Contoh Slip Gaji Yang Paling Terkenal Pada Tahun 2019

Discussion in 'General Discussions' started by tuanvers810, Jun 28, 2019.

  1. tuanvers810

    tuanvers810 New Member

    Joined:
    May 22, 2019
    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Occupation:
    TT
    Location:
    Bandung
    [​IMG]

    Slip gaji itu apa sih?

    Download Contoh Slip Gaji


    Anda adalah perusahaan yang baru dan ingin membuat Slip Gaji untuk membayar gaji ke karyawan tetapi belum tahu caranya? Atau Anda baru bekerja tetapi Bos ingin Anda membuat Slip Gaji dalam rangka pembaharuan tetapi Anda belum tahu cara membuatnya bagaimana untuk baik dan benar? Dan apakah Anda ingin mengetahui kepentingan Slip Gaji dan contoh-contohnya? Bagi banyak informasi di internet apakah Anda bingung?

    Nah, jangan bingung, tenang aja. Dengan tulisan ini, akan memberi tahu Anda semua informasi mengenai Slip Gaji dan contoh-contohnya. Semoga dengan hal-hal yang kami berikan akan memuaskan kebutuhan Anda. Yuk, kita mulai dari pengertian dan tujuan Slip Gaji dulu ya!
    A. Pengertian dan tujuan Slip Gaji

    [​IMG]

    Apa itu slip gaji dan tujuannya untuk apa ya?


    Slip Gaji adalah sejenis dokumen yang sangat penting dan perlu baik bagi perusahaan-perusahaan maupun lembaga negera atau tempat yang berkaryawan bekerja juga sangat perlu. Setiap tempat tersebut akan ada jenis Slip Gaji berbeda dan perbedaannya tidak terlalu signifikan. Jadi, Slip Gaji artinya apa ya?

    Slip Gaji merupakan bukti dan informasi resmi penerimaan upah dari pemberi kerja kepada pegawainya. Biasanya, dalam Slip Gaji penghasilan karyawan berikut potongan-potongan dari perusahaan akan tertera secara rincian.

    Slip Gaji digunakan banyak di perusahaan-perusahaan agar bantukan bagian akuntansi dalam penghitungan gaji untuk pegawai-pegawai secara jelas dan paling transparan. Biasanya, Slip Gaji akan dikirim kepada pegawai sama dengan gajinya pada tanggal pembayaran gaji dengan uang kas atau akun bank agar jelaskan secara retail potongan-potongan yang mengaruhi gaji memiliki setiap pegawai.

    Demikian, Slip Gaji adalah selembar kertas tertera rincian upah yang diterima oleh seorang karyawan atau pegawai setelah bekerja. Slip Gaji biasanya diberikan kepada pegawai setiap bulan sesuai dengan waktu penggajian. Selain itu, Slip Gaji adalah bukti resmi dimana perusahaan atau kantor telah membayar gaji kepada karyawan atau pegawainya dan juga digunakan sebagai dokumentasi terkait data pengeluaran perusahaan. Penggunaan Slip Gaji bagi karyawan atau pegawai adalah sebuah bukti yang menjelaskan hal-hal terkait dengan gaji yang didapatkannya, yang dipotong dan berapa yang ia dapatkan.

    Itulah sedikit mengenai tentang pengertian dan tujuan Slip Gaji. Selanjutnya, sebelum mulai ke bagian format Slip Gaji Anda harus mengetahui peraturan mengenai slip itu untuk tidak bingung ketika membuat Slip Gajidan tidak tahu apa yang boleh dan apa yang tidak boleh menulis dalam slipnya. Berikut ini, 123dok.com akan menjelaskan masalah tersebut ya.

    B. Peraturan mengenai Slip Gaji

    Berikut ini adalah beberapa peraturan mengenai Slip Gaji yang Anda harus ketahui.

    Menurut Undang-Undang no. 13 tahun 2013 tentang Ketenagakerjaan, tidak ada ketentuan yang mengharuskan perusahaan memberi Slip Gaji pada karyawannya.
    Dan sampai tahun 2015, menurut Peraturan Pemerintah no. 78 Pasal 17 ayat (2) tentang Pengupahan mengatur dengan jelas bahwa pengusaha harus memberikan bukti pembayaran upah yang memuat rincian upah yang diterima oleh pekerja pada saat upah dibayarkan.

