Mau Tahu Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan? Simak Selengkapnya Disini

Discussion in 'General Discussions' started by Putri Hastuti, Feb 13, 2018.

  1. Putri Hastuti

    Putri Hastuti Member

    Joined:
    Feb 20, 2017
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Gender:
    Female
    Selaku orangtua, Anda harus mengetahui beragam hal yang dilakukan untuk merespon perkembangan bayi usia 3 bulan dan tindakan untuk melakukan pendidikan dasar. Ketika bayi berusia 3 bulan, dipastikan si kecil sedang belajar untuk menggerak-gerakan lehernya agar bisa menegakkan kepalanya ketika posisi tengkurap. Oleh karena itu, Anda dapat mendidiknya dengan cara meletakkan si buah hati pada posisi tengkurap, lalu rangsang si buah hati untuk bisa mengangkat kepalanya. Misal, Anda bisa memberikan iming-iming seperti mainan kesukaannya. Selain itu, Anda juga bisa menggerakan mainan tersebut dari kanan ke kekiri di depan mata si kecil. Hal ini bertujuan untuk melatih si kecil melihat lingkungan sekitar.

    Anda juga wajib memperkenalkan si kecil dengan suara-suara di sekitarnya, khususnya suara Anda sebagai orang tua dan suara keluarga lainnya. Caranya, ajaklah si kecil berkomunikasi. Nah, untuk lebih jelasnya tentang perkembangan bayi usia 3 bulan, bisa Anda simak dibawah ini:

    1. Kemampuan Indera

    Diusia ini, kemampuan bayi dalam hal penglihatan maupun pendengaran semakin sempurna. Bayi tiga bulan juga sudah mampu tersenyum dan menengok ke arah suara Anda selaku orang tuanya dan suka mendengar alunan musik semua genre. Bayi tiga bulan juga senang melihat kontras warna yang tajam seperti mainan yang memiliki kontras warna terang. Raut wajahnya semakin menarik hati dan jika Anda menatap matanya, maka si kecil akan kembali menatap kedua mata Anda.

    2. Kemampuan Motorik

    Otot leher bayi tiga bulan semakin kuat dan sudah bisa menopang kepala dengan posisi tegak. Bayi juga sudah mulai bisa menendang dan menjulurkan kaki.

    3. Komunikasi

    Bayi tiga bulan mulai memperlihatkan skill sosialnya. Bayi mulai melakukan interaksi dengan orang terdekat dan akan tersenyum untuk menunjukkan kegembirannya. Bayi sudah mulai berceloteh dan membuat beberapa suara vokal untuk melatih komunikasi.

    4. Tidur

    Jadwal tidur siang si kecil lebih teratur. Bahkan kebanyakan bayi tiga bulan akan tidur selama 1½ jam hingga 2 jam dalam beberapa kali per harinya. Sistem syaraf dan lambung si kecil juga semakin sempurna yang membuat tampungan susu lebih banyak dalam perutnya. Sehingga hal tersebut memungkinkan si kecil tidur lebih lama diantara 6 jam hingga 7 jam.

    Setiap bayi tentu memiliki perkembangan yang berbeda-beda satu dengan lainnya. Namun jangan khawatir bila Bayi Anda melewatkan perkembangan miletone tertentu, khususnya bagi bayi yang lahirnya prematur. Namun, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan para dokter spesialis anak bila Anda mengkhawatirkan perkembangan bayi usia 3 bulan jika si kecil belum mampu merespon suara, tersenyum, mengikuti objek dengan kedua matanya ataupun mencoba untuk merah objek.
     


Artikel Sponsor

loading...

Loading...

Share This Page