Manfaat Makanan Pokok Dan Lauk Pauk Untuk Pertumbuhan

Melly Triana

New Member
Dalam mendukung proses pertumbuhan anak yang optimal tentunya anak harus dibiasakan untuk makan makanan yang beraneka ragam dan dilengkapi oleh zat gizi yang berasal dari makanan berbagai jenis. Kita harus selalu ingat bahwa makanan yang dimakan anak harus mengandung zat tenaga, zat pembangun dan zat pengatur.

Oleh sebab itu, ketiga zat ini dapat berasal dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air. Untuk memenuhi semua kebutuhan tersebut, tentunya kita sebagai orangtua harus tahu acuan yang paling mudah untuk mengukur apakah makanan anak sudah mencukupi kebutuhan gizi atau belum?, dan acuan tersebut bisa melihat dari "Empat Sehat Lima Sempurna”. Artinya, makanan yang anak makan sehari-hari sebaiknya terdiri dari makanan pokok, lauk-pauk, sayur-sayuran, dan buah-buahan serta ditambah susu, itu lebih baik apalagi susu pertumbuhan anak seperti Dancow.

Adapun manfaat dari makanan pokok dan lauk pauk ini tentunya akan sangat berpengaruh bagi pertumbuhan anak. Berikut ulasannya.
  • Makanan Pokok
Makanan pokok adalah kelompok makanan dalam menu makanan kita sehari-hari yang memberikan sumbangan karbohidrat paling banyak. Manfaat utama makanan pokok adalah sebagai zat tenaga. Zat tenaga sangat penting bagi tubuh, yaitu untuk melakukan segala jenis kegiatan dalam kehidupan sehari-hari. Makanan pokok kebanyakan masyarakat Indonesia adalah beras yang dimakan dalam bentuk nasi. Selain beras, ada juga yang lainnya seperti jagung, ubi jalar, singkong dan roti juga umum disajikan sebagai makanan pokok diwaktu makan pagi. Namun untuk mendapatkan manfaatnya yang lebih baik jika pemberian makanan pokok untuk anak, ada baiknya diakhiri dengan pemberian minuman susu pertumbuhan anak yaitu Dancow.
  • Lauk-pauk
Lauk-pauk adalah kelompok makanan yang paling banyak memberikan sumbangan zat putih telur atau lebih dikenal dengan protein. Manfaat utama lauk-pauk adalah sebagai zat pembangun yang mana, dengan adanya lauk-pauk dalam menu kita sehari-hari tentunya dapat membentuk jaringan-jaringan baru. Akibatnya rambut tumbuh dengan subur, otot-otot badan lebih padat, kulit halus dan luka lebih cepat sembuh. Manfaat paling penting dari lauk-pauk adalah untuk pertumbuhan otak. Jadi, kalau anak anda ingin cerdas, harus banyak diberikan makanan lauk-pauk. Lauk-pauk ada yang berasal dari pangan nabati, ada juga yang dari pangan hewani. Lauk-pauk dari pangan nabati contohnya makanan yang dibuat dari kacang-kacangan, seperti tempe, tahu, dan oncom. Lauk-pauk dari pangan hewani contohnya telur, daging, ikan, belut, udang dan kerang.

Demikian ulasan mengenai manfaat makanan pokok dan lauk pauk untuk mendukung proses pertumbuhan anak yang optimal. Untuk mendukung proses pertumbuhannya yang cepat, anda bisa memberikan susu pertumbuhan anak yaitu dancow susu nutri+.
 
Loading...

Thread Terbaru

Top