Mengenal perbedaan background dan foreground pada foto

Discussion in 'Fotografi' started by Alexanderkus, Sep 17, 2015.

  1. Alexanderkus

    Alexanderkus New Member

    Joined:
    Feb 28, 2015
    Messages:
    242
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    3
    Occupation:
    photographer
    Location:
    cilacap
    [​IMG]

    Dunia fotografi itu luas dan ada banyak hal yang harus dipelajari. Bahkan terkadang ada saja hal-hal sepele yang sebenarnya cukup vital namun sering terlupakan, dan kebanyakan fotografer pemula terfokus pada hal-hal yang lebih kompleks atau terlihat besar. Salah satu contohnya adalah tentang pemahaman background dan foreground, sebuah pembahasan ringan namun jika Anda belum benar-benar paham tentu Anda belum menjadi fotografer handal. Yang perlu Anda ketahui bahwa dalam dunia fotografi, background serta foreground memiliki peran yang sangat penting untuk menghasilkan foto lebih menarik, berdimensi dan juga berkesan realistis. Bahkan dengan menempatkan background dan foreground pada foto dapat menambah nilai artistik dari sebuah foto.

    Berikut ini kita akan membahas sebuah pembahasan ringan tentang background dan foreground, baik itu perbedaannya maupun tentang bagaimana tips penempatannya:

    - Background

    Background dalam bahasa Indonesia berarti latar belakang. Dalam sebuah foto dipastikan memiliki sebuah latar belakang dari objek utama. Sebagai contoh Anda memotret seseorang wanita diperkebunan, maka yang menjadi background adalah area perkebunan, atau apa saja yang terlihat dibelakang objek utama. Banyak orang memanfaatkan background untuk menunjukan dimana mereka berada, semisal ketika sedang berwisata atau mengunjungi tempat menarik. Background mengindikasikan bahwa seseorang pernah berada ditempat tertentu, berada didekat tempat tertentu maupun melihat tempat tertentu. Sebuah foto kehilangan background ketika objek yang di adalah elemen yang datar (flat) seperti dinding, memotret tanah dari atas, dan segala objek yang tidak memungkinkan adanya latar belakang.

    [​IMG]

    Menempatkan background sebenarnya bukan masalah yang rumit atau sulit. Anda tinggal menempatkan objek dimana bisa background menarik terlihat. Hanya itu saja sebenarnya, namun banyak fotografer yang akhirnya menginginkan foto kreatif dengan menggunakan lensa tertentu agar background terlihat kabur (blur) sementara objek utama terlihat tajam. Foto semacam ini disebut foto bokeh dengan kedalaman ruang tipis. Tinggal penempatan komposisi yang sesuai selera agar terlihat lebih nyaman seperti memperhatikan garis lurus maupun mematuhi peraturan rule of third.

    - Foreground

    Foreground dalam bahasa Indonesia berarti latar depan, jadi kebalikannya dari background. Jika background terlihat dibagian belakang dari objek utama, maka foreground sudah pasti berada dibagian depan objek. Ya, dibagian depan dan penempatannya sebenanrya bisa cukup menarik namun banyak fotografer yang enggan menempatkan foreground. Sebagai contoh foreground adalah ketika Anda memotret manusia ditaman, dengan latar belakang tumbuh-tumbuhan namun didepan objek terdapat tumbuhan lagi meski tidak sampai menutupi objek utama. Itulah yang disebut foreground. Terkadang foreground sering terlihat pada jenis foto tertentu seperti foto landscape, arsitektur bahkan modeling.

    [​IMG]

    Penempatan foreground diusahakan tidak sampai mengganggu objek utama, apalagi sampai menutupi penuh objek utama. Itulah mengapa benda foreground bisa ditempatkan pada sisi samping depan objek. Sama seperti penempatan background, foreground juga akan lebih menarik jika dijadikan blur dengan lensa tertentu. Efek semacam ini menghasilkan point of interest yang lebih jelas pada objek utama.

    Pada akhirnya penempatan, efek dan komposisi background maupun foreground sesuatu yang harus dipikirkan fotografer agar menarik. Pembahasan yang ringan, namun cukup membantu agar Anda bisa lebih mengeksplore objek dan mempercantik foto. Keduanya memang ampuh menghasilkan dimensi pada foto yang sebenarnya adalah 2 dimensi.
     


Loading...

Loading...

Share This Page