Menikmati Kota Batu Kuno, Cappadocia Turki

newspirit

New Member
Berkunjung ke Negara Turki, rasanya belum lengkap jika belum menginjakkan kaki ke Cappadocia. Sebuah kota yang terkenal akan batu kuno layaknya jaman Fred Flinstone. Saat tiba di sini wisatawan akan dibuat takjub oleh bangunan-bangunan yang terbuat dari pahatan batu kuno. Menariknya lagi kota Sang Flinstones ini memiliki struktur kota bawah tanah, dengan bangunan tingkat 11 kebawah. Waah suasananya jadi semakin klasik bukan?

Cappadocia Turki, Negeri Sang Flinstones.
Sebutan Negeri Sang Flinstones ini dilatarbelakangi oleh wilayahnya yang dipenuhi dengan batu kuno. Warna batu abu-abu kecoklatan membuat pengunjung seolah-olah hidup di jaman Flinstone. Selain wisata darat, pengunjung bisa menipak sejarah dari kota Kapadokya atau Land of Beatiful Horses.
Negeri Sang Flinstones ini memiliki lahan yang luas, sehingga bisa menampung ribuan keluarga dengan jumlah 50.000 orang. Hal ini membuat UNESCO menetapkan kota bawah tanah ini sebagai salah satu World Heritage Site.

Sejarah Cappadocia Turki
Siapa yang menyangka jika wilayah Tengah Turki ini memiliki kota unik seperti Land of Beatiful Horses di Provinsi Nevsehir. Land of Beautiful Horses ini merupakan sebutan warga lokal yang berarti pulau dengan kuda-kuda indah. Awalnya kota ditemukan pada tahun 1700 SM oleh Kerajaan Hittiites, sang imperium termaju dunia kuno.
Menurut sejarah kota dengan kondisi geografis batu karang lembut ini dipenuhi gua-gua besar sebagai rumah atau tempat berlindung. Gua tersebut merupakan pahatan dari bebatuan akibat erupsi Gunung Berapi ribuan tahun silam. Dan seiring berjalannya waktu membentuk formasi bebatuan kuno yang unik akibat cuaca alam seperti hujan dan angin. Julukan kota Flinestone menjadi melekat akibat film dari manusia gua tersebut.
Uniknya lagi gejala alam tersebut justru menghasilkan atap rumah yang unik karena terjadi penghalusan permukaan. Bentuk atap rumah menjadi seperti cerobong peri atau “fairy chimney” dengan varian bentuk seperti jamur atau topi kerucut.

Akses Menuju Kapadokia
Cappadocia terletak di sebuah lembah ngarai di Anatolia Tengah, Provinsi Nevsehir. Wilayah perbukitan ini berada pada 200 mil selatan Ankara. Kawasan ini merupakan wilayah dari Pegunungan Taurus hingga Laut Hitam atau Euxine.
Untuk bisa menuju tempat ini, wisatawan bisa naik bus, pesawat terbang maupun kereta. Jika menggunakan bus wisatawan akan menempuh perjalanan selama 10-11 jam dari Istanbul. Namun jika wisatawan dari Ankara cukup dengan 5-6 jam saja.

Daya Tarik Land Of Beautiful Horses
Kota bawah tanah ini disebut sebagai salah satu daerah pendengar berita Injil dalam kisah para rasul di Alkitab Kristen. Selain itu kota ini juga memiliki daya tarik luar biasa yang memikat wisatawan, diantaranya :
  • Sarang semut tertutup salju
  • Ketika musim dingin tiba, atap-atap rumah yang mirip sarang semut ini akan tertutupi oleh salju. Kebayang kan betapa menariknya?
  • Pemukiman bawah tanah
  • Pemukiman bawah tanah ini selain wisata alam juga menjadi wisata edukasi bagi para arkeolog yang melakukan sebuah penelitian.
  • Bulan di permukaan bumi
  • Daratan yang tandus dipenuhi bebatuan tanpa ada sebatang pohon pun membuat kota ini bagaikan bulan di permukaan bumi
  • Balon udara
  • Untuk menikmati pemandangan alam perbukitan Kapadokia, pihak pengelola pariwisata telah menyiapkan balon-balon udara.
  • Pottery Kebab
  • Turki terkenal akan kebabnya, jadi sangat disayangkan jika wisatawan melewatkan kebab khas kota Kapadokia yang bernama Pottery Kebab.
Menikmati keindahan panorama alam di Cappadocia tentu menjadi petualangan yang seru. Jadi sudahkan Anda merencanakan untuk mengunjungi kota bawah tanah ini? Hayatuntour.com
 

OmTon

New Member
Kirain kota Batu Malang :). Btw terimakasih telah share info tempat menarik di Turki ini. Walau untuk berkunjung kesana kayaknya susah karena berat diongkos, setidaknya menambah wawasan
 
Loading...

Thread Terbaru

Post Terbaru

Top