Contoh Surat Yang Baik Dan Benar

Status
Not open for further replies.

zutens

New Member
Surat merupakan sarana komunikasi dan informasi untuk memberikan suatu pesan tertulis dari suatu pihak ke pihak lain. Fungsi dari surat termasuk lima hal yakni sebagai sarana pemberitahuan, permintaan, buah anggapan dan gagasan. Sebagai alat bukti tulis, alat pengingat, bukti historis, dan pedoman kerja. Pada biasanya pengiriman surat harus ditempelkan perangko terhadap amplop surat sebagai alat tukar bayar untuk jasa pengiriman.

Baca juga: contoh makalah

Mungkin dari kita tetap jarang dalam membuat ataupun memanfaatkan surat resmi, hanya segelintir orang yang bekerja diistansi saja yang sanggup dan kerap sebabkan surat formal dari salah satu surat remi yang sering dipakai.

Baca juga: contoh catatan kaki

Akan tetapi, dapat ada suatu masa dimana kita bakal memerlukan surat resmi untuk keperluan penting atau bahkan mendesak. Misalkan terkecuali kamu hendak melamar kerja pasti bakal membutuhkan yang namanya surat lamaran, bukan. Atau jikalau anda adalah seorang bagian organisasi, bakal kerap mengakibatkan surat resmi berupa pemberitahuan ataupun undangan.



Sebelum lebih jauh mengupas berkenaan surat resmi, alangkah baiknya terkecuali kami mengerti terlebih dahulu apa itu surat resmi ? Apa fungsi dan fungsinya ? Ciri-ciri dan bagian apa saja yang harus tersedia di dalam sebuah surat? Dan tetap banyak lagi pertanyaan yang lainnya. kamu akan menyadari jawabannya jika membaca artikel ini hingga tuntas.



Sebelum mengulas yang lain, kami bahas dulu apa itu surat formal ? Arti berasal dari surat itu merupakan media komunikasi antara satu orang bersama dengan orang lainnya tanpa saling bertatap wajah cuma dalam bentuk tulisan untuk menyampaikan pemberitahuan, informasi, ataupun permintaan.



Sedangkan surat resmi adalah surat yang dibikin dan dikeluarkan di dalam keadaan formal/resmi dan dibuat dengan peraturan khusus yang telah ditetapkan. Baik digunakan oleh perusahaan, perorangan, organisasi ataupun lembaga pemerintah dan daerah.



Fungsi Surat



Sebagai dokumen tercantum = yang digunakan sebagai dokumen tercantum atau bukti.
Sebagai alat pengingat = yaitu sebagai arsip dokumen yang bisa mengingatkan penerima didalam suatu hal, di dalam perihal ini surat disimpan jikalau setiap waktu bakal diperlukan untuk mengingatkan penerimanya.
Sebagai pedoman kerja = yakni untuk memberitahkan beberapa langkah kerja, termasuk sebagai pedoman di dalam mengerjakan pekerjaan tertentu.
Sebagai wakil penulis = dalam surat, penulis bisa mewakili tanpa perantara. Melalui surat, penerima surat mengetahui pesan yang disampaikan oleh penulis dikarenakan surat termasuk merupakan obrolan tertulis.
Menjamin keamanan atau sebagai info = maksudnya yaitu dengan adanya surat, dapat ada sebuah keamanan terhadap apa yang bakal dilakukan. Contohnya Surat izin mendirikan bangunan. Dengan surat selanjutnya seseorang atau sebuah perusahaan secara hukum sudah sah, supaya tidak dapat ada yang menggugatnya.
Sebagai bukti historis = yaitu merupakan bukti urutan (perjalanan) yang jelas.

Macam-macam Jenis Surat :



Surat Pribadi adalah surat yang dibikin oleh anda sendiri yang berfaedah untuk mengirim kepada sahabat, keluarga, saudara dan lain-lain.



Surat Resmi adalah surat yang mampu digunakan untuk kepentingan yang berupa resmi, kebanyakan digunakan perorangan, instansi, maupun organisasi contohnya undangan, surat edaran dan surat pemberitahuan.



Surat Niaga adalah surat yang digunakan bagi perorangan, perusahaan yang sediakan aktivitas bisnis niaga layaknya industri dan bisnis jasa. Surat ini terlampau bermanfaat di dalam membangun suatu jalinan atara pihak penjual bersama dengan pihak pembeli.



