Duit Sejuta Bisa Jadi Modal Usaha Apa Ya???

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah (UKM)' started by techwira, Aug 28, 2018.

  1. techwira

    techwira New Member

    Joined:
    Dec 5, 2017
    Messages:
    85
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    1
    Membangun usaha dengan modal minim dan pas-pasan bisa dikatakan susah-susah gampang. Anda harus pintar melihat peluang dan memilih jenis usaha yang bisa menjawab kebutuhan pasar. Dengan begitu, modal usaha 1 juta yang Anda miliki bisa digunakan dengan maksimal. Dan satu hal lagi yang paling penting adalah memilih target market yang tepat.

    [​IMG]

    Modal sering kali menjadi hambatan setiap pebisnis pemula yang ingin memulai bisnis-nya. Bahkan tak sedikit dari mereka yang mengurungkan niat-nya hanya karena keterbatas dana usaha. Padahal ada banyak peluang usaha menguntungkan yang bisa dijalankan, bahkan hanya dengan modal usaha 1 juta.

    Anda hanya perlu memilih jenis usaha yang tepat, buat perencanaan bisnis-nya dengan matang dan jalankan dengan cerdas. Dengan begitu, niat untuk membangun bisnis menguntungkan hanya dengan modal pas-pas tetap bisa Anda wujudkan. Ini dia tips memulai dan membangun usaha menguntungkan hanya dengan modal usaha 1 juta:

    Kenali potensi diri
    Susah menemukan ide usaha? Coba kenali dan ketahui apa kemampuan atau keahlian terbaik Anda, yang tidak dimiliki orang lain. Jangan pernah meremehkan potensi yang tertanam pada diri Anda. Bisa jadi keahlian tersebut menjadi jalan untuk Anda menemukan ide bisnis yang cocok dan menguntungkan.

    Hal-hal yang dinilai sepele bisa jadi dibutuhkan oleh orang lain. Misalkan keahlian dalam merangkai bunga yang tidak dianugrahkan kepada setiap orang. Jadikan potensi tersebut sebagai sumber keuntungan Anda dalam memulai dan membangun usaha toko bunga.

    Lihat peluang bisnis sekitar
    Dan cara lain untuk menemukan ide bisnis adalah dengan melihat peluang bisnis sekitar. Amati dan temukan kira-kira kebutuhan apa yang dibutuhkan oleh pasar, yang bisa Anda jadikan lahan untuk memperoleh keuntungan dalam berbisnis.

    Misal-nya kebetulan rumah Anda dekat atau sekitaran kampus. Mungkin Anda bisa mulai membangun usaha laundry rumahan yang banyak dicari mahasiswa. Atau bisa juga membuka warung nasi atau katering kecil-kecil dengan harga yang mudah dijangkau oleh anak kos-kosan. Dan untuk menghasilkan makanan yang enak tidak perlu mewah dan biaya mahal. Anda bisa mulai menjajakan menu sederhana seperti nasi goreng, mie tek-tek, dan lain sebagai-nya.

    Buat konsep bisnis skala kecil
    Ide peluang usaha sudah ada, langkah selanjut-nya adalah memikirkan masalah modal. Jika modal usaha yang dimiliki sangat minim alias pas-pasan, Anda tetap bisa menjalankan usaha menguntungkan dengan membuat konsep bisnis skala kecil.

    Selalu sesuaikan konsep usaha dengan modal usaha yang dimiliki. Misalkan ingin membuka kedai kopi. Anda bisa mulai membuka dan membangun warung kopi kecil-kecilan, yang tidak perlu mengeluarkan modal besar untuk membangun-nya. Mulailah segala sesuatu-nya dari hal-hal kecil, baru jika usaha yang dijalankan mulai ramai pembeli Anda bisa mulai memikirkan untuk mengembangkan usaha tersebut.

    Dan untuk menekan biaya operasional bisnis, Anda bisa menggunakan peralatan yang ada terlebih dahulu. Sebisa mungkin minimalisir pengeluaran untuk hal-hal yang tidak terlalu diperlukan, sehingga modal usaha 1 juta yang Anda punya bisa dimaksimalkan untuk membeli kebutuhan pokok yang vital dalam bisnis tersebut.

