Dagang Tempe Jauh Lebih Untung Ketimbang Makanan Lain

Discussion in 'General Business' started by techwira, Apr 16, 2019 at 2:13 PM.

  1. techwira

    techwira New Member

    Joined:
    Dec 5, 2017
    Messages:
    78
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Peluang Bisnis Tempe

    Seluruh masyarakat indonesia tentu kenal dengan makanan tempe Salah satu lauk pauk dengan protein nabati yang tinggi.Olahan Tempe kini menjadi salah satu makanan ciri khas negara Indonesia yang kini sudah diketahui banyak orang di dunia.

    [​IMG]

    Tempe juga dapat diolah untuk dijadikan sebuah masakan tertentu. Karena bisnis makanan yang menggunakan bahan baku tempe sangat banyak. Tempe merupakan bahan makanan yang terbuat dari bahan baku utama biji kedelai.

    Cara membuat tempe melalui beberapa tahap proses pengolahan sehingga menghasilkan tempe. Konsumsi tempe setiap harinya semakin meningkat karena makanan ini sebagai alternatif protein pengganti protein hewani yang harganya cukup terjangkau. Masyarakat mengkonsumsi tempe setiap harinya diolah menjadi berbagai lauk makan dan ada juga yang mengkosumsinya dalam bentuk susu kedelai

    Kebutuhan tempe juga digunakan dalam sebuah acara penting seperti pernikahan, khitanan, ulang tahun dan acara lainnya.

    Dengan melihat kebutuhan tempe tersebut tentunya peluang bisnis tempe ini yang sangat menjanjikan dan menguntungkan. Berbisnis produksi tempe tentunya lebih efektif ketimbang anda berbisnis makanan olahan tempe karena tidak terlalu banyak proses pengolahannya.

    Pembuatan tempe dapat dilakukan dengan mudah dan siapa pun dapat membuatnya. Walaupun dalam proses pembuatan tempe sangat mudah namun tak semua orang mau menjalankan bisnis tempe. Alasan yang membuat masyarakat tidak mau menjalankan bisnis tempe adalah membutuhkan tenaga yang banyak dalam proses pembuatannya.

    Perkaranya bila bisnis tempe yang dijalankan berjalan dengan lancar sudah pasti bahan baku yang digunakan semakin banyak. Maka kebutuhan tenaga yang diperlukan untuk menjalankan bisnis tempe juga semakin banyak.

    Sebenarnya bisnis tempe tidak membutuhkan modal yang besar seperti bisnis lainnya. Siapapun ingin menjalankan bisnis tempe dengan lancar seperti yang diharapkan. Namun tak semua bisnis yang dijalankan dapat berjalan dengan lancar tentu ada beberapa kendala yang akan dihadapi.

    Anda juga harus menghadapi persaingan bisnis tempe yang semakin ketat. Melihat hal tersebut anda pun harus mempersiapkan beberapa hal penting yang dapat mendukung kelancaran bisnis tempe yang Anda jalankan. Beberapa hal penting yang dapat mendukung melancarkan bisnis tempe akan dibahas berikut ini.

    Target Usaha Tempe atau Konsumen
    Tempe sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat dari pedesaan hingga kota, karena begitu populernya makanan ini. Tempe tidak lagi dikonsumsi oleh masyarakat bawah saja. Namun juga banyak kalangan atas mengkonsumsi tempe karena rasa dan kandungan gizi bagus untuk tubuh. Hampir setiap hari tempe dipasarakan dengan berbagai ragam bentuk untuk menarik konsumen.

    Hal ini membuat tempe semakin digilai membuat permintaan pasar akan tempe tidak pernah lelah meminta stok tempe. Penikmat tempe dari beragam usia mulai dari anak – anak sampai orang tua. Rasa yang gurih dan enak ini membuat tempe menjadi primadona makanan terjangkau untuk konsumsi sehari – hari.

    Ketahui Produksi Tempe
    Menyediakan tempat yang luas untuk proses produksi ialah hal yang perlu dilakukan saat akan memulai menjalankan usaha tempe. Persediaan air juga sangat penting karena membantu proses pembersihan bahan baku tempe. Usaha pembuatan tempe ini membutuhkan air yang banyak agar menghasilkan tempe berkualitas, higienis dan nikmat.

    Peralatan pendukung tempe perlu disediakan seperti peralatan memasak mencangkup wajan, panci, tungku atau kompor dan bak dengan ukuran besar. Sediakan bahan baku tempe, seperti kacang kedelai, plastik dan peralatan pendukung lain.

    Kiat Menjalankan Usaha Tempe
    Supaya usaha tempe ini semakin meningkat maka dibutuhkan strategi pasar yang jitu dalam menjalankan usaha tempe. Impian para pengusaha tempe ialah memproduksi tempe menuju kebeberapa target pasar yaitu pasar, swalayan, pedagang dan sebagainya. Untuk mewujudkan hal tersebut maka menjalin kerjasama menguntungkan dengan para pengusaha pengolah tempe, misalnya pengusaha gorengan, pengusaha kuliner, pengusaha keripik tempe dan sebagainya.

