Jenis makanan penyebab kista !

lingshenyao

New Member
Kista salah satu penyakit yang identik dengan soerang wanita dan menjangkit rahim. Namun, tak hanya menyerang rahim saja, kitsa juga dapat menyerang bagian tubuh lain. Misalnya mulut, lutut, ginjal pancreas, usus, dan bagian lainnya. Biasanya pada penyakit tertentu ada beberapa makanan atau minuman yang dianjurkan untuk mempercepat proses penyembuhan. Begitu juga dengan penyakit kista. Ada beberapa jenis makanan penyebab kista yang perlu dihindari.
Pada jenis kista tertentu dapat mengecil dengan sendirinya, misalnya kista ovarium fungsional yang terjadi pada wanita. Kista fungsional muncul ketika haid berlangsung dan dapat menghilang dengan sendirinya. Sedangkan kista yang patologis, perlu ditangani lebih lanjut karena terbentuk dari adanya sel abnormal.
Penyebab kista sendiri belum bisa ditentukan secara pasti. Namun ada beberapa hal yang menjadi faktor pemicunya. Berikut beberapa hal yang disinyalir menjadi enyebab tumbuhnya kista :
  • Faktor keturunan atau genetic.
  • Pernah mengalami atau tumbuh tumor.
  • Adanya ketidak seimbangan hormone pada wanita.
  • Adanya infeksi.
  • Kelainan ketika perkembangan embrio.
  • Cacat pada sel.
  • Kondisi inflamasi kronis.
  • Adanya penyumbatan di saluran tubuh tertentu.
  • Parasit.
  • Pernah mengalami cedera.
Kista abnormal berpotensi kanker jika dibiarkan dan semakin membesar. Perbesaran ukuran kista dipengaruhi beberapa faktor tergantung dari jenis kistanya itu sendiri. Maka dari itu deteksi dini sangat perlu dilakukan untuk mencegah adanya pembesaran kista. Berikut ciri kista yang perlu anda waspadi :
  • Bagian benjolan nyeri jika ditekan.
  • Daerah yang tumbuh benjolan mempengaruhi fungsi tubuh yang ada di dekatnya. Misalnya persendian, otot, rahim atau sulit menggerakan bagian tubuh tertentu.
  • Pada kista rahim menstruasi menjadi tidak lancar dan sering terasa nyeri.
  • Pada kista mulut membuat daerah gusi mati rasa dan kesulitan saat makan.
Jika anda merasakan ciri diatas atau mencurigai benjolan yang muncul pada daerah tubuh, sebaiknya konsultasikan pada dokter. Dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan untuk melihat melihat ukuran dan tingkat keparahan kista. Umumnya pemeriksaan cukup dengan pemeriksaan USG untuk kista rahim.
Berdasarkan jenisnya, penyakit kista dapat ditangani dengan jalan operasi atau konsumsi obat kista di apotik, pengangkatan tumor dengan atau tanpa mengorbankan rahim sering dianjurkan untuk mengurangi risiko komplikasi penyakit.
Selain melakukan pengobatan, penderita juga perlu memperhatikan asupan makan. Setiap penyakit pasti mempunyai faktor pemicunya, begitu juga dengan penyakit kista. Maka ada beberapa jenis makanan penyebab kista yang perlu anda hindari :

Makanan Cepat Saji
Tak hanya untuk pengidap kista saja, makanan cepat saji memang dinilai kurang baik jika dikonsumsi terlalu sering. Pada makanan cepat saji mengandung banyak pengawet dan juga kolesterol yang dapat memperburuk kondisi kista. Kadar kolesterol yang tinggi dapat micu penyakit jantung coroner pada seseorang.

Minuman Soda dan Alkohol
Minuman bersoda dan alcohol dapat memicu peningkatan kadar hormone estrogen. Yang dimana ketidaksembangan hormone dapat membuat kista semakin parah. Selain itu, minuman ini juga tidak baik untu tubuh. Dapat mememicu obesitas dan tidak baik bagi jantung.

Minuman yang Mengandung Kafein
Minuman yang memiliki kandungan kafein dapat mengganggu keseimbangan hormon di dalam tubuh. Selain itu, kopi dapat membuat kesulitan tidur jika dikonsumsi pada malam hari.

