Ciri-ciri Pasir Yang Bagus Untuk Membuat Beton

sulis89

New Member

Ciri-ciri Pasir Yang Bagus - Proyek pembangunan yang sedang dikerjakan tentu memiliki harapan agar hasilnya maksimal. Oleh sebab itulah diperlukan bahan-bahan yang berkualitas unggulan dalam suatu proyek pembangunan sehingga kinerja anda di nilai profesional. Beton merupakan salah satu bahan bangunan yang banyak digunakan. Lantaran harga ready mix beton yang selalu naik turun, tidak jarang kontraktor memilih untuk membuat adonan beton sendiri.

Beton yang bagus dan kuat salah satunya dikarenakan penggunaan pasir yang kualitasnya mumpuni. Bila yang digunakan adalah pasir berkualitas rendah, hanya sebatas mimpi bisa menghasilkan beton yang bagus. Dari sini dapat disimpulkan, memahami kualitas pasir merupakan hal yang penting. Hal ini berpengaruh langsung terhadap mutu beton yang dihasilkan.

Ciri-ciri Pasir Yang Bagus dan Layakan Digunakan Untuk Membuat Beton

Pasir yang baik digunakan membuat beton untuk dinding maupun dak adalah pasir yang tidak ada campuran seperti lumpur, kotoran dan lain sebagainya.

Ada Standar Nasional Indonesia yang mengatur tentang kualitas dan mutu pasir yang layak untuk beton. Berikut ini aturan standar tersebut :

  1. Pasir mempunyai butiran tajam dan keras dengan indeks lebih dari 2.2
  2. Jika diuji dengan Natrium Sulfat pasir mempunyai sifat kekal dan bagian yang hancur tidak lebih 12%
  3. Pasir bila diuji menggunakan larutan magnesium Sulfat bagian yang hancur tidak melebihi 10%
  4. Kandungan lumpur pada pasir kurang dari 5%. Jika kandunganya lebih, pasir sebaiknya dicuci dulu
  5. Bahan organik yang terdapat pada pasir jumlahnya tidak banyak
  6. Butiran besar yang ada di pasir tingkat kehalusanya 1.5 s/d 3.8 dan terdiri atas berbagai macam bentuk
  7. Pasir harus bereaksi negatif pada alkali agar beton mempunyai tingkat keawetan yang besar
  8. Dilarang menggunakan pasir laut untuk agregat halus pada beton
  9. Penggunan agregrat halus sebagai bahan campuran beton harus sesuai peraturan pemerintah

Cara Menguji Kualitas Pasir
Cara yang termudah untuk menguji kualitas pasir yang mempunyai kualitas bagus dengan menggegam pasir kemudian lepaskan dari genggaman tangan anda.

Bila pasir yang jatuh dari tangan anda banyak yang menggumpal, 85% pasir tersebut kualitasnya kurang dan tidak layak digunakan dalam pembuatan beton. Pasir yang menggumpal menandakan banyaknya kandungan lumput, garam dan tanah.

Itulah ciri-ciri pasir yang bagus digunakan dalam pembuatan beton sesuai standar SNI yang telah ditetapkan pemerintah. Setelah membaca artikel ini, semoga anda tidak salah dalam memilih bahan-bahan materiak yang digunakan untuk beton, terutama pada pemilihan pasir.
 
Loading...

Thread Terbaru

Top