    Promosi secara tepat
    Apapun bentuk usaha-nya, promosi menjadi hal penting dilakukan terlebih jika bisnis yang dijalankan masih tergolong baru. Lakukan promosi agar produk bisnis Anda dikenal banyak pelanggan potensial dan meningkatkan peluang penjualan. Anda bisa mulai dengan menyebarkan brosur atau bisa juga dengan menggunakan internet.

    Salah satu platform online yang paling banyak dipakai adalah media sosial. Selain mudah digunakan, promosi melalui platform tersebut juga terbilang murah bahkan bisa dibilang gratis. Dengan hanya bermodal foto dan caption, Anda bisa mulai memperkanlkan produk bisnis yang dimiliki ke pasar yang lebih luas. Tidak terbatas pada orang sekitar yang ada di daerah Anda.

    Hadirkan konsep unik
    Jika usaha sudah mulai berjalan, jangan lupa untuk terus berkreasi atau berinovasi agar pelanggan tidak mudah merasa bosan dengan produk yang ditawarkan. Lakukan dan hadirkan inovasi hal-hal unik yang bisa membuat pelanggan Anda loyal, tidak mudah berpaling dan beralih menggunakan produk sejenis miliki kompetitor.

    Dan satu hal yang perlu Anda catat, tidak hanya menghadirkan konsep inovasi terbaru yang unik dan menarik tetapi juga harus bisa memenuhi kebutuhan konsumen. Misalkan dalam bisnis kuliner, Anda tidak hanya dituntun menciptakan kreasi makanan yang unik tetapi juga tetap harus memperhatikan kualitas rasa. Karena akan percuma nanti-nya, jika hanya tampilan saja yang menarik tetapi rasa-nya kurang enak.

    Itu dia sejumlah tips, agar modal usaha 1 juta yang Anda miliki bisa dimanfaatkan dengan maksimal. Kira-kira ide bisnis apa saja ya, yang cocok dijalankan hanya bermodalkan uang Rp 1 juta. Yuk simak ulasan-nya dibawah ini.

    Ide Peluang Usaha Menguntungkan Dengan Modal Usaha 1 Juta

    Modal minim dan pas-pasan seharus-nya tidak menjadi penghalang seseorang menjalankan sebuah bisnis. Bahkan di era digital sekarang ini, Anda bisa tetap menjalankan usaha hanya bermodalkan dengkul saja alias gratis. Ada banyak bisnis online yang bisa dijalankan tanpa mengeluarkan banyak biaya, seperti dropship, menjadi penulis dan penerjemah online, dan lain sebagai-nya.

    Anda bisa mulai membuka bisnis dengan memanfaatkan skill atau kemampuan yang dimiliki. Misalkan Anda mahir dalam memasak, mungkin bisa mulai membangun bisnis kuliner. Nah berikut ini adalah ide usaha kuliner menguntungkan yang bisa Anda jalankan, hanya dengam modal usaha 1 juta:

    Jual aneka gorengan
    Modal usaha bisnis gorengan ini terbilang fleksibel, bisa disesuaikan dengan modal yang dimiliki. Meski pelaku usaha dan persaingan bisnis-nya cukup ketat, namun prospek bisnis-nya masih terbilang menjanjikan. Penikmatnya pun berasal dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa menyukai camilan goreng ini.

    Selain murah, gorengan juga banyak menjadi pilihan camilan favorit karena mengenyangkan. Bahkan tak sedikit juga yang menjadikan-nya sebagai teman nasi atau lauk. Tektur-nya yang garing, krispi dan gurih membuat siapa saja tak bisa berhenti menyantap-nya.

    Karena peralatan bisnis yang digunakan mudah ditemukan, Anda bisa menggunakan perlatan dapur yang ada untuk menekan biaya produksi. Seperti kompor gas, wajan, dan peralatan masak lain-nya. Dan untuk bahan utama yang dibutuhkan dalam pembuatan gorengan ini adalah tepung, minyak goreng, tahu, tempe, pisang, sayuran, garam atau penyedap rasa lain-nya. Dengan bahan-bahan tersebut, Anda bisa membuat aneka gorengan seperti gehu, bala-bala atau bakwan, gorengan tempe, gorengan pisang, dan lain sebagai-nya.

