Makhluk Mitologi Yunani

teresastracke

New Member
1. Argus Panoptes
Argus Panoptes dalam mitologi Yunani adalah seorang Gigant bermata seratus yang berhasil membunuh Ekhidna.
Hera menyuruh Argus untuk mengawasi Io, yang telah diubah menjadi sapi oleh Zeus. Hera ingin menjauhkan Io dari Zeus. Dengan seratus matanya, Zeus tak akan bisa mengambil Io tanpa sepengetahuan Argus. Bahkan ketika tertidur, beberapa matanya tetap terbuka dan mengawasi Io.
Zeus kemudian mengutus putranya, Hermes, untuk membunuh Argus. Hermes menyamar sebagai seorang gembala dan menidurkan Argus dengan permainan musiknya. Hermes lalu membunuh Argus sehingga Io bisa terbebas. Setelah Argus mati, Hera mengambil semua mata Argus dan memasangnya pada ekor burung kesayangannya, merak.
2. Areion
Dalam mitologi Yunani, Areion adalah kuda abadi keturunan dewa. Areion lahir dari hubungan Demeter dan Poseidon.
Poseidon bernafsu pada Demeter dan mengejarnya. Demeter berusaha melarikan diri dengan berubah wujud menjadi kuda betina dan bersembunyi di antara kawanan kuda namun Poseidon mampu melihat penyamaran Demeter. Poseidon lalu berubah menjadi kuda jantan dan memperkosa Demeter. Dari hubungan tersebut lahirlah Areion. Areion sangat cepat dan mampu berbicara bahasa manusia.
3. Athos
Athos adalah salah makhluk dalam mitologi Yunani. Dia adalah salah satu dari Gigant(raksasa). Dia pernah melempar sebuah gunung pada Zeus namun gunung tersebut dipukul oleh Zeus sampai terjatuh di dekat Makedonia dan disebut Gunung Athos.
4. Babi Erimanthios
Dalam mitologi Yunani, Babi Erimanthios adalah makhluk yang harus ditangkap oleh Heraklesdalam rangka menyelesaikan tugas keempatnya.
Herakles mngunjungi Khiron terlebih dahulu untuk mendapatkan saran mengenai cara menangkap babi tersebut dan Khiron menyuruhnya untuk menggiring babi itu ke dalam salju tebal.
Pada pertengahan musim dingin, Herakles melakukan usahanya dan berhasil. Setelah menangkap babi tersebut, Herakles mengikat dan membawanya ke Euristheus yang takut dan bersembunyi.
Euristheus kemudian menyuruh Herakles untuk menyingkirkan binatang itu yang lalu dituruti oleh Herakles.
5. Babi Kalidon
Babi Kalidon adalah salah satu monster dalam mitologi Yunani yang harus ditangkap oleh para pahlawan.
Babi ini dikirim oleh Artemis untuk memporak-porandakan daerah Kalidon di Anatolia karena rajanya tidak menghormati para dewa.
Babi ini dibunuh dalam Perburuan Babi Kalidonyang melibatkan banyak pahlawan lelaki, tetapi yang menang justru adalah wanita yaitu Atalanta yang menggunakan panahnya.
Menurut Strabo, Babi Kalidon merupakan keturunan dari Babi Krommionia yang dikalahkan oleh Theseus.
 
Loading...

Thread Terbaru

Top