Manfaat Kesehatan Dalam Wudhu

Discussion in 'Health & Beauty' started by anda, Jan 6, 2019.

  1. anda

    anda New Member

    Joined:
    Dec 25, 2018
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Ketika masuk waktu shalat Setidaknya Umat Islam berwudhu lima dalam sehari. Ketika mereka hendak melaksanakan shalat fardhu lima waktu. dalam fiqih ada enam hal yang menjadi rukun wudhu. Yakni niat, membasuh muka, membasuh kedua tangan hingga siku, mengusap sebagian kepala, membasuh kedua kaki sampai mata kaki, dan tertib.

    Merupakan Sebagai salah satu syarat sah dalam shalat, maka seseorang yang hendak melaksanakan rukun Islam yang kedua tersebut harus wudhu terlebih dahulu. Jika tidak, maka shalatnya dianggap tidak sah. Kecuali kalau tidak ada air atau terkena penyakit, maka ia bisa mengganti wudhu dengan tayamum.
    https://www.berbagaimanfaat.me/2019/01/berbagai-manfaat-wudhu-buat-kulit.html?m=1

    Wudhu tidak hanya berfungsi sebagai sarana untuk membersihkan diri dari hadats kecil. Wudhu juga memiliki fungsi atau manfaat lainnya. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Abu Nujaih Amr bin Abasah al-Sulami, Rasulullah bersabda bahwa wudhu dapat menggugurkan atau menghapuskan dosa-dosa seseorang. Saat seseorang berwudhu, maka dosa-dosanya akan berguguran melalui anggota tubuh yang dibasuhnya.Baca selengkapnya di.....www.berbagaimanfaat.me
     


  2. Ita Maulani

    Ita Maulani New Member

    Joined:
    Nov 18, 2017
    Messages:
    97
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    1
    Occupation:
    blogger
    Location:
    Semarang
    Wadhu sebenarnya juga mengajarkan kita untuk selalu menjaga kebersihan. Mencuci tangan dan berkumur harus selalu dilakukan tiap kita akan beraktivitas atau setelah beraktivitas. Ingin makan, bersihkan dulu tangan. Habis memegang sesuatu, bersihkan tangan.

    Intinya, wudhu juga mengajarkan kita untuk selalu menjaga kebersihan. Baik kebersihan tubuh ataupun kebersihan lingkungan. Berkumur harus sering dilakukan, khususnya setelah makan untuk membersihkan mulut biar tidak terjadi banyak kuman yang membuat mulut bau akibat sisa makanan dan kena sakit gigi.

    Sayangnya, belajar tentang wudhu dan mengamalkan saat akan menjalankan shalat hanya formal berkaitan dengan ibadah. Tetapi filosofi perintah wudhu, hikmah yang harus dipetik, dsb, tak dikembangkan. Pemahaman perintah wudhu seharusnya dipelajari secara komprehensif dari banyak segi.
     
Loading...

loading...

Loading...

Share This Page