Contoh Surat Yang Baik

Status
Not open for further replies.

zutens

New Member
Surat merupakan sarana komunikasi dan Info untuk memberikan suatu pesan tertulis dari suatu pihak ke pihak lain. Fungsi dari surat mencakup lima perihal yakni sebagai fasilitas pemberitahuan, permintaan, buah anggapan dan gagasan. Sebagai alat bukti tulis, alat pengingat, bukti historis, dan pedoman kerja. Pada umumnya pengiriman surat harus ditempelkan perangko pada amplop surat sebagai alat ganti bayar untuk jasa pengiriman.

kerajinan tangan dari kardus

Mungkin berasal dari kami masih jarang dalam sebabkan ataupun menggunakan surat resmi, hanya segelintir orang yang bekerja diistansi saja yang bisa dan kerap membawa dampak surat resmi dari salah satu surat remi yang sering dipakai.



Akan tetapi, akan tersedia suatu jaman di mana kami dapat membutuhkan surat formal untuk keperluan perlu atau bahkan mendesak. Misalkan kalau kamu hendak melamar kerja pasti bakal perlu yang namanya surat lamaran, bukan. Atau jikalau kamu adalah seorang anggota organisasi, bakal sering sebabkan surat formal bersifat pemberitahuan ataupun undangan.



Sebelum lebih jauh mengulas berkenaan surat resmi, alangkah baiknya jika kami memahami terutama dahulu apa itu surat formal ? Apa kegunaan dan fungsinya ? Ciri-ciri dan bagian apa saja yang harus ada didalam sebuah surat? Dan tetap banyak kembali pertanyaan yang lainnya. anda dapat memahami jawabannya sekiranya membaca artikel ini hingga tuntas.



Sebelum mengkaji yang lain, kami bahas pernah apa itu surat resmi ? Arti dari surat itu merupakan tempat komunikasi pada satu orang bersama dengan orang lainnya tanpa saling bertatap wajah hanya dalam bentuk tulisan untuk mengemukakan pemberitahuan, informasi, ataupun permintaan.



Sedangkan surat resmi adalah surat yang dibuat dan dikeluarkan didalam suasana formal/resmi dan dibuat bersama dengan keputusan khusus yang telah ditetapkan. Baik digunakan oleh perusahaan, perorangan, organisasi ataupun instansi pemerintah dan daerah.



Fungsi Surat



Sebagai dokumen tercantum = yang digunakan sebagai dokumen tercantum atau bukti.
Sebagai alat pengingat = yakni sebagai arsip dokumen yang sanggup mengingatkan penerima didalam suatu hal, dalam hal ini surat disimpan jikalau setiap waktu akan diperlukan untuk mengingatkan penerimanya.
Sebagai pedoman kerja = yaitu untuk memberitahkan langkah-langkah kerja, juga sebagai pedoman dalam mengerjakan pekerjaan tertentu.
Sebagai wakil penulis = dalam surat, penulis mampu mewakili tanpa perantara. Melalui surat, penerima surat mengerti pesan yang disampaikan oleh penulis karena surat juga merupakan percakapan tertulis.
Menjamin keamanan atau sebagai info = maksudnya yaitu bersama ada surat, akan tersedia sebuah keamanan pada apa yang bakal dilakukan. Contohnya Surat izin mendirikan bangunan. Dengan surat tersebut seseorang atau sebuah perusahaan secara hukum telah sah, supaya tidak dapat tersedia yang menggugatnya.
Sebagai bukti historis = yakni merupakan bukti urutan (perjalanan) yang jelas.

Macam-macam Jenis Surat :



Surat Pribadi adalah surat yang dibikin oleh kamu sendiri yang berfungsi untuk mengirim kepada sahabat, keluarga, saudara dan lain-lain.



Surat Resmi adalah surat yang bisa digunakan untuk kepentingan yang berwujud resmi, biasanya digunakan perorangan, instansi, maupun organisasi contohnya undangan, surat edaran dan surat pemberitahuan.



Surat Niaga adalah surat yang digunakan bagi perorangan, perusahaan yang menyediakan kesibukan bisnis niaga seperti industri dan usaha jasa. Surat ini amat berfaedah dalam membangun suatu jalinan atara pihak penjaja dengan pihak pembeli.



