Ini Nih 5 Tips Perawatan Kulit agar Tetap Awet Muda

Kukuh_03

New Member
Ini Nih 5 Tips Perawatan Kulit agar Sista Tetap Awet Muda

Usia tiga puluhan adalah momen ketika seseorang mulai khawatir dengan tampilan kulitnya. Pasalnya, saat memasuki usia tiga puluhan, wajah mulai menunjukkan tanda-tanda awal kerutan, kendur, dan lingkaran hitam di bawah mata. Beberapa hal menjadi penyebabnya seperti tingkat stres yang tinggi, polusi, dan sinar matahari.

Seiring bertambahnya usia, kulit juga akan menua dan berjuang untuk memperbarui diri dengan cepat karena sintesis kolagen yang kian menurun. Oleh karena itu, perlu usaha ekstra dalam merawat kulit untuk memperlambat proses keriputan.

Dilansir Insider, Rabu (15/9/2021), berikut tips yang perlu dilakukan dalam merawat kulit untuk tetap terlihat awet muda di usia tiga puluhan menurut Ahli Dermatologis dari Rumah Sakit Universitas Ramon y Cajal Madrid Elena de las Heras.

1. Gunakan tabir surya (sunscreen)

Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan banyak orang dalam perawatan kulit adalah hanya menggunakan tabir surya saat musim panas atau ketika berada di pantai atau kolam renang.

Padahal, paparan sinar matahari yang berlebihan dapat merusak kulit secara signifikan, sehingga turut mempercepat penuaan dan munculnya kerutan. Pada semua usia, perlindungan sinar matahari harian setidaknya perlu menggunakan SPF 50.

Baca : Bukan Produk Korea, Skincare Lokal Justru Paling Banyak Dicari Selama Ini

2. Bersihkan wajah di pagi dan malam hari


Jangan lupa untuk selalu membersihkan kulit baik di pagi hari ataupun sebelum tidur. Kamu bisa menggunakan penghapus atau pembersih riasan, tetapi yang paling efektif adalah dengan sabun dan air. Itu akan menghilangkan kotoran dari kulit sehingga bisa melindungi dan membantu proses pembaruan kulit.

3. Gunakan asam glikolat

Asam glikolat atau glycolic acid merupakan salah satu jenis asam alpha-hydroxy acid (AHA) yang bekerja dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati pada lapisan kulit terluar. Cara kerja ini akan merangsang pertumbuhan sel kulit baru, sehingga membuat kulit lebih halus dan cerah.

Selain itu, beberapa penelitian biopsi kulit juga menunjukkan bahwa asam glikolat bisa memperbaiki tekstur dan konsistensi kulit yang baik untuk digunakan dalam perawatan anti-penuaan dini.

4. Gunakan retinol, vitamin C, dan E

Bagi kamu yang memiliki kulit kering dan menua, Elena juga menyarankan untuk menggunakan asam glikolat, vitamin C dan E sebesar 8 persen sebagai antioksidan yang bisa menetralkan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dan regenerasi kulit. Selain itu, penggunaan retinol juga cukup penting sebagai komponen yang membantu memproduksi kolagen pada kulit.

5. Pastikan kulit tetap terhidrasi

Setelah kamu mencapai usia 30, kulit tidak akan dapat diperbarui dengan cepat dan mempertahankan tingkat hidrasinya yang tepat secara alami, sehingga kulit terlihat menjadi lebih kusam dan kering.

Untuk mengatasinya, kamu perlu menggunakan produk yang mengandung asam alfa hidroksi seperti glikolat, laktat, dan sitrat untuk membantu pergantian sel. Selain itu, untuk mengatasi kulit kering, pastikan kamu selalu menggunakan pelembap.

 
Loading...

Thread Terbaru

Top