Makanan Penurun Darah Tinggi Paling Efektif

Discussion in 'Health & Beauty' started by tinahsutinah, May 14, 2018.

  1. tinahsutinah

    tinahsutinah New Member

    Joined:
    Nov 16, 2017
    Messages:
    314
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Makanan Penurun Darah Tinggi Paling Efektif - Tekanan darah tinggi atau biasa disebut hipertensi adalah sejenis penyakit di mana kemunculannya terjadi tiba-tiba, bahkan penyakit ini disebut juga sebagai “pembunuh secara diam-diam”. Sebenarnya untuk dapat mengetahui apakah Anda mengalami hipertensi atau tidak, akan sulit diprediksi. Terkecuali dengan pemeriksaan pengukuran tekanan darah. Adapun salah satu penyebab seseorang mengalami hipertensi adalah dari faktor makanan. Faktor makanan ini memegang peranan penting sehingga perlu diperhatikan, terutama jika Anda gemar mengonsumsi makanan dengan kadar garam tinggi.

    Untuk Anda yang ingin terhindar dari hipertensi atau tekanan darah tinggi, cara yang paling tepat adalah dengan mengatur asupan makanan yang dikonsumsi. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi sejumlah makanan penurun darah tinggi yang efektif untuk mengendalikan tekanan darah Anda yang meningkat. Adapun makanan buah penurun darah tinggi tersebut di antaranya :

    1. Pisang

    Pisang merupakan si buah yang paling manjur untuk mengatasi hipertensi. Sebab pisang mengandung kalium dan potasium tinggi sehingga sangat baik bagi Anda yang mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi. Tak hanya itu saja, kandungan serat pada pisang sangat efektif untuk mengatasi berat badan yang berlebih sekaligus sebagai makanan untuk diet sehat.

    2. Alpukat

    Masih sejenis buah-buahan, selain pisang ternyata alpukat juga termasuk buah-buahan yang efektif untuk mengatasi hipertensi. Buah alpukat mengandung nilai gizi tinggi, di antara vitamin E, serat, kalsium dan vitamin C. Dengan senyawa yang terdapat pada alpukat inilah mampu membantu tubuh dalam cara menurunkan darah tinggi dan menyembuhkannya secara alami.

    3. Mengkudu

    Selain alpukat dan pisang, salah satu tanaman obat seperti mengkudu ini juga efektif menurunkan tekanan darah. Selain itu,mengkudu juga sangat efektif untuk mengobati beragam penyakit yang terjadi seperti diabetes, asam urat, kolesterol tinggi dll.

    4. Melon

    Buah-buahan yang efektif untuk mengatasi hipertensi berikutnya adalah buah melon. Buah melon ini tak hanya enak dan menyegarkan untuk dinikmati, melainkan buah ini juga efektif mencegah hipertensi. Karena melon mengandung potasium tinggi di dalamnya.

    5. Cokelat

    Seperti kita ketahui, cokelat mengandung antioksidan tinggi. Di mana zat antioksidan tinggi ini efektif untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi. Wajib diingat, dengan hanya memakan cokelat yang pahit atau cokelat murni bisa menghasilkan efek lebih optimal untuk menyembuhkan hipertensi.

    6. Yoghurt

    Yoghurt adalah salah satu produk dari olahan susu untuk makanan yang bisa membentuk otot. Di samping kadar lemak rendah, produk olahan susu yang satu ini juga bermanfaat seperti halnya susu, karena kandungan kalsium, kalium dan magnesium cukup tinggi di dalamnya. Dengan kandungannya inilah, yoghurt juga efektif untuk mengatasi hipertensi.

    7. Ikan Salmon

    Tak hanya buah-buahan dan produk olahan susu, ikan salmon juga efektif sebagai penurun hipertensi. Karena ikan salmon memiliki kandungan mineral dan vitamin begitu tinggi yang bisa menyembuhkan tekanan darah tinggi. Tak hanya itu, ikan salmon bisa dijadikan sebagai makanan yang menyehatkan.

    8. Susu Skim Bebas Lemak

    Seperti sudah kita bahas dalam produk yoghurt di mana susu memiliki kandungan kalsium dan magnesium yang efektif mengatasi hipertensi, hal ini tentunya terdapat pada susu skim bebas lemak. Susu skim tak hanya mengandung kalsium saja, tetapi juga vitamin D efektif menurunkan tekanan pada darah. Di samping itu, keuntungan lainnya adalah menyusutkan lemak di dalam tubuh sehingga penting untuk menurunkan berat badan atau sebagai makanan diet alami.

    9. Roti Gandum

    Makanan paling efektif untuk menurunkan tekanan darah berikutnya adalah roti gandum. Roti gandum tak hanya mengatasi hipertensi, tetapi juga mencegah tekanan darah tinggi pada tubuh.

    10. Minyak Zaitun

    Berbeda dengan minyak sayur atau minyak kelapa yang dijual di pasaran, minyak zaitun lebih menyehatkan untuk Anda yang hipertensi. Sebab minyak zaitun ini mengandung zat antioksidan begitu tinggi serta efektif menjaga kesehatan organ jantung. Untuk mengatasi hipertensi, ada baiknya mengganti minyak sayur Anda dengan minyak zaitun.

    11. Bayam

    Selain buah-buahan, ternyata Anda juga bisa memanfaatkan sayuran hijau seperti bayam untuk menurunkan hipertensi. Bayam mengandung sejumlah serat tinggi dengan kandungan kalium yang terdapat di dalamnya. Di mana kalium ini efektif untuk mengurangi efek pada hipertensi. Selain bayam, Anda juga bisa memanfaatkan buncis sebagai salah satu jenis sayuran hijau yang juga efektif menurunkan tekanan darah.
     


  2. Faiz

    Faiz New Member

    Joined:
    Aug 17, 2017
    Messages:
    221
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    3
    Location:
    Indonesia
    Wah sangat bermanfaat gan, izin share ya gan makasih infonya boy2:
     
  3. tinahsutinah

    tinahsutinah New Member

    Joined:
    Nov 16, 2017
    Messages:
    314
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Silahkan jika bermanfaat di share saja gan :)
     
  4. Fira Nem

    Fira Nem New Member

    Joined:
    Mar 24, 2018
    Messages:
    24
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    1
    Occupation:
    indonesia
    Location:
    indonesia
  5. Ita Maulani

    Ita Maulani New Member

    Joined:
    Nov 18, 2017
    Messages:
    63
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    1
    Pengaruhnya paling kuat adalah buah mengkudu. Ini berdasarkan pengalaman pribadi ayah saya mengonsumsi ramuan buah mengkudu untuk menurunkan darah tinggi. Saya sering membuatkan ramuan buah mengkudu untuk ayah saya. Ayah saya juga pernah mengonsumsi ramuan untuk darah tinggi dari bahan lain seperti daun seledri, bawang putih, dsb.

    Kini, obat herbal yang dibuat dari buah mengkudu tersedia di banyak toko obat herbal, bahkan di apotek. Dengan itu, kita tak perlu membuat sendiri ramuan buah mengkudu. Obat herbal buatan pabrik atau UMKM lebih higienes, lebih aman dan lebih nyaman. Harganya juga tidak mahal.
     
Loading...

loading...

Loading...

Share This Page