Surat Dinas adalah surat yang digunakan untuk kepentingan pekerjaan formal seperti halnya dalam sebuah lembaga dinas dan tugas kantor. Surat dinas benar-benar penting di dalam pengelolaan administrasi di dalam suatu instansi. Adapun kegunaan berasal dari surat dinas yakni sebagai dokumen bukti secara tertulis, alat pengingat berkenaan bersama dengan fungsi yang cocok dengan arsif, seperti bukti histori atas perkembangan instansi, dan pedoman kerja di dalam wujud surat keputusan instruksi



Surat Lamaran Pekerjaan adalah surat yang dibuat dan dikirim oleh seseorang yang mendambakan bekerja dalam sebuah perusahaan, kantor dan instansi tertentu. Surat lamaran juga surat dinas atau surat resmi. Oleh sebab itu dalam menyusun surat lamaran terdapat aturan-aturan tertentu yang mesti diperhatikan di dalam penulisannya.



Secara lazim tipe surat dapat digolongkan jadi tiga anggota yakni surat pribadi, surat dinas dan surat niaga kalau sanggup ditinjau dari segi aspek bentuk, isi dan bahasanya. Sedangkan andaikan mampu digolongkan bedasarkan pemakaiannya dapat dibagi menjadi tiga macam yakni surat pribadi, surat formal dan surat dinas.



Surat teristimewa yang digunakan sebagai kepentingan khusus punyai bagian-bagian didalam penyusunannya sebagai berikut:

Tidak mengunakan kop surat
Tidak tersedia no surat
Salam pembuka dan salam penutup bervariatif
Penggunaan bahasa yang bebas, sesuai dengan permintaan penulis
Format surat bebas


Surat formal sebagai surat yang digunakan untuk keperluan yang bersifat formal di dalam menyusun surat formal mempunyai anggota dalam penyusunannya sebagai berikut:

Menggunakan kop surat sekiranya surat formal dikeluarkan oleh organisasi/lembaga/pemerintah
Mempunyai nomor surat, lampiran dan perihal
Menggunakan bahasa resmi
Memberikan cap atau stempel berasal dari instansi resmi
Mempunyai peraturan format dan baku


Struktur Bagian Penulisan Surat Resmi



1. Kepala atau Kop Surat

Kop surat terdiri dari:
• Logo lembaga atau lembaga
• Nama instansi atau lembaga. Ditulis bersama dengan huruf kapital atau huruf besar.
• Alamat, nomor telepon, fax dan email lembaga atau lembaga.



2. Nomor surat
Suatu lembaga, dinas dan instansi pada kebanyakan menggunakan kode dan nomor tertentu.



3. Tanggal surat
Tanggal surat Penulisan disebelah kanan sejajar bersama nomor surat



4. Hal atau Lampiran
Berisi berasal dari lembaran lain yang disertakan tak sekedar surat



5. Alamat Tujuan
Alamat terhadap lembar kertas surat boleh ditulis singkat, sebab telah ada terhadap sampul surat yang memuat alamat lengkap.



6. Salam Pembuka
Pada biasanya penulisan salam pembuka tidaklah wajib, tetapi dapat lebih baik dan santun kalau diawal pembicaraan ditulis salam pembuka.



7. Isi surat
Isi surat merupakan bagian inti yang paling penting, kudu dituliskan bersama lengkap dan jelas. Selain itu, isi surat termasuk wajib mengfungsikan bhs yang baku, ringan dipahami dan terhitung dimengerti oleh penerima surat.



8. Salam Penutup
Sama halnya dengan salam pembuka, salam penutup digunakan untuk menaikkan kesantunan di dalam tata langkah berkomunikasi yang baik dan benar.



9. Tanda tangan dan Nama Penangung Jawab
Terakhir adalah sinyal tanggal dan nama penulis surat yang bertanggung jawab terhadap isikan dari surat formal tersebut. Pada anggota ini juga dilengkapi dengan NIP Pengawai dan stempel lembaga, dinas atau instansi.



10. Tembusan
Tembusan sanggup di isi apbila ada pihak lain yang dianggap harus jelas isi dari surat tersebut.



Demikianlah informasi mengenai macam-macam tipe surat resmi dan bagian-bagiannya. semoga Info ini dapat berfungsi bagi Anda dan kita semua. Jadi itulah pembahasan mengenai pengertian dan macam macam surat beserta contohnya.
 
Status
Not open for further replies.
Loading...
Top