Membuat Surat Referensi Yang Baik

Status
Not open for further replies.

Lentera

blogger amatir
Sebagai sarana komunikasi, surat dikatakan efektif apabila informasi atau pesannya ditangkap oleh penerima sesuai dengan yang dimaksudkan oleh pengirim surat. Seperti apa surat referensi yang baik?

Pembaca surat referensi umumnya akan menilai surat referensi berdasarkan kredibilitas pemberi referensi. Bila ada unsur kedekatan pribadi (keluarga, teman baik), maka efek surat referensi tidak sekuat bila pemberi referensinya adalah pihak yang lebih obyektif.

Surat referensi yang tepat, meliputi:
  • Ada penjelasan mengenai hubungan kerja antara pemberi referensi dengan individu yang mendapat referensi.
  • Hubungan kerjasama yang dilakukan antara pemberi referensi dengan Anda, lebih dari 6 bulan.
  • Menjelaskan lingkup tugas, peran yang Anda lakukan, dan durasi kerjasama yang telah terjadi.
  • Berisi kesan-kesan pemberi referensi selama bekerja sama dengan Anda.
  • Dituliskan dalam format & bahasa business letter, dengan singkat, padat, dan jelas.
Ketika Anda harus memberikan referensi:
  • Hindari menulis referensi dengan sistem template, karena setiap orang pasti memiliki keunikan tersendiri.
  • Menuliskan kelebihan penerima referensi dengan obyektif. Langsung mengarah kepada hal-hal yang sifatnya konsisten.
  • Meskipun setiap orang memiliki kelemahan, tidak perlu menyampaikannya di dalam surat referensi. Sebab surat ini berfungsi untuk melancarkan jalan seseorang di tempat kerja yang baru.
  • Segera membuat referensi yang diminta, merupakan bagian dari hak setiap pegawai (tetap maupun freelance) yang sudah mengakhiri masa kerja.
Sumber: http://www.femina.co.id/career/tip-menulis-surat-referensi-yang-baik
.
 
Status
Not open for further replies.
Loading...

Thread Terbaru

Top