Inilah Jawaban Mengapa Sering Ngantuk Di Pagi Hari

Discussion in 'Health & Beauty' started by AfnanKh2, Aug 7, 2018.

  1. AfnanKh2

    AfnanKh2 New Member

    Joined:
    Dec 20, 2017
    Messages:
    76
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Pagi hari adalah waktu memulainya segala sesuatu, aktivitas, atau jadwal rutin yang tidak bisa ditinggalkan misalnya bekerja dan sekolah. Tapi, hampir semua pagi rasa kantuk yang sangat berlebihan ini terjadi pada kita. Ada yang sering merasakannya?

    Sudah sangat jelas ini sangat sering bahkan bisa dirasakan oleh hampir setiap orang. Sebenarnya ada penyebab-penyebab pasti lho kenapa kamu sering ngantuk pada waktu pagi hari. Ingat, bukan karena kurang tidur atau istirahat di waktu malam saja ya gais. Penyebab-penyebab ini lebih berbahaya lho.

    Ingin tau apa saja? Silahkan simak di bawah!

    Kekurangan cairan atau jarang minum

    Jangan dibiasakan lagi ya, kekurangan cairan di dalam tubuh ini akan sangat beresiko besar salah satunya bisa menyebabkan kita sering ngantuk di waktu pagi hari yang seharusnya menjadi salah satu waktu penuh semangat. Konsumsi air secukupnya untuk menyegarkan tubuhmu ya minimal 3 gelas di pagi hari dan untuk sisanya bisa dilanjut di siang hari dan seterusnya.

    Konsumsi alkohol yang sangat berlebihan

    Alkohol memiliki efek samping yang sangat membahayakan tubuh apabila dikonsumsi dalam waktu panjang dan bahayanya sering menyebabkan seseorang kehilangan fokus dan sering ngantuk.

    Mengalami stres dan depresi

    Penyebab lainnya tak kalah berbahaya bahkan bisa mengganggu kesehatan psikologis kita secara menyeluruh bahkan bisa lebih parah dari pada yang dibayangkan. Kondisi stres dan depresi yang terjadi dalam diri seseorang akan membuat tubuhnya semakin lemas dan tidak tertarik untuk melakukan aktivitas apapun.
     


  2. Ita Maulani

    Ita Maulani New Member

    Joined:
    Nov 18, 2017
    Messages:
    63
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    1
    Banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengantuk. Pertama karena kebiasaan. Dulu, sewaktu saya suka tidur pagi mulai pukul 06.00 - 6.30, ya kalau pada jam itu saya boleh dibilang pasti mengantuk. Ketika saya bertekad mengubahnya, yakni saya tidak ingin tidur pagi hari, ya saya tidak pernah mengantuk pada jam itu.

    Kedua karena posisi duduk. Tiap usai shalat berjamaah di masjid, jika saya duduk bersila, boleh dibilang pasti mengantuk. Apalagi pada saat shalat Jumat sewaktu mendengarkan khutbah. Seorang mubalig menganjurkan agar saat mendengar khutbah jumat, jangan duduk bersila. Tetapi, ambil posisi duduk yang lain biar tidak mengantuk. Lalu saya coba. Eh, benar juga. Saya tidak pernah mengantuk dengan posisi duduk tidak bersila.

    Masih ada beberapa contoh. Tetapi saya ambil dua saja untuk menunjukkan banyak faktor yang membuat kita mudah mengantuk. Tetapi, yang lebih penting mengantuk itu akibat kondisi fisik sehat atau tidak. Kalau kondisi sehat, ya biar saja.

    Kalau akibat kondisi tubuh tidak sehat, ya obati atau sembuhkan. Misalnya kekurangan darah atau sakit anemia.
     
    Last edited: Oct 2, 2018
Loading...

loading...

Loading...

Share This Page