Hanya Butuh Panci, Yuk! Buat Sendiri Kue-kue Lezat Ini Di Rumah

Discussion in 'General Lifestyle' started by TikaTikaTika, Jun 6, 2017.

  1. TikaTikaTika

    TikaTikaTika New Member

    Joined:
    Apr 6, 2017
    Messages:
    17
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    1
    Occupation:
    writer, ibu rumah tangga
    Location:
    Tanggerang
    Siapa sih yang tidak suka Kue. Berbagai macam pilihan jenis dan rasa bisa kita sesuaikan dengan selera kita sendiri. Bahkan, kue-kue favorit kita yang banyak dijual mahal di dalam etalase-etalase toko kue itu, bisa kita buat sendiri di rumah. Tapi sayangnya, masih banyak yang malas untuk membuat kue sendiri, salah satunya adalah alat, banyak yang masih berpikir bahwa membuat kue itu butuh alat yang ribet, seperti microwave panggangan kue, atau bahkan cetakan kue anti lengket yang khusus.

    KATA SIAPA? Ternyata, kita bisa loh bikin kue-kue terkenal itu hanya dengan peralatan masak sederhana, seperti panci dan wajan teflon anti lengket yang kita punya di rumah.

    Untuk itu, di bawah ini aku berikan beberapa resep kue yang bisa kita buat menggunakan PANCI.


    KUE PUKIS

    [​IMG]

    Siapkan dahulu bahan-bahan ini :
    • 4 butir telur ayam
    • 300 ml santan kelapa murni
    • keju parut 50 gram
    • 3 sdm margarin
    • 250 gram gula pasir
    • 1 sdt ragi instan
    • messes secukupnya
    • 250 gram tepung terigu
    Cara membuatnya :
    • ayak tepung terigu, campurkan dengan ragi instan dan aduk hingga rata
    • kocok telur dan gula hingga terlihat mengembang dan kental, masukkan campuran tepung terigu dan ragi tadi sedikit demi sedikit sambil terus diaduk
    • tuangkan santan ke dalam adonan perlahan, aduk hingga rata.
    • diamkan adonan sambil di tutup plastik selama 30 menit
    • mulai panaskan cetakan pukis hingga cukup hangat kemudian olesi dengan margarin secukupnya
    • tuangkan adonan perlahan ke cetakan (jangan sampai penuh) cukup 3/4 cetakan saja, taburi sedikit messes dan keju lalu tutup cetakan
    • panaskan hingga pukis matang.


    BOLU KUKUS

    [​IMG]

    Tanpa perlu ribet, kamu cukup siapkan bahan-bahan ini pada tahap awal :
    • 250 gram gula pasir
    • 250 gram tepung terigu
    • 1 sdt baking soda
    • 250 ml air biasa
    • 1 butir telur
    • pewarna secukupnya
    Cara singkat dan mudah membuatnya :
    • mikser atau kocok gula, baking soda sebentar saja hingga rata
    • masukkan air putih lalu kocok lagi hingga rata dan kental. Masukkan tepung terigu, kocok terus hingga kental (jika masih encer campur tepung terigu lagi)
    • beri pewarna secukupnya, masukkan dalam cetakan bolu kukus yang dialasi kertas
    • kukus kira-kira 10 menit pakai api besar
    • selagi hangat, sajikan.
    Bolu kukus spesial siap di gigit…


    BROWNIES

    [​IMG]


    Membuat Brownies menggunakan Magic Com? Bisa? Masa sih?
    Kalau nggak percaya, siapkan bahan dan langkah-langkah mudah ini :

    Bahan-bahan :
    • 3 sdm terigu
    • 3 sdm cokelat bubuk
    • 3 sdm minyak goreng
    • 4-5 sdm gula pasir
    • 2 sachet susu kental manis cokelat
    • 1 butir telur
    • 1/4 sdt baking powder
    • 1/4 sdt vanili
    Cara membuatnya :
    • campur rata terigu dan cokelat bubuk (sisihkan)
    • kocok telur dan gula pasir dengan misker sampai gula larut (atau kocok manual saja)
    • masukkan terigu bercampur cokelat tadi dengan SKM cokelat secara berselang (contoh : terigu-SKM-terigu-SKM, dst)
    • masukkan baking powder dan vanili, kocok rata, masukkan minyak goreng, kocok lagi hingga rata
    • olesi cetakan kue dengan margarin, tuang adonan ke dalam cetakan. Kukus dengan magic com yang terisi air (kira-kira separuh magic com)
    • setelah 45 menit, tes kematangan kue dengan tusuk gigi atau garpu, jika masih ada adonan yang menempel, berarti kue belum matang
    • tunggu dan tes terus hingga tidak ada kue yang menempel (tekan terus tombol ‘cook’ pada magic com jika diperlukan)
    • brownies kukus ala anak kost siap disajikan!
    Gimana? MAGIC KAN? ^^


    RAINBOW CAKES

    [​IMG]


    Siapa sih yang nggak suka sama rasa dan tampilan rainbow cake ini? Kue ‘mewah’ dengan warna-warna ceria ini juga bisa kamu bikin sendiri dengan menyiapkan bahan-bahan ini :
    • gula pasir 300 gram
    • minyak gorng 300 ml
    • tepung terigu 200 gram
    • telur 8 butir
    • cream butter
    • pewarna makanan (merah, jingga, kuning, hijau, biru dan ungu) secukupnya
    • emulsifer 1 sdt
    • vanili bubuk 1/2 sdt
    • garam 1/2 sdt
    Cara membuatnya :
    • kocok 8 butir telur dengan 300 gram gula pasir dengan mixer hingga adonan tercampur rata. Masukkan 1 sdt emulsifer, 1/2 sdt vanili bubuk dan 1/2 sdr garam. Kocok lagi hingga adonan mengembang
    • ambil sedikit adonan dan letakkan pada mangkuk kecil, campur dengan minyak goreng, aduk hingga rata
    • masukan tepung terigu sedikit demi sedikit, aduk semua hingga rata. Masukkan adonan yang telah diberi minyak goreng tadi, aduk rata
    • bagi adonan tadi menjadi 6 bagian pada setiap wadah yang berbeda. Kemudian, setiap adonan diberikan pewarna makanan yang berbeda-beda tadi.
    • gunakan loyang berukuran 24x12cm (atau sesuai selera), lapisi dengan kertas roti yang telah diolesi mentega. Tuang adonan dalam loyang
    • kukus adonan selama +- 20 menit
    • siapkan alas (kertas roti) pada piring untuk menyusun rainbow cake
    • susun rapi sesuai selera dan olesi dengan butter cream tipis pada cakenya
    • rainbow cake kukus siap dinikmati!
    Gimana? Cukup mudah kan?
    Selamat menikmati dan merayakan keberhasilan kue panci kalian… ^^
     


  2. belewa

    belewa New Member

    Joined:
    Jun 9, 2017
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    praktis dan gampang sekali resepnya thanks resepnya
     
  3. AlatResto17

    AlatResto17 New Member

    Joined:
    Oct 4, 2017
    Messages:
    12
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Occupation:
    Chef
    Location:
    Jakarta
    Bermanfaat banget nih infonya buat yang cuman punya peralatan dapur dikit buat bikin kue. Cuman ngandelin panci doang jadi bisa bikin kue enak. Walaupun kue nya udah banyak yang jual tapi, lumayan kan kalau bisa bikin sendiri di rumah jadi gausah beli lagi heheh
     
Loading...

Loading...

Share This Page