Kenapa Sih Kita Bisa Kaget Saat Tidur?

Discussion in 'Health & Beauty' started by hidupsehat, Jun 12, 2019.

  1. hidupsehat

    hidupsehat New Member

    Joined:
    May 7, 2019
    Messages:
    24
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Pernah ngga, kamu merasakan bangun tiba-tiba dari tidur, dan merasa kaget? Atau terbangun karena kamu mengalami mimpi terjatuh dari ketinggian? Kondisi kaget saat tidur ini dinamakan hypnic jerk.

    [​IMG]

    Hypnic jerk atau mioklonus terjadi ketika otot-otot tubuh mengalami kontraksi atau menegang secara mendadak, pada saat kita terlelap. Sebenarnya, cegukan adalah salah satu bentuk mioklonus, pada saat kita terjaga. Kondisi ini muncul akibat kontraksi tiba-tiba otot diafragma.

    Orang dewasa lebih sering kaget saat tidur

    Hypnic jerk atau kaget saat tidur dialami kurang lebih 50% orang dewasa, meski dapat terjadi pada bayi dan anak-anak.

    Perlu diingat, kaget saat tidur ini dapat terjadi pada siapa saja, tanpa disertai riwayat penyakit tertentu. Penyebab pasti dari hypnic jerk ini belum diketahui secara pasti hingga saat ini. Namun, terdapat beberapa faktor yang diduga berkontribusi dalam menimbulkan terjadinya hypnic jerk.

    Berikut ini beberapa faktor yang bisa membuat kaget saat tidur. Apakah pernah mengalaminya?
    • Kurang tidur
    • Kurang tidur merupakan kondisi yang berhubungan dengan terjadinya hypnic jerk. Sementara itu, hypnic jerk yang berulang, juga dapat mengakibatkan gangguan tidur atau insomnia kronis.
    • Olahraga sebelum tidur
    • Olahraga atau aktivitas fisik memang baik untuk tubuh. Namun, apabila olahraga dilakukan pada sesaat sebelum jam tidur, kamu malah jadi sulit tidur.
    • Kecemasan dan stres
    • Perasaan cemas dan stres membuat kita selalu terjaga, karena otak tetap aktif pada saat kita tidur. Hal ini menyebabkan otak mengirim sinyal waspada dan menyebabkan kita terbangun secara tiba-tiba, pada saat tidur.
    • Konsumsi kafein dan nikotin
    • Teh dan kopi dengan kafein, merupakan zat stimulan yang mungkin sering kamu konsumsi. Selain kafein, nikotin menimbulkan hypnic jerk. Sebab, zat-zat stimulan tersebut membuat tubuh terus terjaga, dan menjadikanmu susah tidur nyenyak.
    Namun, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, hypnic jerk merupakan hal yang alami dan dapat terjadi pada siapa saja. Oleh karena ini, selalu hindari faktor-faktor risiko di atas, untuk mengurangi kecenderungan terjadinya hypnic jerk.
     


Loading...

Loading...

Share This Page