Doyan Mukbang? Yuk Fokusin Jadi Profesi

techwira

New Member
Jika berbicara kuliner tentu tidak pernah ada habisnya. Selain membahas masak-memasak, nama kuliner saat ini berarti luas. Misalnya dari segi jenis, fakta menarik, dan sebagainya. Terlebih lagi kuliner sangat berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari, yaitu makanan yang dikonsumsi sebagai kebutuhan pokok kita.


Adanya digitalisasi membantu berbagai jenis makanan ini semakin dikenal luas oleh penduduk di dunia. Dahulu, sorotan kuliner hanya sebatas pengenalan jenis makanan dan proses masak-memasak. Seiring berjalannya waktu, saat ini pengenalan jenis makanan bisa melalui sebuah aktivitas menarik, yaitu mukbang.

Apa itu Mukbang?
Mukbang sebenarnya diadaptasi dari bahasa Korea, yaitu “moeknun” yang berarti makan dan “bangsong” atau siaran dalam bahasa Indonesia. Jadi jika awal kedua kata tersebut disingkat menjadi moekbang atau mukbang.

Mukbang sendiri merupakan sebuah kegiatan atau tayangan seseorang yang sedang menyantap makanan. Mulanya mukbang disiarkan secara live dan ditayangkan di platform Instagram atau YouTube. Namun, saat ini para broadcast jokey (BJ) – sebutan host acara makan daring — menyiarkan secara off air atau melalui proses rekaman dan sekaligus penyuntingan video terlebih dahulu.

Aktivitas mukbang melejit pada 2015 lalu di Korea. Tren ini merembah hampir keseluruh negara, terutama Amerika dan Asia. Bagaimana tidak? Untuk melakukan siaran mukbang ini bisa menghasilkan pendapatan ratusan juta per bulan. Sangat menggiurkan bukan? Tertarik mencoba menjadi BJ?

Satu hal yang paling identik dari mukbang ini adalah porsi makanan yang tidak wajar atau sangat besar dari biasanya. Makanan dengan porsi banyak tersebut dihabiskan oleh satu orang broadcast jokey dalam satu kali tayangan saat live. Jadi bisa dibayangkan betapa begahnya para BJ untuk menghabiskan makanan tersebut.

Alasan Mukbang Begitu Populer
Masih banyak orang yang mencari tahu alasan serunya menonton atau menayangkan aktivitas makan dengan porsi besar. Ini lho beberapa fakta yang Anda rasakan saat dan setelah menonton tayangan mukbang.

Menjadi hiburan para pecinta kuliner
Selain suka makan, para pecinta kuliner ternyata sangat menikmati review yang dibawakan oleh BJ. Menurut mereka, untuk menonton tayangan mukbang memiliki sensasi tersendiri. Sebenarnya menonton sangat menggiurkan untuk dicoba. Nah, itu menjadi tujuan utama para pecinta kuliner agar ikut mencoba di kemudian hari.

Meningkatkan nafsu selera makan
Kehilangan selera makan? Buruan buka YouTube lalu cari tayangan mukbang BJ favorit Anda. Berdasarkan beberapa pendapat, dengan menonton tayangan mukbang dapat meningkatkan nafsu selera makan. Hal tersebut didukung mulai dari pemilihan jenis makanan, cara mengonsumsi makanan, suara saat makanan dikunyah, dan pendeskripsian dari apa yang dikonsumsi.

Membuang rasa kesepian
Fakta berikut ini sebenarnya lebih tepat jika BJ menayangkannya secara langsung. Dengan tayangan live para penonton dapat memanfaatkan kolom komentar untuk bertanya langsung. Jika sempat para broadcast jokey pun dengan senang hati akan menjawab berbagai pertanyaan mereka. Adanya interaksi tersebut membuat BJ dan penonton beranggapan seperti makan bersama, sehingga dapat meminimalisir rasa kesepian.

Menyenangkan hati orang yang berdiet
Kalau fakta yang satu ini sebenarnya bermain dengan sugesti. Orang yang melakukan diet biasanya sering kali merasa lapar. Apalagi awal mereka melakukan diet. Jika sebelumnya disebut dapat meningkatkan nafsu makan, justru untuk orang-orang yang berdiet dapat membuat mereka merasa kenyang. Jadi mereka bisa menahan rasa lapar saat diet.

Setelah berkenalan dengan istilah mukbang, tentu penasaran dong siapa saja broadcast jokey yang sukses menarik penonton banyak. Nah, di Indonesia sendiri pun tidak sedikit YouTuber yang beralih ke mukbang untuk dijadikan konten utama. Berbagai BJ berikut dijamin bisa buat Anda semakin menyukai aktivitas mukbang.

Food Vlogger – Dari Hobi Jadi Profesi
Selain broadcast jokey, mungkin istilah food vlogger lebih familiar di telinga Anda. Food vlogger memberikan review dan rekomendasi berdasarkan makanan yang ia santap. Biasanya kebanyakan food vlogger berkenala dari satu tempat ke tempat yang lain. Sedangkan BJ lebih mengutamakan latar di rumah dengan membeli makanan dari luar.

Nah, itu dia pembahasan kali ini. Bisa diambil kesimpulannya nih, jika Anda lagi hilang selera makan bisa banget untuk menonton tayangan mukbang dari berbagai food vlogger. Atau mau merintis jadi food vlogger-nya juga? Bisa banget, siapa tau tiga food vlogger di atas bisa Anda jadikan inspirasi untuk belajar memulai.
 
Loading...
Top