Mengenal Desain Grafis Lebih Rinci

Status
Not open for further replies.

Masirwin

New Member
Desain grafis adalah sebuah bentuk komunikasi secara visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. Desain grafis diterapkan dalam desian komunikasi dan fine art. Seperti jenis desain lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (desain).


Seni desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.


Pada awalnya, desain grafis diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia.


Batasan dalam dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain itu sendiri. Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.


Tahukah Anda, Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna. Membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi (proportion) dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.


Peralatan yang digunakan oleh desainer grafis adalah ide, akal, mata, tangan, alat gambar tangan, dan komputer. Sebuah konsep atau ide biasanya tidak dianggap sebagai sebuah desain sebelum direalisasikan atau dinyatakan dalam bentuk visual.


Perancang grafis atau sering disebut dengan Desainer grafis (bahasa Inggris: Graphic Designer) adalah profesi yang menciptakan ilustrasi, tipografi, fotografi, atau grafis motion. Seorang desainer grafis menciptakan karya untuk penerbit, media cetak dan elektronik, seperti brosur dan mengiklankan produk. Mereka bertanggung jawab untuk sebuah tampilan agar tampak menarik, yang bisa diaplikasikan dalam berbagai bentuk materi promosi yang berkaitan dengan produk dan publik.


Perancang grafis menggunakan sketsa untuk mengeksplorasi ide-ide yang kompleks secara cepat, dan selanjutnya ia memiliki kebebasan untuk memilih alat untuk menyelesaikannya, dengan tangan atau komputer.


Daftar Software Desain Grafis

Ada beberapa software yang digunakan dalam desain grafis:

Desktop publishing

· Adobe Photoshop

· Adobe Illustrator

· Adobe Indesign

· Coreldraw

· GIMP

· Inkscape

· Adobe Freehand

· Adobe image ready

· CorelDraw

· Adobe Page Maker

· Paint Tool SAI

Webdesign

· Adobe Dreamweaver

· Microsoft Frontpage

· Notepad

· Adobe Photoshop

Audiovisual

· Adobe After Effect

· Adobe Premier

· Final Cut

· Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash

· Ulead Video Studio

· Magic Movie Edit Pro

· Power Director

Rendering 3 Dimensi

· 3D StudioMax

· Maya

· AutoCad

· Google SketchUp

· Light Wave

· Blender

· Softimage


Bila Anda ingin belajar desain grafis, Anda bias mengunjungi DUMET School yang berada di Kelapa Gading, Grogol, Tebet, Srengseng, dan Depok. Kursus Desain Grafis DUMET School memberikan 4 kelas pembelajaran yaitu Photoshop, Illustrator, InDesign, dan Flash. Anda juga dapat akses untuk belajar di DUMET School sepuasnya sampai bisa dan memiliki hasil karya. Anda pun dapat reseat (mengulang kelas) sepuasnya loch. Dan yang terpenting dibantu seumur hidup dan gratis konsultasi selamanya. Bonus untuk Anda selain ilmu adalah Sertifikat Graphic Design dengan nomor izin diknas.
 
Last edited by a moderator:
Status
Not open for further replies.
Loading...
Top