Ciri Mata Yang Akan Katarak Dalam Beberapa Hari Lagi

Status
Not open for further replies.

RimaNm

New Member
Katarak merupakan salah satu gangguan mata yang cukup berbahaya dan paling beresiko, Dimana banyak data yang menunjukan bahwa katarak menjadi salah satu penyebab kebutaan di indonesia yang paling beresiko. Karenanya, sebelum semua terlambat kenali gejala mata katarak yang mungkin sedang anda alami sekarang ini untuk mencegah kondisi yang lebih parah.

Mata Silau

Mata yang terkena katarak tidak akan tahan terhadap cahaya. Apapun itu, entah cahaya lampu, matahari, atau sumber cahaya lain yang dapat menyilaukan mata. Saat mata terkena cahaya biasanya timbul rasa sakit, kondisi ini membuat penderita merasa tidak nyaman. Meski tidak memiliki kabut di lensa mata, sensitifnya mata terharap cahaya menjadi salah satu gejala yang memungkinkan. Jika anda berada pada tahan ini, selamat kemungkinan sembuh masih besar.

Pandangan Mata Kabur
Pandangan kabur ternyata tidak hanya dirasakan mereka yang mengalami gejala mata minus atau rabun saja. Penderita katarak juga mengalami gejala yang serupa. Karena itulah terkadang, karena salah penafsiran gejala, langkah pengobatan pun menjadi salah. Misalnya dengan menggunakan kacamata. Apakah gejala ini akan sembuh? pada awal-awal mungkin iya, tapi lama-kelamaan pandangan mata akan tetap kabur dan tidak bisa diatasi dengan kaca mata.

Bayangan gambar terlihat ganda
Pembuktianh gejala selanjutnya yakni dengan memfokuskan mata pada objek misalnya gambar, semua orang yang terkena katarak akan melihat bahwa semua objek pandangan menjadi dua atau ganda. Kondisi difraksi yang terjadi pada bagian lensa menyebabkan pandangan mata tidak terlihat dalam ukuran dan bentuk yang sebenarnya. Pengujian ini bisa dilakukan dengan menutup salah satu mata secara bergantian, jika kondisinya tetap sama maka kemungkinan besar itu adalah gejala awal pada mata.

Pandangan Mata Kuning
Setelah mengabaikan gejala diatas, gejala yang akan muncul selanjutnya yakni bayangan yang tertangkap lensa mata terasa memiliki bayangan warna kuning. Beberapa orang katarak pada awalnya akan melihat warna televisi atau layar komputer mengalami perubahan. Pada dasarnya hal ini disebabkan karena cahaya yang masuk ke lensa menyebabkan semua warna tidak tertangkap dengan baik.

Terdapat lapisan kuning atau coklat
Lapisan kuning atau coklat ini pada awal-awal biasanya hanya terdapat sedikit saja, atau bahkan sering muncul dan hilang kembali. Kondisi ini membuat penderita tidak mampu melihat dengan jelas. Pada saat tertentu maka mata juga tidak akan peka terhadap cahaya lampu. Orang yang memiliki katarak awal sangat rentan mengalami kecelakaan apabila mengemudi pada malam hari.

Mata melihat ada cincin di sumber cahaya
Jika anda sudah pada kondisi ini, sudah dipastikan jika itu adalah katarak.Kondisi ini disebabkan karena cahaya yang masuk ke bagian mata menghasilkan difraksi sehingga pantulan yang berasal dari cahaya menyerupai cincin pada bagian sumber cahaya. Penderita katarak dengan ciri ini biasanya ditemukan karena beberapa gangguan lain seperti diabetes, glaukoma, dan stroke.
 

RimaNm

New Member
Perbedaannya dengan tanda-tanda Mata Minus atau Plus apa kak ?
Gejala bila mata akan minus
  • Mata terasa tegang
  • Mata terasa lelah
  • Sakit kepala
  • Sering mengucek mata
  • Mata sering berkedip
  • Kesulitan saat melihat sesuatu dari jarak jauh namun jelas saat melihat jarak dekat
  • Memicingkan mata saat melihat sesuatu
  • Kesulitan melihat saat mengendarai kendaraan
  • Perlu duduk dekat dengan papan tulis (miopia pada anak) untuk melihat jelas
  • Ketika menonton televisi harus dekat agar dapat terlihat jelas. Artikel terkait :Mengapa minus mudah bertambah? Lakukan pencegahan ini
 

RimaNm

New Member
Kendala yang sering saya alami pada waktu sore pandangan terlihat kabur gan.... itu apa sudah termasuk dalam fase penyakit yang satu ini..? dan jika benar untuk penanganan pertama apa saja ya gan, mohon untuk penjelasannya...
Bisa jadi gan, tapi kalau gejala yang agan hanya pandangan kabur saja, itu bisa karean penyebab yg lain juga. seperti mata minus, silinder, rabun atau hanya kelelahan. Gejala pandangan kabur dalam rentan waktu yang panjang beresiko mata rabun akut. untuk solusinya coba lakukan penanganan alami ini>>Jenis mata rabun dan cara pengobatannya secara alami

Semoga bermanfaat.
Salam :)
 
Status
Not open for further replies.
Loading...
Top