Daging Merah
Meski makan daging merah dinilai baik, namun lain bagi penderita kista. Konsumsi daging merah dapat anda batasi selama kehamilan. Daging merah mempunyai kandungan kolesterol cukup tinggi sehingga dapat memicu tumbuhnya sel abnormal termasuk memperbesar kista.

Beberapa Sayuran dan Buah
Pantangan makanan kista yang berikutnya adalah buah san sayur tertentu. Sayuran dan buah juga baik dikonsumsi,namun ada beberapa jenis sayur dan buah yang sebaiknya dihindari. Sayur tauge, sawi putih dan buah nangka, durian, anggur yang sebaiknya dihindari.
Jika sebelumnya jenis makanan yang perlu dihindari, sekarang mari kita bahas makanan yang justru direkomendasikan. Berikut makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita kista :

Pare

Walaupun sayur pare memiliki rasa pahit, namun kandungan vitamin Cnya cukup tinggi. Sehingga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat proses penyebuhan luka. Daya tahan tubuh yang menurun dapat menjadi salah satu pemicu miom semakin membesar.
Pada beberapa terapi penyembuhkan biasanya pare lebih sering dijadikan jus. Namun apakah miom dapat disembuhkan dengan minum jus pare? Tentunya untuk para pederita kista banyak yang bertanya-tanya akan hal ini. Jawabannya bisa. Jus pare dipercaya mampu mengecilkan hingga mengobati miom.
Dengan konsumsi jus pare dengan rutin minimal 1 hari sehari dapat membantu mengecilkan miom. Jus ini juga biasa ditambahkan dengan brokoli yang juga baik untuk pederita miom. Untuk menambah rasa jus agar tidak terlalu pahit, bisa anda tambahkan perasan jeruk lemon dan juga madu. Berikut cara membuat jus pare untuk miom :
Bahan yang peru disiapkan :
• 1 batang pare.
• 300 gram brokoli.
• 1 buah lemon.
• 3 sendok madu.
• Air 500 ml.
Cara membuatnya :
1. Cuci bersih pare, brokoli dan lemon.
2. Potong pare agar lebih mudah di blender. Jangan lupa buang biji pare agar tidak terlalu pahit.
3. Masukan pare, brokoli dan air kedalam blender. Lalu blender hingga halus.
4. Saring jus pare sambil dipindahkan dalam gelas.
5. Tambahkan perasan lemon dan juga madu.
Dalam 1 resep ini bisa untuk 2 kali minum. Sepalin pare dan brokoli Anda juga dapat konsumsi bayam dan wortel.

Lemon

Seperti yang sudah ditulis sebelumnya jika kista termasuk pada jenis tumor. Tumor merupakan sel abnormal yang tumbuh tidak terkendali dan berpotensi bekembang menjadi kanker. Jika tumor semakin membesar selain akan berkembang menjadi kanker.
Hasil penelitian juga menunjukkan jika ekstrak mampu menghancurkan sel-sel ganas didalam tubuh. Tak hanya kista saja, juga termasuk kanker usus, kanker paru-paru dan kanker payudara. Bahkan banyak peneliti berani mengklaim jika lemon lebih efektif dalam pengobatan kanker melebihi kemoterapi. Dengan catatan pasien tah mempunyai masalah lambung dan dikonsumsi dengan rutin dan sesuai anjuran. Selain lemon, juga bisa konsumsi apel, berry, alpukat dan pisang.

Omega 3

Omega 3 lebih dikenal dapat menutrisi otak, ternyata Omega 3 memiliki sifat antiradang. Sehingga dapat mencegah kista membesar. Benjolan yang sedang meradang dapat menimbulkan nyeri apalagi Ketika haid. Makanan yang mengandung Omega 3 yaitu tuna, salmon, sarden, kerrang dan kod.

Zat besi

Makanan untuk penderita kista yang terakhir yaitu makanan yang mengandung zat besi. Kista atau miom dapat menyebabkan perdarahan jika membesar, sehingga zat besi untuk menanggulanginya. Zat besi yang hilang perlu diganti agar tidak terjadi anemia. Makanan yang mengandung zat besi Misalnya daging sapi, sayuran hijau, ikan air tawar, apricot dan telur.
 
Loading...

Thread Terbaru

Top