Ketahui 10 Cara Memasarkan Usaha Makanan Ringan Agar Cepat Laku

Mira Dw

New Member


Jaman sekarang semakin menjamurnya usaha makanan ringan. Usaha kecil ini tidak perlu membutuhkan usaha terlalu keras dalam produksi. Bukan hal yang baru bahwa Indonesia menjadi tempatnya berinovasi dalam segi makanan. Hampir di seluruh kota terdapat inovasi unik tentang makanan ringan.

Pastinya strategi di setiap bidang bisnis memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Strategi pemasaran usaha makanan ringan akan berbeda dengan strategi pemasaran restoran dikarenakan target pasar dan tipe konsumen yang beragam. Faktanya seorang anak muda lebih suka “ngemil” dibandingkan dengan pergi ke restoran. Ini menjadi peluang yang besar untuk Anda memasarkan kepada anak muda.

Namun di tengah kondisi ini banyak sekali pebisnis makanan ringan yang terkena dampaknya. Sebagian besar merupakan pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah). Jika Anda ingin terjun langsung ke dunia bisnis makanan ringan, simaklah 10 cara memasarkan usaha makanan ringan Anda agar cepat laku.

1. Tentukan Segmen Pasar Yang Tepat

Pertama yang harus diperhatikan ialah segmen pasar atas produk Anda. Pastikanlah semua target pasar sesuai dan cocok dengan produk yang ingin Anda luncurkan.
2. Tunjukkan Keunikan Produk Anda

Bisnis makanan ringan tergolong sebuah bisnis yang sangat mudah. Namun Anda perlu menemukan keunikan atas produk Anda, sehingga secara tidak langsung daya tarik dan perilaku konsumen akan lebih cepat terdeteksi.

3. Maksimalkan Media Sosial

Kini sudah memasuki era internet dan media sosial, Anda tidak perlu repot memasarkannya dari pintu ke pintu. Anda dapat manfaatkan seluruh media sosial yang ada seperti Instagram, Facebook dan Twitter. Buatlah konten yang menarik perhatian dan lakukan interaksi yang cukup kepada calon konsumen.

4. Gunakan Influencer Marketing

Influencer marketing sudah tidak asing bagi para pebisnis. Ini merupakan cara yang cukup efektif dengan biaya yang dapat disesuaikan dan prosedur yang mudah. Seorang influencer biasanya sudah memiliki pengikut yang cukup banyak dan sudah menjadi pusat perhatian. Jadi, apapun produk yang dipromosikan akan cenderung diikuti juga oleh para pengikutnya.

5. Promosikan Produk Melalui Platform Marketplace

Peluang besar bagi Anda untuk menjual produk lebih luas lagi. Di jaman serba online ini, marketplace merupakan alternatif promosi yang cukup menjanjikan. Kebiasaan konsumen yang suka berbelanja online akan menemukan produk Anda dengan cepat.

6. Berpartisipasi Dalam Event

Saat ini sudah banyak kegiatan atau event seperti bazzar yang memberikan kesempatan pada UKM (Usaha Kecil Menengah) untuk mempromosikan produknya. Pastikan event tersebut cocok dan target pasar yang Anda inginkan terpenuhi dalam event tersebut. Banyak cara mulai menyewa booth atau bahkan ikut serta dalam sponsor acara.

7. Terapkan Promosi Bundling

Strategi bundling merupakan strategi yang tepat untuk Anda gunakan dalam produk makanan ringan ini. Hal ini berguna untuk mendatangkan minat pembeli. Misalnya: promo bundling untuk 1 (satu) makanan ringan mendapatkan 1 (satu) minuman, tentunya konsumen akan mendapatkan harga yang lebih murah.

8. Kolaborasi Partner Yang Sesuai

Kegiatan ini sudah banyak dilakukan pebisnis biasanya lebih dikenal dengan kerjasama “titip jual”. Cara ini termasuk mudah dan umumnya seorang partner akan menawarkan hal yang sama. Hal ini menjadi menguntungkan bagi kedua pihak. Promosi ini juga bisa diikuti dengan promosi bundling yang sudah dijelaskan di point sebelumnya.

9. Penting Untuk Berinovasi

Ketika Anda memiliki bisnis dengan produk makanan, pastinya Anda akan dituntut dengan inovasi yang cepat dan menjanjikan keuntungan yang besar. Berinovasilah tanpa batas, namun tetap sesuai dengan visi bisnis Anda dalam produk makanan ringan ini. Ingat, inovasi membuat produk dan bisnis makin berkembang dan mampu bersaing secara kompetitif.

10. Manfaatkan Teknologi & Aplikasi

Jaman sekarang, teknologi sudah berkembang begitu cepat. Banyak aplikasi yang menawarkan bantuan dalam segi penjualan dan pencatatan bisnis. Selain pemasaran, pencatatan transaksi bisnis bukan hal yang harus dihindari. Justru menjadi hal yang penting untuk dilakukan secara berkala. Dengan begitu Anda dapat mengetahui perkembangan bisnis produk makanan ringan ini dan juga menjadi lebih cepat dalam memutuskan sesuatu, baik itu cara pemasaran lainnya, inovasi produk bahkan sampai masalah keuangan.

Itulah 10 strategi yang dapat Anda terapkan di bisnis produk makanan ringan ini. Semoga Anda dapat sukses menjalankannya dan terus menjadi pelaku usaha yang kreatif.
 
Loading...

Thread Terbaru

Top