Dasar kepemimpinan dalam Organisasi

Status
Not open for further replies.

rans

New Member


Kepemimpinan adalah bagian penting dalam manajemen suatu organisasi. Dengan kepemimpinan yang baik, akan memberikan peluang lebih besar manajemen untuk mencapai tujuannya. Kepemimpinan mencakup setiap wewenang yang dimiliki seorang pemimpin dalam memberikan pengaruh kepada orang lain atau kelompok tertentu. Seorang pemimpin diharapkan kemampuannya dalam aktif untuk membuat perencanaan, melakukan koordinasi, mengadakan uji coba dan memimpin pekerjaannya untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
Dalam pelaksanaannya, kepemimpinan akan memberikan pengaruh kepada orang-orang yang dipimpinnya agar mau melaksanakan sebagaimana yang diharapkan atau diarahkan pemimpinnya. Lantas apa saja hal-hal yang menjadi dasar kepemimpinan dalam organisasi? Berikut diantaranya.
1. Menetapkan Tujuan
Visi dan misi dalam organisasi dapat menjadi pegangan setiap anggota organisasinya.
2. Kemampuan Komunikasi
Komunikasi terhadap anggota organisasi atau tim harus bejalan dengan baik dalam setiap keputusan, informasi penting atau kebijakan yang dibuat oleh pemimpin level.
3. Kepercayaan
Kepercayaan antara pemimpin dan anggota tersebut harus dibangun dengan baik dan terus menerus.
4. Pertanggungjawaban (akuntabilitas)
Berfungsi untuk pengawasan dalam setiap keputusan yang telah dibuat dapat dijalankan dengan baik.
 
Status
Not open for further replies.
Loading...

Thread Terbaru

Top