    Perusahaan harus memberikan Slip Gaji sebagai bukti bahwapengusaha sudah membayarkan upah kepada karyawan/pekerja. Fungsinya adalah agar memberikan bukti secara tertulis sesuatu saat nanti muncul persepsi yang berbeda dalam kasus karyawan merasa gajinya belum dibayarkan. Selain itu, bukti tertulis ini dapat dianggap kuat untuk jelaskan hak pekerja atas upah itu telah dibayarkan oleh perusahaan.

    Tergantung setiap perusahaan akan ada format Slip Gaji yang berbeda. Akan tetapi, ada beberapa rincian dasar yang harus cantumkan ke dalam format Slip Gaji hampir sama seperti nama lengkap karyawan, periode gaji, dan lain-lain. Untuk mengetahui lebih jelas mari kita lanjutkan ke bagian berikut ini ya!

    C. Format Slip Gaji

    [​IMG]

    Setahu kita, walaupun setiap perusahaan akan ada sejenis Slip Gaji berbeda tetapi perbedaannya tidak terlalu signifikan. Semua contoh Slip Gajinya hampir sama dengan info dalamnya hanya berbeda adalah formatnya bagaimana saja.

    Slip Gaji yang baik dan benar adalah Slip yang tercetak informasi-informasi mengenai nama lengkap karyawan, bagian bekerja, angka tanggal bekerja, angka tanggal libur yang diizin, tanggal libur tidak diizin, tanggal libur dapat gaji, tanggal libur dalam rangka 13 hari libur dalam tahun, tingkat gaji memiliki pegawai itu dan lain-lain. Di antaranya, sejumlah gaji perlu dicatat jelas jumlah gaji dasar, upah efisiensi, upah lembur dan tambah-tambahan atau potongan-potongan yang lain.

    Berikut ini adalah format Slip Gaji atau hal-hal yang harus dicantumkan dalam Slip Gaji.

    - Informasi umum

    Informasi umum adalah nama, logo, alamat, lokasi dan nomor telepon perusahaan yang pastikan Anda memasukkan di kepala Slip Gaji. Setelah itu, jelaskan spesifikasi departemen mana yang menaungi karyawan/pegawai yang akan menerima Slip Gaji tersebut. Di antaranya, nama dan logo perusahaan adalah hal yang penting harus dicantumkan dalam format Slip Gaji karena informasi itu adalah identitas pembuat Slip Gaji. Jika tidak ada informasi itu, Slip Gajinya akan tidak jelas dan transparan.

    - Data pegawai/karyawan

    Ini juga adalah poin penting berikut informasi umum dalam format Slip Gaji. Dalam sesuatu perusahaan biasanya ada beberapa aturan yang membuat gaji setiap pegawai/karyawan memiliki perbedaan. Dapat dari lamanya waktu bekerja, jenjang pendidikan ataupun jabatan. Demikian, jika membuat Slip Gaji Anda jangan lupa cantumkan data pribadi karyawan umumnya termasuk nama penerima gaji, jabatannya, nomor pegawai, nomor pokok wajib pajak (NPWP).

    - Tanggal Pembayaran

    Dalam Slip Gaji, tanggal pembayaran lengkap dengan tahun adalah hal yang perlu dan sebaiknya tanggal penyerahan gaji kepada penerimanya harus dicatat dalam slipnya juga. Oleh karena, itu akan menjadi sebagai bentuk antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi masalah.

    - Periode gaji

    Periode gaji merupakan hal yang penting dalam Slip Gaji juga dan dapat dianggap sebagai poin yang terpenting dalam format Slip Gaji. Hal ini adalah salah satu yang terus mengalami perubahan. Tergantung setiap perusahaan akan ada periode dan tanggal gajian yang berbeda tetapi seumumnya, gaji akan dibayarkan pada tanggal 25, 27 bahkan ada yang setiap awal bulan.

    - Rincian lengkap pembayaran

    Bagian ini akan jelaskan karyawan-karyawan akan terima gaji dengan rincian lengkap bagaimana. Berikut ini adalah hal-hal yang biasanya akan ada dalam rincian gajinya.

    Gaji pokok

    Gaji pokok adalah upah yang sudah ditetapkan oleh perusahaan bergantung pada jabatan/posisinya dalam tempat kerjanya. Seumumnya, gaji pokok itu terkait dari jabatan /jenjang karir dari pegawainya karena hal ini mencerminkan kompeten dari pekerja dalam melakukan tugasnya.

    Tujangan
    Hal ini merupakan upah yang diberikan oleh pengusaha sebagai pelengkap dari gaji pokok. Biasanya, tunjangan-tunjangan yang mungkin sering dapatkan kamu adalah jenjang karir/jabatan, transportasi dan tunjangan makan. Tunjangan tersebut umumnya bersifat sosial atau intensif. Tunjangan sebetulnya akan dibagi menjadi dua bagian sebagai tunjangan tetap dan tunjangan tak tetap.

