Cara Setting Mesin Cutting Jinka Agar Bisa Potong Rapi Di Knife Offset & Overcut

Discussion in 'General Discussions' started by YOYO, Apr 20, 2019.

  1. YOYO

    YOYO New Member

    Joined:
    Sep 23, 2017
    Messages:
    444
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    3
    Banyak yang bertanya, mesin cutting sticker JINKA bisakah di setting supaya saat memotong objek seperti lingkaran, huruf bersiku dapat terpotong secara presisi dan potong sikunya rapih ? Diartikel kali ini menjelaskan selengkapnya. Oh yah, tapi sebelum itu ada hal yang perlu teman-teman ketahui bahwasanya hasil cutting objek menggunakan mesin cutting sticker JINKA bisa presisi itu ada triknya, yang jelas dari software nya yaitu “ Cuttools CDR-LAS”.

    Pada software ini memiliki opsi / pilihan saat akan melakukan cutting objek pada tampilan di kiri atas nih teman-teman ada tulisan “ Port Setting “ . Pada port setting memiliki dua (2) pilihan :

    1. Port Type

    Memiliki fungsi untuk menunjukkan koneksi mesin cutting ke komputer / laptop yang telah menggunakan jalur USB /COM dan lain sebagainya. Tetapi yang banyak orang kenal dan gunakan adalah USB dan COM.

    Port type ini mudah sekali dipahami, sebab fungsinya hanya untuk memastikan konektifitas, setelah driver sudah di instal lalu pasang ke mesin → colokkan kabel USB ke komputer/ laptop → colokkan juga ke mesin cutting stickernya, Maka port type akan muncul opsi menggunakan jalur COM / USB.

    2. Port

    Memiliki fungsi untuk menunjukan berapa jumlah port yang tersedia. Misalnya; pengguna menggunakan 1 komputer / laptop untuk 3-4 mesin cutting , maka pengguna akan melihat ditampilan port tertera plotter 1,2,3,4 , jika pengguna menggunakan 1 komputer / laptop untuk 1 mesin cutting makan akan muncul plotter 1 saja.

    Nah, permasalahannya jika kebutuhan teman-teman cutting untuk mengejar objek seperti ( memotong gambar kotak yang memiliki siku dan font/ tulisan T E S T ) bagaimana bisa terpotong secara maksimal, tentu ini perlu settingan khusus agar hasil cutting objek gambar kotak dan tulisan tidak meleset.

    Tips untuk teman-teman semua, apabila kalian akan menggunakan mesin cutting untuk memotong objek dengan design yang teman-teman inginkan, alangkah lebih baiknya diuji coba / di test dahulu mesin cutting tersebut. Caranya test potong dengan menggunakan huruf A, T, X, Z ,O karena huruf ini paling cocok digunakan untuk test cutting. Jika teman-teman belum mengetahui bagaimana cara settingya. Mari ikuti langkahnya dibawah ini :

    • Coba cek disebelah kiri, ada kolom “ offset setting “ terdapat 2 kolom :
    • Knife Offset → biasanya pengguna cutting sticker men-setting dengan angka ‘ 0,45’ . kenapa ? karena angka ini adalah patokan dari derajat kemiringan mata pisau yang pengguna gunakan. Tetapi patokan ini tidak bisa paten / baku, karena settingan dari ‘ 0,45’ bisa diubah menjadi ‘ 0,55’ dengan menggunakan mata pisau kemiringan 45 derajat, sebab sekalipun mata pisau 45 derajat biasanya tingkat kemiringannya berbeda-beda yah teman-teman.
    • Over Cut → adalah start dan stopnya mata pisau. Jadi waktu pengguna akan melakukan proses cutting , maka mata pisau akan turun, memotong melingkar dan turun. Jika selesai memotong maka mata pisau akan otomatis naik sendiri. Dan overcut itu mengatur naik turunnya mata pisau tersebut.
    Hal yang perlu diingat, ada settingan khusus sebelum teman-teman mencoba memotong objek, seperti jarak memulai memotong dan akhir memotong media harus dilebihkan sedikit / bisa dikurangin . Maksudnya adalah, jika pengguna akan memotong objek lingkaran, mesin cutting sticker JINKA dapat memotong objek lingkaran secara full melingkar / bisa memotong objek lingkaran tetapi tidak sampai full melingkar hanya kurang beberapa ml saja, baru objek bisa dipotong manual. Nah, settingan jarak standart yang sering orang gunakan adalah ‘ 0,20’ atau teman-teman juga bisa menggunakan settingan ‘ 0,60’ setara dengan ukuran maximum 1ml.

    “ Bagaimana jika terjadi hasil cutting mleset / tidak sesuai dengan garis potongnya ? “. Dalam artian , pengguna ingin memotong lingkaran secara penuh, tetapi kenyataannya pada waktu cutting justru hasil akhirnya tidak terpotong presisi, dan justru cutting garis melewati garis yang sudah ditentukan ( bisa mleset kebawah / keatas ) . Solusinya adalah :

    • Coba cek mata pisau. Pastikan mata pisau tidak tumpul / cacat
    • Pastikan memasang mata pisau cutting sudah tepat pada holder. Sebisa mungkin ujung mata pisau jangan terlalu muncul , jangan juga terlalu masuk kedalam.
    • Jika mesin cutting sticker tidak mau berjalan. Coba pengguna cross check kembali apakah pemasangan mesin cutting sudah sesuai prosedur mulai dari kompputer / laptop dalam kondisi baik / tidak, software corelDRAW yang digunakan baik / tidak, file design yang akan dicutting memiliki kualitas baik / tidak, sebab jika design file memiliki banyak titik / burem hasil akan trash dan berantakan.
    Baik, itulah cara setting mesin cutting JINKA agar bisa potong rapih di knife offset dan overcut. Tentu jika teman-teman ingin hasil cutting sesuai yang kalian inginkan, coba sadari hal-hal penting yang perlu kalian ketahui sebelum proses cutting berlangsung mulai dari cara setting hingga cross check apakah mesin cutting dan software sudah ter-setting sesuai prosedur. Oke, semoga informasi ini bermanfaat untuk teman-teman semua. Selamat mencoba & terimakasih.♥
     


Loading...

Loading...

Share This Page