Mengenal penyakit GERD anxiety

lingshenyao

New Member
GERD (gastroesophageal reflux disease) merupakan penyakit asam lambung karena melemahnya katup yang berada di kerongkongan bawah. Pada kondisi normal, katup ini terbuka ketika makanan atau minuman dan akan tertutup untuk mencegah makanan naik ke kerongkongan. Namun, pada mengidap penyakit GERD, fungsi katup tersebut tidak maksima sehingga isi lambung termasuk asam lambung dapat naik hingga kerongkongan.Namun, ada juga yang disebut penyakit GERD anxiety. Apa itu GERD anxiety? Berikut info selengkapnya !



Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika GERD secara singkatnya adalah naiknya asam lambung hingga mencapai tenggorokan. Sedangkan anxiety adalah pennyakit gangguan kecemasan. Kedua keadaan ini sangat berkaitan, maka disebut GERD anxiety. Sebuah studi menunjukkan jika, gangguan kecemasan bisa memperparah penyakit asam lambung. Misalnya pada beberapa kasus stress dan gangguan kecemasan menjadi salah satu pemicu kuat asam lambung naik.

Sedangkan pada sisi lain, penderita GERD rentan mengalami stress, sehingga menyebabkan gangguan kecemasan. Sebuah riset pun menunjukkan jika stres dan gangguan kecemasan mampu memperburuk penyakit asam lambung. Seseorang yang mempunyai riwayat anxiety, pun berpeluang terserang GERD lebih besar.

Mengapa kedua penyakit ini berkaitan? Hal ini karena gangguan kecemasan dapat mengurangi tekanan di sfingter esofagus bawah/pita otot. Kedua bagian tersebut merupakan bagian yang mengatur terbuka atau tertutupnya klep pada esofagus. Ketika klep gagal menutup, maka asam dari perut pum dapat naik ke kerongkongan yang sama dengan kondisi GERD.


Ketika seseoreang stress atu mengalami gangguan kecemasan maka akan terjadi ketegangan otot, salah satunya otot didaerah perut. Gangguan kecemasan juga bisa meningkatkan asam lambung. Maka tidak heran jika penyakit GERD anxiety berkaitan.

Gejala yang timbul pada GERD anxiety sama seperti penyakit pada umumnya, yaitu :

  • Sulit menelan.
  • terasa seperti terdapat benjolan pada daerah tenggorokan.
  • Gangguan pernapasan. Misalnya batuk hingga sesak napas. Terutama jika penderita juga memiliki penyakit asma akan.
  • Suara serak.
  • Nyeri pada dada.
  • Ada sensasi panas, seperti terbakar pada dada.
  • Mual dan muntah.
  • Sakit pada tenggorokan.
  • Keluar isi lambung tanpa disadari.
  • Gangguan tidur.
  • Kerusakan pada gigi. Hal ini karena terlalu sering terkena asam lambung.
  • Bau mulut.
Jika mengalami gejala diatas jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan. Pengobatan yang dilakukan biasanya selama 2 minggu hingga lebih tergantung keadaan pasien. Selain perawatan, penderita GERD anxiety pun perlu memperhatikan beberapa hal. Seperti :

  • Mengonsumsi makanan yang sehat.
  • Hindari makanan pemicu.
  • Berolahraga dengan teratur
  • Sesekali lakukan teknik relaksasi. Misalnya 'pup' chi, yoga atau meditasi
  • Hindari konsumsi kafein dan alcohol.


Penyakit GERD sangat berhubungan dengan makanan yang dikonsumsi. Sehingga ada beberapa makanan yang perlu dihindari bagi penderita penyakit asam labung ini, yaitu :

Makanan yang digoreng
Dalam makanan yang digoreng, mengandung lemak yang bisa menyebabkan refluks asam lambung naik. Salah satu penyebab asam lambung tinggi yang satu ini sedikit sulit dihindari, karena kebanyakan orang gemar menjadikan gorengan sebagai camilan. Sebaiknya mulai sekarang dikurangi, apalagi bagi anda pederita sakit maag. Tidak hanya lemak pada gorengan, lemak pada daging dan produk susu tertentu juga bisa menjadi faktor pemicu jika konsumsi berlebihan.

