Membuat Boneka Tangan Sebagai Cara Mendidik Anak

Discussion in 'Edukasi' started by Melly Triana, Aug 5, 2016.

  1. Melly Triana

    Melly Triana New Member

    Joined:
    Feb 17, 2016
    Messages:
    414
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    3
    Mendidik seorang anak dapat dilakukan dengan cara yang dapat dipahami oleh anak-anak, tidak mudah memang untuk memberikan pengertian kepada anak tentang sesuatu yang boleh dan tidak boleh dilakukan karena biasanya usia anak-anak terutama di bawah 5 tahun mempunyai dunianya sendiri tanpa memperhatikan hal lainnya.
    [​IMG]
    Media yang dirasa menarik perhatian anak dapat anda aplikasikan dalam setiap kesempatan untuk mengajari sesuatu hal, dan media tersebut dapat berupa boneka tangan sebagai alat yang lebih efektif. karena biasanya anak-anak menyukai sebuah pola pengajaran yang menyenangkan yaitu sambil mendengarkan kisah yang dipraktekan melalui boneka tangan tersebut. selain itu agar anak merasa senang, anda dapat terlebih dulu mencari informasi mengenai cara membuat boneka tangan untuk dapat membuatnya bersama anak anda.

    Boneka tangan merupakan jenis mainan yang unik dan lucu karena dapat dimainkan sambil bercerita, dan tentunya anak-anak pun sangat suka untuk memainkannya bersama teman-temannya dengan memainkan boneka tangan karakter sesuai yang disukainya.

    Agar lebih menyenangkan, anda dapat membuatnya bersama anak, dengan terlebih dulu menyiapkan bahan yang diperlukan diantaranya kain flanel dengan warna sesuai selera minimal 2 atau 3 sesuai dengan karakter yang ingin dibuat, peralatan jahit seperti jarum dan benang yang sesuai warna kain. selain itu anda juga akan membutuhkan kertas bufallo dan bulpoin.

    Setelah mengetahui bahan yang harus dipersiapkan tersebut, berikut kami paparkan cara membuat boneka tangan dengan mudah.
    1. Terlebih dulu buat pola boneka yang ingin anda buat seperti buat pola kelinci atau pinguin, dan buat pola tersebut di atas kertas bufallo atau dapat juga menggunakan kertas lain yang sesuai. setelah itu anda dapat membuat pola yang sama di atas kain flanelnya

    2. Tahap selanjutnya gunting pola yang terdapat di atas kain flanel sesuai dengan bentuk boneka yang telah anda buat bersama anak.

    3. Gabungkan pola-pola tersebut menjadi satu dengan cara dijahit, namun sebelum anda menjahit pola badannya, ada baiknya untuk menjahit pola pendukungnya dulu seperti mata, kaki, hidung dan lainnya. namun jika anda menginginkan cara yang praktis, pola pendukung tersebut dapat anda tempelkan dengan menggunakan lem saja.

    4. Rapikan boneka tangan dengan sentuhan terakhir yaitu jahitan disekelilingnya terkecuali bagian untuk tangan biarkan terbuka, agar tangan mudah untuk memainkan boneka tersebut.
    Setelah mengetahui cara membuat boneka tangan tersebut, akan lebih efektif bagi anak anda apabila didukung dengan minum susu Dancow yang dapat mengeksplor kemampuannya supaya lebih kreatif dan mengingat dengan baik tahapan untuk membuat boneka tangan, sehingga dilain waktu Ia dapat membuatnya sendiri.
     


  2. Lentera

    Lentera blogger amatir

    Joined:
    Jul 2, 2015
    Messages:
    563
    Likes Received:
    66
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Indonesia
    Kalau ada gambar penunjang atau video lebih sip.....
     
Loading...

Loading...

Share This Page