriksaan separah apa penyakit asam lambung anda, sebelum meresepkan obat. Berikut beberapa obat yang biasanya diberikan pada penderita maag disesuaikan dengan kebutuhan pasien :

Penggunaan obat-obatan menjadi salah satu pengobatan utama untuk pada pasien sakit maag persisten. Beberapa obat yang biasanya diberikan dokter pada penderita maag :

  • Antasida
  • Obat ini digunakan dalam mengatasi gejala maag yang tergolong masih ringan atau menengah. Obat ini bekerja untuk menetralkan asam lambung yang berlebih, sehingga mencegah iritasi di dinding saluran pencernaan. Antasida juga dapat dibeli di apotik tanpa resep dokter.

  • Obat H2 (H2RA) atau antagonis reseptor
  • H2RA ini mampu untuk menurunkan asam lambung.

  • Obat (PPI) atau penghambat pompa proton
  • Sama seperti obat H2RA, obat PPI juga bertujuan menurunkan asam lambung.

  • Prokinetik
  • Obat dengan golongan prokinetik ini bekerja meredakan gejala nyeri maag yaitu dengan cara mempercepat pencernaan makanan.

  • Antibiotik
  • Sama seperti antibiotic lainnya, obat ini juga diberikan jika maag disebabkan oleh bakteri.

  • Antidepresan
  • Obat ini berfungsi untuk meredakan nyeri ketika sakit maag kambuh.
Meski begitu, obat-obat diatas juga mempunyai efek samping jika dikonsumsi dalam jangka panjang dan terus-menerus. Tak sedikit juga yang memilik pengobatan alternatif asam lambung menggunakan bahan alami seperti :

Kacang kedelai

Selama ini kacang kedelai memang dipercaya sebagai tumbuhan yang mampu memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan manusia. Namun, belum banyak yang mengetahui bahwa sebenarnya jenis kacang ini merupakan salah satu obat maag alami.



Cara mengolah obat tradisional ini sangatlah mudah yakni cukup dengan menyangrainya kemudian dihaluskan (bisa dengan blender/tumbuk) dan dikonsumsi secara teratur dengan cara diseduh. Sangat mudah mendapatkan obat ini, tidak mahal, serta sangat mudah cara mengolahnya menjadi obat.



Daun Salam

Siapa lagi yang tidak mengenal daun salam, jenis tumbuhan yang menjadi sahabat ibu rumah tangga karena digunakan sebagai bumbu/penyedap rasa dalam memasak. Padahal selain itu, daun salam sangat bagus dimanfaatkan sebagai obat maag alami dari tumbuhan dengan meminumnya setiap hari dan teratur.



Cara mengolahnya pun gampang yakni dengan merebus segenggam dari daun tersebut dalam 2 gelas air (bisa menambah gula sedikit saja) dan dididihkan hingga tersisa kurang lebih 1 gelas saja. Untuk mengonsumsinya bisa dalam keadaan yang masih hanya maupun sudah dingin.daun salam asam lambung



Tumbuhan Kunyit (kunir)

Tumbuhan dengan nama Latin Curcuma Longa Liin merupakan obat tradisional yang ampuh untuk segala macam penyakit, salah satunya penyakit maag. Sebagai obat maag herbal, kunyit bisa diparut lalu diperas untuk diambil airnya dan bisa langsung diminum atau bisa ditambahkan dengan madu.



Beberapa jenis tumbuhan di atas bisa Anda gunakan untuk mengobati penyakit maag yang sering muncul pada diri Anda, keluarga, kerabat maupun teman Anda. Untuk dapat lebih praktisnya kini tersedia obat maag alami dari tumbuhan dalam bentuk kapsul yang bernama Kapsul Metama.kunyit maag kronis



Metama

Produk Metama memanglah bukan berupa tanaman, tetapi bahan dasar yang dijadikan obat kapsulnya merupakan ekstrak tanaman herbal. Tanaman herbal yang dipilih untuk dijadikan obat metama sudah teruji secara klinis memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit maag.



Obat Herbal Metama membuat pengobatan maag menjadi lebih praktis, karena ekstrak tanamannya telah diubah menjadi bentuk kapsul yang mudah ditelan.



Kapsul Metama adalah jenis obat herbal yang terbuat dari bahan-bahan alami yakni tumbuhan yang di dalamnya terdapat kandungan zak aktif yang baik untuk pengobatan penyakit maag dan Asam Lambung serta Gerd. Kapsul Metama yang juga sebagai obat maag alami dari tumbuhan ini telah teruji dan mendapat izin edar dari BPOM RI.

Cara kerja obat dalam bentuk kapsul ini adalah memberikan pemulihan dan membuat normal kembali fungsi tubuh serta meningkatkan imun (daya tahan) tubuh secara aman tanpa disertai adanya efek samping. Untuk pemesanan Obat Herbal Maag Metama silakan hubungi kontak Whatsapp kami di 0812-2042-7122.
 
Loading...

Thread Terbaru

Post Terbaru

Top