Istilah Dalam Permainan Catur Dan Pengertiannya

Discussion in 'Sports' started by Mas O'o, Sep 12, 2015.

  1. Mas O'o

    Mas O'o Member

    Joined:
    Feb 21, 2015
    Messages:
    812
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    23
    Location:
    Trenggalek
    istilah skak.jpg

    Dalam menjalankan permainan catur, jika masih awam, tentu akan ada banyak istilah yang belum dimengerti. Karena memang istilah dalam catur ada beberapa yang terdengar asing. Istilah catur resmi berbeda dengan istilah catur yang sering digunakan bukan dalam ajang perlombaan resmi. Maka jika belajar catur untuk keperluan perlombaan resmi, sebaiknya harus mengerti dulu macam-macam istilah dalam permainan catur yang sering digunakan. Nah, di bawah ini ada beberapa istilah catur yang sering digunakan dan sedikit pengertian tentangnya.

    Pengertian Istilah Dalam Permainan Catur

    1. Istilah Rokade

    Rokade atau dalam bahasa Inggris disebut dengan castling. Rokade adalah sebuah gerakan khusus dalam permainan catur. Gerakan ini dilakukan oleh raja dengan benteng. teknisnya adalah, Raja bergerak dua petak menuju Benteng di baris pertamanya, kemudian meletakkan Benteng pada petak terakhir yang dilalui Raja. Ada persyaratan tertentu untuk bisa melakukan gerakan rokade ini. Persyaratannya sebagai berikut :

    - Bidak Raja dan Benteng yang akan dijalankan untuk rokade harus belum pernah bergerak atau melangkah sebelumnya.

    - Tidak ada bidak lain di antara Raja dan Benteng, artinya tidak ada penghalang antara bidak raja dan bidak benteng.

    - Raja tidak dalam keadaan sedang di-skak, dan petak-petak yang dilalui Raja tidak sedang diserang oleh bidak lawan.

    Ada beberapa kesalahan umum yang terjadi ketika pecatur sedang bermain, dan itu seharusnya tidak berlaku. Perhatikan berikut ini :

    - Bidak benteng yang akan dijalankan untuk rokade sedang dalam posisi diserang.

    - Jika benteng yang akan digunakan rokade berada di sisi Ratu, maka petak yang berada tepat di samping Benteng tersebut tidak boleh dalam serangan.

    2. Istilah En passant

    Istilah En passant adalah posisi dimana pion bergerak dengan dua petak maju dan ada pion lawan yang berada satu petak dalam baris tujuan. Maka pion lawan bisa menangkap dan menempati petak yang baru dilewati oleh pion tersebut (seakan-akan pion tersebut bergerak satu petak maju). Namun perlu juga diingat bahwa langkah ini hanya bisa dilakukan sesaat sesudah langkah pion maju dua petak. Atau hak pemain lawan untuk melakukan langkah en passant ini akan hilang.

    3. Istilah Promosi

    Promosi dalam permainan catur sangat disukai. Posisi pion bisa mendapatkan promosi adalah ketika pion telah maju sampai menempati baris paling akhir di petak lawan. Jika pion telah berada pada posisi ini, maka pion harus diganti dengan bidak yang lain sesuai dengan keinginan pemain pemilik pion tersebut. Tidak ata aturan khusus yang membatasi pion untuk menjadi bidak yang lain. Jadi bebas, bisa dijadikan benteng, gajah atau kuda.

    4. Skak

    Keadaan skak berarti adalah ketika Raja di serang oleh bidak lawan. Pecatur yang rajanya sedang dalam keadaan diskak, maka harus menggerakkan rajanya agar tidak di skak. Bida menggeser, bisa melindungi nya dengan bidak yang lain dengan cara menutup jika ada petak kosong diantara bidaklawan yang menyerang dan raja yang di serang. Ketika raja sedang diskak, pergerakan rokade tidak diijinkan.

    Baca thread lain :
    1. Panduan Cara Bermain Catur Untuk Pemula
    2. Cara Melangkah Dalam Permainan Catur
    3. Panduan Cara Bermain Catur Untuk Pemula
    4. Sejarah Singkat Permainan Catur


     


Loading...

loading...

Loading...

Share This Page