Jerawat Batu Ternyata Sakit

Discussion in 'Health & Beauty' started by Aprilia, Jul 12, 2019.

  1. Aprilia

    Aprilia New Member

    Joined:
    Apr 22, 2019
    Messages:
    53
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Location:
    Jakarta
    Jerawat batu merupakan jerawat besar dan keras yang biasanya tiba-tiba muncul diwajah. Proses penyembuhan jarawat ini membutuhkan waktu yang lama daripada jerawat biasa. Jerawat ini sangat mengganggu penampilan sehingga kita sering menutupi dengan concealer. Hal ini untuk menyamarkan jerawat yang kemerahan. Jjerawat batu bisa terjadi karena beberapa faktor, salah satunya adalah hormon. Kita tidak bisa menghindari perubahan hormon, tetapi Anda bisa meminimalisir kemunculan jerawat batu tersebut.

    Jerawat Batu
    [​IMG]

    Jerawat batu atau cystic acne adalah jerawat yang terbentuk jauh di dalam kulit yang disebabkan karena adanya penyumbatan oleh sel kulit mati. Selain itu, karena bakteri yang bertahan di dalam pori-pori menimbulkan benjolan merah dan bernanah. Jika Anda tidak sengaja menyentuh atau memencet jerawat batu ini akan menimbulkan rasa sakit.

    Penyebab Jerawat Batu
    Perubahan hormon yang tidak seimbang bisa memicu timbulnya jerawat batu. Biasanya jerawat jenis ini muncul saat wanita mengalami siklus menstruasi. Jerawat batu bisa muncul di bagian dagu, garis rahang, dan bagian bawah wajah. Selain itu, jerawat batu dapat dialami oleh ibu hamil, wanita yang memasuki menopause serta yang mengalami polycystic ovary syndrome.

    Penyebabkan jerawat batu lainnya:
    • Genetik, jerawat batu juga bisa diturunkan dari orangtua yang mempunyai riwayat kulit berjerawat.
    • Berkeringat dan tingkat kelembapan yang tinggi.
    • Pori-pori tersumbat, salah memilih kosmetik.
    • Beberapa obat dan bahan kimia, seperti kortikosteroid, isoniazid, lithium, phenytoin.
    Ciri Munculnya Jerawat Batu
    Pori-pori yang tersumbat disebabkan oleh kelenjar minyak yang berlebih pada kulit. Sehingga menyebabkan peradangan dan iritasi di kulit. Berikut ciri-cirinya:
    • Berbentuk besar, berwarna kemerahan dan biasanya menimbulkan rasa sakit.
    • Nodul terangkat ke atas, tidak kelihatan adanya komedo putih.
    • Menimbulkan nanah, biasanya ada di dalam kulit, sebelum akhirnya keluar.
    • Jerawat ini menghasilkan kista dan nodul di permukaan kulit.
    Cara Mengatasi Jerawat Batu
    Bila jerawat Anda mengalami peradangan yang parah, segera kunjungi dematologis atau dokter eva yang cocok untuk Anda. Jika masalah tersebut akibat dari produksi minyak yang berlebihan, maka perawatannya harus fokus pada pengurangan produksi minyak. Cara yang bisa Anda lakukan antara lain:
    • Antibiotik. Dokter akan memberikan antibiotik dan setiap orang akan mendapatkan dosis yang berbeda. Antibiotik berguna untuk membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Salah satu antibiotik tersebut adalah clindamycin.
    • Krim, lotion, atau gel yang mengandung retinoid dan kadar vitamin A.
    Refrensi:
    elvante
    eva mulia clinic
     


Share This Page