Gejala Hemangioma Pada Bayi Yang Harus Ibu-ibu Tau

Discussion in 'Health & Beauty' started by hidupsehat, Jun 13, 2019.

  1. hidupsehat

    hidupsehat New Member

    Joined:
    May 7, 2019
    Messages:
    24
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Menyaksikan Si Kecil tumbuh dengan prima tentunya menjadi impian setiap orangtua. Walau begitu, Bunda harus tetap mengerti dan mengenali beberapa penyakit yang umum menyerang anak dan bayi. Hemangioma pada bayi menjadi salah satu abnormalitas yang menyerang buah hati Anda yang biasanya muncul sejak tahun pertama kehidupan mereka.

    [​IMG]

    Apa itu hemangioma dan apa saja gejalanya?

    Mengenal Hemangioma

    Secara singkat, hemangioma adalah pertumbuhan pembuluh darah abnormal yang terjadi di kulit anak dan bayi. Kondisi ini tidak ganas serta tidak menyebabkan kanker.

    Umumnya tidak ada gejala khusus saat dan sesudah terbentuknya hemangioma. Saat muncul, hemangioma di kulit bayi tersebut timbul dalam bentuk goresan (tanda yang datar) atau bisa jadi berupa benjolan kecil berwarna merah.

    Hemangioma tidak memiliki penyebab yang jelas. Walau begitu, keturunan menjadi faktor yang paling mungkin berpengaruh pada munculnya abnormalitas ini. Selain itu, beberapa kondisi seperti bayi yang lahir prematur, atau berjenis kelamin perempuan.

    Bagaimana Gejalanya?

    Hemangioma pada kulit biasanya akan dikenali dengan tanda lahir yang berwarna ungu atau merah gelap, sehingga acap kali disebut sebagai hemangioma stroberi. Pada tahun pertama Si Kecil, tanda merah ini akan tumbuh dan membentuk massa dengan cepat yang muncul menyerupai spons pada kulit.

    Setelahnya, hemangioma akan memasuki fase istirahat. Secara perlahan, hemangioma akan menghilang dengan sendirinya setelah fase istirahat tersebut.

    Selain di kulit, hemangioma juga bisa muncul di organ dalam (internal) buah hati, seperti pada lambung, paru-paru, otak (kepala) dan usus besar. Hemangioma ini biasanya tidak menimbulkan gejala apapun, kecuali jika ukurannya membesar atau jumlahnya bertambah banyak dan menjadi hemangioma multiple.

    Untuk kasus hemangioma internal yang membesar atau bertambah banyak tersebut, buah hati biasanya akan mengalami gejala berupa mual, muntah, rasa tidak nyaman pada perut, penurunan pada berat badan, hilangnya nafsu makan, serta perasaan penuh pada perut.

    Hemangioma pada umumnya tidak menimbulkan masalah yang membahayakan Si Kecil. Namun Bunda tetap harus waspada karena di beberapa kasus, ukuran hemangioma bisa menjadi sangat besar atau menyebabkan rasa sakit.
     


Loading...

Loading...

Share This Page