Ciri Gula Darah Sedang Naik & Cara Menurunkannya

Discussion in 'Health & Beauty' started by wandi suwandi, Aug 25, 2017.

  1. wandi suwandi

    wandi suwandi New Member

    Joined:
    May 19, 2017
    Messages:
    9
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]
    Kencing manis atau sering kita sebut diabetes merupakan penyakit yang cukup menakutkan. Penyakit ini terjadi karena tubuh tidak bisa memproduksi zat insulin. Seperti kita ketahui zat ini bekerja menyerap gula darah sebagai energi. Jika seperti ini, maka gula darah akan menumpuk pada pembuluh darah yang berpotensi menyebabkan gangguan terhadap organ lain.​

    Jika anda sudah positif mengidap penyakit ini, maka harus menjaga pola hidup sehat dan teratur, serta wajib menjauhi pantangan penyakit diabetes, seperti makanan yang manis, berlemak, dan tinggi kalori.

    Biasanya bagi penderita diabetes, kadar gula darah akan naik-turun secara drastis. tergantung pola hidup yang dijalani, Tentu jika gula darah naik, akan sangat berbahaya jika dibiarkan. Oleh sebab itu " mengetahui ciri kadar gula sedang naik" adalah cara paling efektif anda untuk mencegah penyakit diabet anda semakin parah.

    Lantas, bagaimana ukuran bahwa gula darah seseorang naik ? Untuk masalah ini saya akan mengutip dari web www.alodokter.com mengenai kadar gula seseorang dikatakan normal. Jadi jika kadar gula dalam tubuh anda melebihi ukuran ini, maka bisa dikatakan gula darah sedang tinggi.

    Berikut kisaran kadar gula darah normal pada tubuh:
    • Sebelum makan: 70 - 130 mg/dL.
    • Dua jam setelah makan: kurang dari 180 mg/dL.
    • Setelah tidak makan (puasa) selama setidaknya delapan jam: kurang dari 100 mg/dL.
    • Menjelang tidur: 100 – 140 mg/dL.

    Berikut ciri kadar gula darah dalam tubuh anda sedang naik :

    • Sering Buang Air Kecil

      Jika anda sering buang air kecil, terutama pada malam hari, merupakan efek dari menumpuknya kadar gula dalam darah. Akibatnya ginjal berkerja ekstra keras untuk menyaring darah untuk mengeluarkan racun. Sehingga kadar urine akan meningkat karena jumlah racun yang dikeluarkan tubuh lebih banyak.
    • Sering Haus

      Masih berhubungan dengan ginjal. Efek sering haus ini sebetulnya ditimbulkan dari kinerja ginjal yang berkerja lebih berat, akibatnya cairan dalam tubuh tidak bisa diserap dengan baik. Selain itu anda juga harus mengurangi kebiasaan minum sambil berdiri , karena bahaya minum sambil berdiri berdampak tidak terserapnya cairan secara utuh ke dalam tubuh, efeknya anda akan merasa kehausan walaupun sudah minum banyak air.
    • Pusing / Sakit Kepala

      Umumnya, sakit kepala ini terjadi akibat gula darah melebihi 200 mg/dl selama berapa hari, pada kondisi tersebut, pembuluh darah sedikit terganggu kinerjanya untuk menyalurkan darah ke otak. akibatnya muncul beberapa permasalahan seperti sakit kepala sebelah, pusing, sampai pegal disekitaran leher sampai kepala.
    • Lemas dan Mudah Lelah

      Sering lelah dan mudah lemas. Tingginya kadar gula darah membuat produksi insulin perlahan berkurang, sehingga sel-sel tubuh tak bisa menyerap gula untuk menjadikannya energi.
    • Pandangan Mata Kabur

      Jika gula darah anda sedang tinggi, maka lensa mata dan otot-otot disekitar mata membengkak, yang mengubah kemampuan Anda untuk melihat. Sehingga bagi penderita diabet sering merasakan mata kabur secara tiba-tiba, itu menandakan gula darah sedang naik.

      Jika anda mengalami ke-5 hal itu, maka harus hati hati dan selalu menjaga pola hidup sehat yang anda terapkan. Sebaiknya jika anda ingin menurukan kadar gula darah yang sedang tinggi, bisa ikuti tips di bawah ini.

      Cara Menurunkan Kadar Gula Darah Secara Alami

      Sebetulnya, banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menurukan kadar gula darah dalam tubuh kita, baik itu dengan pengobatan tradisional, pengobatan dokter. Namun disini saya akan membagikan anda tips menurunkan darah dengan cara alami yakni dengan pola hidup yang sehat dan teratur.
    1. Jangan Lewatkan Jam Makan Anda

      Bagi penderita diabet, sebaiknya aturlah jam makan anda sebab, bila anda tidak memiliki jadwal makan yang teratur, saat tubuh anda tidak mendapatkan pasokan makanan, kadar gula tidak akan terkontrol bahkan cepat naik ketika. Hal ini terjadi karena ketika tubuh kelaparan bahan bakar seperti glukosa akan dilepaskan dari hati yang menyebabkan lonjakan gula darah dengan cepat. Oleh karena itu, sebaiknya anda punya jadwal makan sendiri dan melaksanakannya secara kontinu.
    2. Konsumsi Karbohidrat Yang Tepat

      Sebaiknya bagi anda penderita diabetes, kurangi mengkonsumsi karbohidrat dari nasi putih, roti dengan kadar susu dan gula tinggi, serta sereal yang tinggi kalori. karena jenis kerbohidrat tersebut sangat tinggi kadar gulanya namun jumlah serat nya sanga minim. Sebaiknya anda konsumsi nasi merah, roti dengan gandum utuh, serta sereal dengan susu yang rendah lemak dan rendah kalori.
    3. Kurangi Menkonsumsi Makanan yang di Goreng

      Bagi anda pecinta kuliner, jika memiliki riwayat diabetes, sebaiknya kurangi mengkonsumsi makanan yang digoreng terutama daging atau jeroan yang digoreng. Sebaiknya anda lebih banyak mengkonsumsi makanan yang di kukus atau direbus tanpa banyak campuran rempah dan bumbu.
    4. Jangan Terlalu Banyak Minum Yang Manis

      Sebaiknya anda mengurangi makanan/minuman yang manis-manis. Produk minuman seperti minuman berkarbonasi, teh & kopi dari gula tebu sangat dilarang bagi penderita diabet. Anda sebetulnya boleh mengkonsumsi yang manis-manis, namun manis yang dihasilkan tidak berasal dari gula tebu, sebaiknya pilihlah pemanis yang terbuat dari ekstrak jagung atau daun stevia, karena memiliki kadar kalori yang rendah.
    5. Lebih Banyak Mengkonsumsi Kacang-kacangan

      Mengkonsumsi kacang-kacangan bagi penderita diabetes sangat dianjurkan, karena kacang memiliki sumber serat yang tinggi, jadi tubuh akan lebih lama mencerna makanan ini, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama bagi tubuh melepaskan glukosa. Serta, kacang-kacangan miliki lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan tubuh.
    Itulah ulasan mengenai "Ciri Gula Darah Sedang Naik & Cara Menurunkannya" semoga bisa bermanfaat bagi anda sekalian.
     
    Last edited: Aug 29, 2017


Loading...

loading...

Loading...

Share This Page