    Jalin kerjasama yang erat agar usaha tempe semakin maju dan berkembang pesat. Pastikan juga Anda mengelola tempe dengan baik, pengolahan bahan baku tempe yang baik mempengaruhi hasil tempe selanjutnya.

    Kendala Usaha Tempe
    Persaingan tinggi dengan para pengusaha tempe lainnya itulah kendala dari usaha tempe ini secara umum. Untuk membuka usaha tempe baru maka kita perlu menyiasati dengan pesaing lain yang telah menjalankan usaha terlebih dahulu. Kualitas tempe juga menjadi kendala berarti bagi para pengusaha.

    Agar dapat menghasilkan tempe yang bagus maka perlu mengetahui pengolahan tempe dan resep yang sesuai. Tempe menjadi bahan makanan cepat basi maka perlu secepatnya dipasarkan agar usaha tempe tidak merugi.

    Memperhatikan Persaingan Bisnis Tempe
    Anda harus memperhatikan persaingan dari bisnis tempe yang Anda jalankan sebelum anda menjalankannya. Bisnis tempe bisa dijalankan oleh siapa saja namun jika banyak pembisnis tempe akan membuat persaingan bisnis tempe akan semakin ketat.

    Oleh sebab itu Anda harus memperhatikan persaingan bisnis tempe disekitar lingkungan tempat tinggal Anda sebelum Anda memulai menjalankan bisnis tempe.

    Memilih Kedelai Berkualitas
    Cara membuat tempe agar hasilnya berkualitas maka Anda harus memilih biji kedelai yang berkualias pula. Perhatikan biji kedelai yang akan digunakan. Jika biji kedelai masih utuh dan bagus maka Anda bisa menggunakan biji kedelai tersebut sebagai bahan baku pembuatan tempe yang Anda jalankan.

    Jangan menggunakan biji kedelai yang berkualitas buruk dan tidak layak untuk digunakan. Cari biji kedelai yang masih bagus agar konsumen Anda menyukai tempe yang Anda produksi.

    Mendapatkan Kedelai Dari Supplier
    Biji kedelai dibutuhkan dalam jumlah yang sangat banyak dalam produksi tempe yang maju. Bila Anda ingin lakukan strategi efektif untuk biji kedelai jangan membelinya di toko-toko. Cari supplier kedelai yang dapat menyediakan biji kedelai dalam jumlah yang banyak.

    Dengan mencari supplier Anda akan lebih mudah mencari kedelai bila habis sewaktu-waktu. Berbeda sekali bila anda mendapatkan kedelai dari sebuah toko pastinya hanya menyediakan biji kedelai dalam jumlah yang sedikit. tentunya tidak dapat memenuhi kebutuhan anda dalam menjalankan bisnis tempe.

    Menjaga Kualitas Tempe
    Menjalankan sebuah bisnis makanan yang terpenting adalah menjaga kualitas tempe yang disajikan. Dari tiap pebisnis tempe tidak semuanya bisa membuat tempe dengan kualitas yang baik. Maka dari itu Anda harus berusaha semakimal mungkin untuk membuat tempe dengan kualitas terbaik. Agar tempe anda disukai oleh berbagai kalangan masyarakat secara luas.

    Menentukan Harga
    Bisnis yang Anda jalankan adalah bisnis tempe maka Anda juga harus menentukan harga tempe untuk tiap satu potongnya. Berapa harga yang pas untuk menjual tempe untuk setiap satu potongnya?. Tempe adalah bahan makanan yang masih sangat terjangkau dikalangan masyarakat.

    Oleh karena itu Anda jangan mematok harga jual tempe terlalu tinggi dan tidak sesuai dengan harga pasaran pada umumnya. Usahakan untuk mematok harga yang sewajarnya supaya setiap konsumen akan selalu bertahan untuk membeli tempe yang Anda produksi.

    Menentukan Strategi Pemasaran
    Bagi Anda yang ingin menjalankan peluang usaha tempe sebaiknya menentukan strategi berjualan yang akan dilakukan. Cara berjualan tempe bisa dilakukan dengan berbagai cara. Untuk anda yang ingin bisnis tempe bisa cepat laku terjual sebaiknya melakukan penjualan dengan cara berkeliling di pagi hari.

    [​IMG]

    Dengan cara tersebut akan banyak masyarakat yang akan membeli tempe yang Anda produksi jika dibandingkan menjual pada satu tempat saja. Dengan demikian peluang bisnis tempe yang Anda jalankan dapat dikenal luas oleh masyarakat. Pemasaran juga dapat dilakukan dengan carayang sedang ngetren saat ini yaitu pemasaran dengan menggunakan media sosial.

    Demikian pembahasannya tentang tempe, sebagai peluang bisnis makanan yang menjanjikan dan menguntungkan untuk dijalani. Namun dengan persaingan yang ketat pula yang perlu anda hadapi, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.
     


Loading...

loading...

Loading...

Tags:

Share This Page