Kelebihan Dan Kekurangan Market Place

Discussion in 'General Business' started by Mas O'o, Nov 23, 2015.

  1. Mas O'o

    Mas O'o Member

    Joined:
    Feb 21, 2015
    Messages:
    812
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    23
    Location:
    Trenggalek
    kelebihan dan kekurangan market place.jpg

    Di zaman yang serba canggih ini penggunaaan Internet memang sudah menjadi hal yang sangat penting bagi kehidupan. Indonesia yang mempunyai populasi penduduk nomor 5 sedunia hampir 50 persen dari penduduk kita ini adalah pengguna internet aktif. Kelebihan lain dari internet zaman sekarang adalah semakin memudahkan kita dalam hal bertransaksi. Kalau pada zaman dahulu ketika kita hendak menginginkan transaksi antara pembeli dan penjual harus bertemu di pasar kemudian melihat barang, tawar menawar lalu mulailah terjadi transaksi, di zaman sekarang hal itu cukup dilakukan hanya di dalam kamar dan cukup dengan sentuhan-sentuahn handphone saja semua sudah dilakukan.

    Denganbegitu maraknya transaksi yang dilakukan secar online menjadikan banyak bermuncullanlah pasar-pasar online orang menyebutnya dengan market place. Pada sistem market place yang ada diinternet juga memiliki kekurangan dan juga kelebihan.

    Kelebihan Market Place

    1. Tempat Berkumpul Para Pembeli

    Dengan banyaknya para penjual yang berada dalam satu market place menyebabkan banyak juga yang berada pada titik itu, dengan banyaknya pembeli yang berada pada satumarket plece mneyebabkan para penjual juga mengalami keuntungan karena penjual bisa dengan lebih mudah menjual barang dagangan mereka tanpa perlu mengumpulkan para pembeli.

    2. Tempat Bertukar Informasi

    Sesama penjual yang ada dalam satu market place, makasesama penjual dengan mudah akan saling bertukar informasi tentang hal-hal yang mereka produksi atau yang sedang mereka jual, denganbanyaknya informasi yang diperoleh menjadikan kita semakin kompetitif dalam berbisnis.

    3. Tersedia Banyak Produk

    Dengan banyaknya penjual yanga ada dalam satu market place maka menyebabkan banyak bermunculan produk-produk yang dihasilkan dari produsen-produsen yang berbeda pula, semakin banyak prodk yang ada menjadikan sebuah market place semakin sering dikunjungi pelanggan karena mereka tidak perlu pindah ke satu market place yang lain.

    Kelemahan Market Place


    1. Terjadinya Persaingan Antar Penjual

    Karena terlalu banyak yang menjual dalam satu market place, anda harus benar-benar ekstra kerja masalah yang ada adalah ketika kita melakukan penawaran pada market place tersebut maka banyak penjual lain yang memiliki produk yang sama tinggal kita harus benar-benar berinovasi dalam hal mulai harga model produk dan juga tampilan yang akan kita displaykan ke konsumen kita, jika kita tidak benar-benar jeli melihat itu maka jangan harap barang yang akan kita jual akan laku.

    2. Keamanan Dari Market Place Belum Tentu Terjamin

    Suatu Market Place kadang belum tentu mampu bertahan lama, karena mungkin ada banyak faktor semisal kurangnya pembeli disitu, nah jika anda mau memulai berdagang di suatu market place anda harus benar-benar jeli memilih market place yang mempunyai kualitas. Jangan sampai ketika anda usdah capek-capek berjualan di suatu market place eh tiba-tiba market place nya tutup. Kan bisa rugi.

    Baca thread lain :
    1. Cara Menggaet Konsumen Wanita Dengan Efektif
    2. Cara Menggali Ide Kreatif dan Inovatif Dalam Bisnis
    3. CEO Ini Rela Gajinya Dipotong 90 % Demi Pegawainya
    4. Cara Menjadi Manajer Yang Baik
     


  2. Muhamad Romli

    Muhamad Romli New Member

    Joined:
    Aug 14, 2017
    Messages:
    368
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    3
    Kalau Kemananan marketplace besar seperti tokope--- sama Bukal---- itu sangat" terjamin ko, cuma kelemahannya terletak pada banyaknya pesaing, sehingga antar penjual akan berusaha menjatuhkan harga, untuk pembeli sih sangat untung karena mereka bebas memilih produk paling murah dengan kualitas sama
     
Loading...

Loading...

Share This Page