Catat ! 5 Penyebab Bisnis Usaha Gagal Yang Wajib Anda Hindari Dalam Berwirausaha

Dedi

New Member

Ilustrasi gagal bisnis



5 Penyebab Bisnis/Usaha Gagal Ditengah Jalan | Menjadi seorang pengusaha yang sukses dalam urusan bisnis dan mempunyai usaha yang maju jangan sampai gagal, adalah pakem dan cita cita bagi semua pelaku usaha di dunia ini.

Ya benar! itu adalah positif ! sebuah prinsip yang bagus, positif untuk memotivasi diri kita sendiri melecutkan semangat dan energi kita sebagai seorang dalam bekerja.

Seperti halnya orang bijak mengatakan sukses itu ini itu ini itu, sukses itu bla bla bla.. benar tidak?

Benar dan bagus akan tetapi jangan sampai terlena dengan kata kata motivasi hingga terlalu bersemangat jadi yang kepikiran hanya semangatnya untuk sukses yang menggebu gebu, penimbunan energi dan yaa.. begitulah, gak salah salah juga kok !!

Ambisi adalah suplemen penambah energi. Ambisius adalah racun pembunuh

Namun disamping kata sukses sukses dan sukses kita juga harus waspada dengan mengingat kata “GAGAL” dalam hal ini adalah gagal dalam berwirausaha, gagal dalam berbisnis. Jangan sampai usaha atau bisnis yang kita punya putus dan hilang ditengah jalan.

Dari penggalan kata kata saya diatas itulah mengapa saya menulis artikel ini dengan topik “Penyebab Bisnis/Usaha Gagal” dan berikut adalah 5 penyebab tersebut:

Macam – Macam Penyebab Usaha Gagal
1. Perencanaan Kurang Matang


Saat awal membuka usaha hanya ingin mencoba coba dengan sesuatu yang baru, tidak pernah direncanakan mau dibawa kemana usaha anda, mau sebesar apa usaha yang akan anda kerjakan. Hal ini akan menghambat anda dalam berwirausaha jika tidak ditindak lanjuti dengan perencanaan usaha yang matang.

2. Kurang Sabar


Para milyarder dunia seperti Bill Gates, Mark Facebook dan lainya itu tidaklah terjadi dalam satu malam melainkan dibutuhkan waktu dan proses yang panjang. Dalam berwirausaha ataupun berbisnis berbeda dengan 'jud1' yang hanya mengandalkan keberuntungan dalam berbisnis yang kita butuhkan adalah konsistensi dan kesabaran.

Keberuntungan Itu kecil, usaha dan doa adalah kuncinya. Ya harus realistis!

Siapkan kesabaran dan ketekunan untuk membangun serta membesarkan bisnis. Tidak ada kekayaan yang instan, titik!

3. Tidak Ada Target(Goal)

Menentukan Target

Apakah anda pernah melihat pertandingan sepak bola coba bayangkan apa yang mereka lakukan seandainya gawang dari masing masing tim dihilangkan? tidak ada goal cuma bisa oper mengoper tidak ada goal!

Hal tersebut juga yang terjadi pada usaha bisnis anda jika tidak ada target target, baik itu target hasil maupun target dalam pengembangan bisnis. Dan yang paling mengkhawatirkan pada kondisi kenyamanan tersebut adalah adanya gejolak ekonomi baik dalam diri sendiri maupun faktor dari luar seperti pelemahan daya beli yang bisa membuat usaha kita nge-down, alias pertumbuhan usaha yang minus dan dikhawatirkan menuju kebangkrutan.

4. Frustasi

Rasa frustasi itu sendiri kan termasuk jenis dari emosi kita, emosi di dalam diri kita. Bukan hal yang mudah untuk mengelola rasa frustasi dalam berbisnis, barang yang tidak terjual, belum ada pembeli, stock barang menumpuk dan sebagainya.

Hal yang perlu kita lakukan dalam kondisi seperti ini adalah:

a. Menenangkan diri

b. Melakukan Evaluasi

c. Merumuskan masalah

d. Saling berbagi mencari solusi

e. Memupuk kepercayaan diri dengan motivasi

f. bersabar

Jangan sampai usaha yang anda tekuni berhenti dan gagal ditengah jalan cuma gara gara emosi!

5. Kurang Promosi


Mungkin dia sedang mencari produk yang anda punya akan tetapi teknik dan metode promosi yang anda lakukan sangatlah kurang sehingga produk yang anda punya tidak smpai didengar oleh telinga orang tersebut.

Ujung tombak dalam berbisnis dan berusaha adalah promosi,

Ingat semakin banyak orang mengerti dan mengenal produk anda semakin banyak pula orang yang tertarik dan membeli produk yang anda jual.

Hal yang harus anda lakukan adalah:

a. Memperbaiki teknik promosi

b. Memperluas jangkauan pasar

Lakukan itu secara teratur dan terjadwal semakin banyak hal yang kita lakukan semakin banyak pula pengalaman yang kita dapatkan, dan dengan pengalaman pengalaman tersebutlah kita akan mendapatkan pelajaran dan nilai tambah yang berguna bagi pengembangan bisnis dan memperkecil resiko “gagal berwira usaha” alias “gagal bisnis.

BACA: 7 Teknik Pemasaran Bisnis Secara Onlie Yang Wajib Anda Kuasai

Kesimpulan
Jangan sampai usaha yang kita jalankan gagal dan putus ditengah jalan, tidak ada jalan yang mudah! Segala sesuatu didunia ini pasti ada saja tantangan yang harus kita hadapi, yang terpenting adalah bagaimana kita menyikapi tantangan yang kita hadapi tersebut dan melanjutkan perjalanan sampai pada tujuan yang kita inginkan.

Bisnis itu seperti permainan sepakbola. Gol tercipta itu bukan semata soal kerasnya tendangan melainkan tentang umpan matang, timing yang tepat dan akurasi tembakan ke gawang lawan.

kickbisnis.com

 

dono88

New Member
Bisnis itu memang bukan hal mudah. Terutama untuk point yang pertama yang perencanaan kurang matang itu, itu juga sering banget jadi penyebabnya. Misalnya kurangnya mengatur prioritas kerja, kalau sekiranya pekerjaan kita banyak dilakukan di luar kantor maka lebih baik kita pakai kantor visual untuk memudahkan pekerjaan tanpa repot ngurus administrasi kantor.
 
Loading...

Thread Terbaru

Post Terbaru

Top