Buah yang rasanya masam

Buah yang memiliki rasa masam memang segar, apalagi jika dijadikan jus atau minuman dingin. Tapi jangan salah, buah yang mempunyai rasa masam ini memicu asam lambung naik juga loh ! misalnya jeruk yang asam dan juga olahannya. Apalagi jika anda menkonsumsinya saat keadaan perut kosong, hal ini dapat menimbulkan sensasi panas dan terbakar pada lambung.

Makanan pedas

Bagi kebanyakan orang, tak lengkap rasanya jika makan tanpa tambahan rasa pedas. Namun hati-hati, makanan yang mempunyai rasa pedas juga dapat memicu asam lambung naik. Hindari atau anda bisa mengurangi makanan pedas untuk meminimalisir asam lambung naik. Pada keadaan lambung yang kurang baik dan ditambah makanan pedas, akan menimbulkan sensasi terbakar pada lambung hingga ke dada.

Cokelat
Siapa yang tidak suka cokelat? Sepertinya hampir semua manusia di dunia menyukai makanan yang satu ini ya ! Tapi sayang, bagi anda yang mempunyai masalah lambung, sepertinya harus mengurangi makanan yang satu ini ya. Cokelat mengandung theobromine dan kafein, kandungan inilah yang menjadi penyebab asam lambung tinggi.



Jika sebelumnya, ada makanan yang perlu dihindari kali ini justru maknaan yang dianjurkan. Beberpa jenis makanan ini dipercaya dapat bmembantu menurunkan asam lambung sehingga mencegah GERD kambuh. Berikut beberapa makanan yang disarankan untuk penderita GERD :

Air kelapa
Air kelapa mempunyai kandungan banyak mineral dan juga senyawa yang menenangkan sistem pencernaan. Manfaat dari air kelapa untuk asam lambung tak hanya itu saja loh ! air kelapa juga dapat membantu menghilangkan radikal racun di dalam tubuh. Air kelapa juga mampu mengurangi peradangan pada lambung. Untuk penderita GERD juga disarankan konsumsi segelas air kelapa dalam sehari selama 2 minggu. Maka GERD akan lebih jarang kambuh.

Oatmeal
Tak hanya bagi yang menjalani program diet, oatmeal juga makanan yang baik untuk lambung. Oatmeal kaya akan serat, hal ini membuat lambung tidak terlalu keras untuk memprosesnya penyerapan oatmeal. Menkonsumsi oatmeal juga dapat mengurangi gejala reflux dan membuat kita kenyang lebih lama.

Jahe
Beberapa jamu sering kali manambahkan jahe sebagai bahan karena kasiat yang baik bagi tubuh. Jahe juga termasuk makanan untuk menurunkan asam lambung. Kandungan anti inflamasi pada jahe mampu mengatasi gangguan pencernaan. Untuk mencegah asam lambung naik, anda bisa minum air rebusan jahe setiap pagi. Jika anda tidak kuat dengan rasa pedasnya, anda bisa menambahkan gula jawa atau madu. Selain menurunkan asam lambung, rebusan jahe juga bisa menghangatkan tubuh.

Sayuran hijau
Sayuran hijau memang dikenal baik untuk kesehatan dan juga salah satu makanan untuk menurunkan asam lambung. Beberpa sayuran seperti selada, buncis, timun, asparagus dan brokoli dipercaya dapet menurunkan asam lambung.

Daging tanpa lemak
Siapa bilang penderita maag tidak boleh makan daging? Makan daging di perbolehkan, dengan catatan daging yang dikonsumsi dagig tanpa lemak. Karena yang dapat memicu asam lambung naik adalah lemak dan minyak dari olahan daging tersebut. Untuk menyiasatinya anda bisa konsumsi daging tanpa kulit dan pengolahannya jangan digoreng. Atau agar lebih aman anda bisa konsumsi daging ikan.

Pisang
Pisang merupakan buah pereda maag yang mudah di dapatkan. Hal ini karena pisang mengandung pH sekitar 5,6 yang baik untuk lambung. Selain buah pisang, buah apel, pir dan melon juga bagus untuk menurunkan asam lambung.

Roti
Roti merupakan makanan untuk menurunkan asam lambung juga. Roti yang dikonsunsi juga disarankan roti gandum. Pada roti gandum, mengandung serat yang baik untuk kesehatan lambung.
 
Last edited:
Loading...

Thread Terbaru

Post Terbaru

Top