    Potongan

    Bagian ini adalah dana yang biasanya diambil dari gaji karyawan. Ia akan digunakan untuk beberapa hal seperti potongan pinjaman, pajak penghasilan, prermi kesehatan BPJS dan lain-lain.

    Lembur

    Inilah waktu kerja yang melebihi jam kerja biasa.

    Komisi

    Komisi bisa dianggap sebagai bonus tahunan adalah gaji atau barang yang dapat sebagai tambahan, biasanya sering dikasihkan pada saat hari raya Idul Fitri atau ketika performa kerja bagus.

    Informasi pajak

    Poin ini adalah informasi akan memperlihatkan keseluruhan data pajak umum yang akan dibayar termasuk gaji setiap bulannya yang didaftarkan pada kantor pajak. Dan tergantung pada situasi pajak yang ada, pengusaha mungkin bisa menyesuaikannya dengan kebijakan perusahaan.

    Semua pegawai/karyawan biasanya akan dikenakan tarif pajak yang sama dalam suatu perusahaan. Anda harus juga memaparkan secara menyeluruh data pajak yang harus dibayar oleh pekerja termasuk gaji yang akan mereka dapatkan.

    - Tuliskan keterangan “Dokumen rahasia”

    Slip Gaji merupakan bagian privasi seseorang jadi disarankan agar mencantumkan tulisan yang menyatakan kerahasiaan dari Slip Gaji tersebut seperti denngan kalimat “private and confidential”.

    Hal itu menjelaskan bahwa data yang tertulis dalam Slip Gaji yang diberikan kepada karyawan tersebut hanya diketahui oleh perusahaan dan karyawan yang menerima slip itu bukan untuk konsumsi publik.

    Di atas ini adalah beberapa komponen penting dalam Slip Gaji pegawai/karyawan yang harus Anda ketahui. Itulah hal-hal yang tidak boleh dilupakan dalam perbuatan Slip Gaji untuk pegawai/karyawan.

    Sesudah mengetahui tentang peraturan dan format Slip Gaji, selanjutnya kita akan membahas cara membuat Slip Gaji di bagian bawah ini ya.

    D. Cara membuat Slip Gaji

    [​IMG]

    Anda bisa membuat Slip Gaji dengan MS. Word, MS. Excel dan aplikasi online.

    1. Cara membuat Slip Gaji dengan MS. Word dan MS. Excel

    Langkah 1: Buka file yang kamu ingin membuat slipnya (word/excel)

    Langkah 2: Bagi columns menjadi berapa columns yang kamu ingin

    Langkah 3: Kasih nama columnsnya

    Langkah 4: Cantumkan informasi menurut nama columnsnya seperti informasi umum terkait perusahaan, periode gaji, data personal karyawan, nominal gaji pekerja, rincian pelengkap gajinya, informasi pajak dan lain-lain.

    Langkah 5: Hitungan gaji bersih

    2. Cara membuat Slip Gaji dengan Aplikasi online

    Dengan cara ini, Anda akan membuat Slip Gaji di aplikasi HR terintegrasi milik OnlinePajak. Bercara membuat Slip Gaji hingga ribuan dan mengirimkannya ke email pekerja Anda secara otomatis dalam satu klik saja.

    Dengan OnlinePajak, Anda tidak perlu memusingkan format atau memasukkan datanya satu per satu telah terintegrasi dengan sistemperhitungan PPh Pasal 21 (Pajak Penghasilan Pasal 21), sistem e-billing, bayar pajak dan payroll sistem penggajian pekerja satu klik serta lapor pajak online atau e-filling.

    Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat Slip Gaji dengan aplikasi online yang sangat mudah dan cepat tidak makan banyak waktu.

    Langkah 1: Buka websitenya dan masuk ke aplikasi OnlinePajak

    Langkah 2: Pilih fitur patner dan klik aplikasi HR yang sudah bekerja sama dengan OnlinePajak

    Langkah 3: Mendaftarkan

    Langkah 4: Membuat Slip Gaji dan menikmati fitur-fitur OnlinePajak yang sudah tersemat di dalam aplikasinya.
    Nah, kita sudah membahas beberapa informasi penting mengenai Slip Gaji, lanjut ini ayo ikut 123dok.com membahas contoh-contohnya ya.
     


Loading...

Loading...

Tags:

Share This Page