    Menu sarapan pagi
    Ada banyak menu sarapan pagi modal kecil yang bisa Anda jadikan usaha. Seperti nasi kuning, nasi uduk, lontong kari, bubur ayam, kue serabi, dan lain sebagai-nya. Jika membuat gerobak terlalu mahal, mungkin sebagai awalan Anda bisa mulai menjanjakan menu sarapan pagi di halaman rumah. Dan memanfaatkan ruangan kosong di depan rumah atau garasi sebagai tempat untuk menjajakan menu makanan tersebut.

    Dan prospek bisnis-nya pun terbiang menjanjikan. Anda bisa menyasar anak-anak kos-kosan atau orang kantoran yang tidak sempat membuat sarapan di rumah. Menu sarapan pagi ini banyak dicari pelanggan, selain praktis juga bisa menghemat waktu. Agar lebih menarik pelanggan, Anda bisa menerapkan sistem delivery order untuk mempermudah pelanggan dalam mendapatkan menu sarapan pagi-nya.

    Makanan ringan
    Atau juga bisa mencoba berbinis makanan ringan yang memiliki perputaran uang sangat cepat. Selain bahan-nya mudah didapat, modal yang dibutuhkan juga terbilang fleksibel dan cocok dijalankan oleh skala bisnis manapun. Mulai dari bisnis rumahan, kecil dan menengah, hingga industri besar.

    Peluang bisnis-nya pun cukup menjanjikan. Meski bukan tergolong kedalam makanan mengenyangkan, camilan ini selalu sukses meramaikan pasar kuliner dan banyak diburu pelanggan. Tekstur kriuk-nya yang khas dan rasa-nya yang gurih, membuat penikmat-nya tidak bisa berhenti menyantap-nya.

    Selain bahan baku yang mudah didapat, harga-nya juga terjangkau. Sehingga peluang untuk mendapat keuntungan berlipat pun semakin terbuka lebar. Seperti kripik singkong, kripik kentang, hingga kripik buah-buahan merupakan beberapa makanan ringan kemasan Plastik yang paling laris di pasaran.

    Itulah beberapa contoh peluang usaha menjanjikan yang bisa Anda jalankan, hanya dengan modal usaha 1 juta. Dan jangan lupa untuk menghadirkan konsep kreasi unik pada produk makanan yang ditawarkan, agar bisa memenangkan persaingan pasar kuliner yang semakin ketat. Selamat mencoba
     
    Januar Htb likes this.


  2. Januar Htb

    Januar Htb New Member

    Joined:
    Apr 20, 2019
    Messages:
    8
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Occupation:
    Web Content Specialist
    Location:
    Jakarta
    Modal sejuta yah! Kayaknya bikin lapak darurat di pinggir jalan bisa kok! Trus jualan berbagai macam gorengan atau kue-kue basah yang cocok untuk sarapan. Karna buat usaha jualan gorengan ga butuh modal gede. Andaikan kita dapat lapak di pinggir jalan atau kalau punya motor lebih baik. Trus, lapat atau motor tersebut dimodif sederhana untuk tempat penggorengan yang mudah dipindah-pindah. Karna kalau susah dipindah ribetnya pas ada penggusuran :D. Tapi berhubung modalnya cuma sejuta, yah harus siap dan punya strategi menghadapi hal tersebut.

    Kesimpulannya, disamping jualan gorengan modalnya tidak terlalu besar, keuntungan dari penjualannya pun terbilang lumayan. Ane jadi ingat gan ada di dekat rumah ane jualan gorengan pisang molen, bakwan, risol, dsb. Sekarang dia uda ganti usaha yang lebih bergengsi lagi dan rumahnya uda 3 tingkat mewah beserta perabotannya yang mewah juga. Yang ane ingat sejak lama dulu dia mulai usahanya sebagai pedagang gorengan kecil-kecilan di lapak darurat pinggir jalan. Cuma, kalau kita aplikasikan ke diri kita masing-masing, geengsi kita seperti apa? Kalau kita gengsi sih memang susah berhasil seperti tukang gorengan yang saya ceritain tadi.
     
Loading...

Loading...

Share This Page