Surat Dinas adalah surat yang digunakan untuk kepentingan pekerjaan resmi layaknya halnya didalam sebuah instansi dinas dan tugas kantor. Surat dinas sangat perlu dalam pengelolaan administrasi dalam suatu instansi. Adapun fungsi berasal dari surat dinas yakni sebagai dokumen bukti secara tertulis, alat pengingat tentang bersama dengan faedah yang sesuai bersama dengan arsif, layaknya bukti peristiwa atas pertumbuhan instansi, dan pedoman kerja di dalam bentuk surat ketetapan instruksi



Surat Lamaran Pekerjaan adalah surat yang dibuat dan dikirim oleh seseorang yang mengidamkan bekerja dalam sebuah perusahaan, kantor dan lembaga tertentu. Surat lamaran juga surat dinas atau surat resmi. Oleh dikarenakan itu didalam menyusun surat lamaran terkandung aturan-aturan khusus yang mesti diperhatikan didalam penulisannya.



Secara umum model surat sanggup digolongkan menjadi tiga bagian yaitu surat pribadi, surat dinas dan surat niaga misalnya sanggup ditinjau berasal dari aspek aspek bentuk, mengisi dan bahasanya. Sedangkan seandainya mampu digolongkan bedasarkan pemakaiannya mampu dibagi menjadi tiga macam yaitu surat pribadi, surat formal dan surat dinas.



Surat teristimewa yang digunakan sebagai kepentingan khusus punyai bagian-bagian didalam penyusunannya sebagai berikut:

Tidak mengunakan kop surat
Tidak tersedia nomer surat
Salam pembuka dan salam penutup bervariatif
Penggunaan bahasa yang bebas, sesuai bersama permintaan penulis
Format surat bebas


Surat formal sebagai surat yang digunakan untuk keperluan yang berupa formal dalam menyusun surat resmi membawa anggota di dalam penyusunannya sebagai berikut:

Menggunakan kop surat sekiranya surat formal dikeluarkan oleh organisasi/lembaga/pemerintah
Mempunyai nomer surat, lampiran dan perihal
Menggunakan bahasa resmi
Memberikan cap atau stempel dari lembaga resmi
Mempunyai aturan format dan baku


Struktur Bagian Penulisan Surat Resmi



1. Kepala atau Kop Surat

Kop surat terdiri dari:
• Logo lembaga atau lembaga
• Nama instansi atau lembaga. Ditulis bersama huruf kapital atau huruf besar.
• Alamat, no telepon, fax dan e mail instansi atau lembaga.



2. Nomor surat
Suatu lembaga, dinas dan lembaga terhadap kebanyakan mengfungsikan kode dan nomor tertentu.



3. Tanggal surat
Tanggal surat Penulisan disebelah kanan sejajar bersama no surat



4. Hal atau Lampiran
Berisi dari lembaran lain yang disertakan tak sekedar surat



5. Alamat Tujuan
Alamat terhadap lembar kertas surat boleh ditulis singkat, dikarenakan telah ada terhadap sampul surat yang berisi alamat lengkap.



6. Salam Pembuka
Pada kebanyakan penulisan salam pembuka tidaklah wajib, tapi bakal lebih baik dan santun jika diawal percakapan ditulis salam pembuka.



7. Isi surat
Isi surat merupakan anggota inti yang paling penting, perlu dituliskan dengan lengkap dan jelas. Selain itu, isikan surat juga perlu menggunakan bahasa yang baku, ringan dipahami dan termasuk dimengerti oleh penerima surat.



8. Salam Penutup
Sama halnya bersama salam pembuka, salam penutup digunakan untuk menambah kesantunan di dalam tata langkah berkomunikasi yang baik dan benar.



9. Tanda tangan dan Nama Penangung Jawab
Terakhir adalah tanda tanggal dan nama penulis surat yang bertanggung jawab terhadap mengisi dari surat formal tersebut. Pada bagian ini terhitung disempurnakan bersama NIP Pengawai dan stempel lembaga, dinas atau instansi.



10. Tembusan
Tembusan bisa di mengisi apbila ada pihak lain yang dianggap mesti mengerti isikan dari surat tersebut.



Demikianlah Info perihal macam-macam style surat resmi dan bagian-bagiannya. semoga informasi ini bisa berguna bagi Anda dan kita semua. Jadi itulah pembahasan berkenaan pengertian dan macam macam surat beserta contohnya.
 
Last edited:
Status
Not open for further replies.
Loading...

Thread Terbaru

Post Terbaru

Top