Menurut Psikolog, Begini Harusnya Cara Mendidik Anak

Discussion in 'Family & Parenting' started by Akmal Bahtiar, Dec 15, 2017.

  1. Akmal Bahtiar

    Akmal Bahtiar New Member

    Joined:
    Jul 27, 2017
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Tantangan utama orang tua yaitu membesarkan anak dengan cara mengajar si kecil yang baik dan benar dan dikehendaki kedua pasangan. Ini sebab hal yang diajarkan terhadap si kecil sejak dini bisa merekat hingga ia dewasa.

    Cara Mengajar Buah Hati Yang Bagus

    Tiap pasangan tentu memiliki cara mendidik yang berbeda kepada anak. Berdasarkan psikolog, Diana Baumrind, orang tua mempunyai tiga metode pola asuh. Manakah yang menjadi gaya mengasuh Ayah dan Ibu?

    Otoriter

    Ini yaitu bentuk yang benar-benar ketat. Orang tua memutuskan regulasi dengan harapan si kecil-buah hatinya dapat mengikuti hukum hal yang demikian. Seandainya tak meniru regulasi, buah hati-buah hati lazimnya akan mendapatkan sanksi.

    Orang tua yang mengikuti gaya ini umumnya tidak berdebat atau membicarakannya terutamanya dulu dengan si kecil. Buah-si kecil akan ditarik dan mungkin tidak dapat berdaya upaya untuk diri mereka sendiri. Ini sebab mereka tak pernah diberi kesempatan berdialog dan mengeluarkan keluhannya.
    Jika ini yakni gaya pola asuh Mam, coba ajak si kecil untuk bisa mengeluarkan ide-ide dan pendapat. Sekiranya si kecil tak memahami kenapa mereka patut disiplin, coba jelaskan apa alasan Mam menetapkan tata tertib hal yang demikian.

    Demokratis

    Cara Gaya pengasuhan seperti ini mempertimbangkan tata tertib dan petunjuk untuk si kecil-buah hati mereka, melainkan tak diktator. Orang tua jauh lebih terbuka untuk memperdengarkan perkataan si kecil dan memahami kebutuhan mereka. Jika melanggar tata tertib, anak-buah hati akan ditegur dengan metode halus dan tidak menggunakan kekerasan.

    Meskipun memantau dan mengawasi perilaku buah hati, orang tua tidak akan ikut serta campur dalam kehidupan anak umpamanya saat mencari teman. Orang tua baru akan ambil langkah seandainya merasa anak dalam kondisi bahaya. Metode ini dianggap sebagai gaya pengasuhan paling ideal dan paling biasa dilaksanakan.

    Serba memperkenankan


    Si-buah hati yang dibesarkan dalam gaya permisif akan menampilkan kecenderungan manja dan mengganggu. Kecil juga akan cenderung bertindak buruk apabila tak menerima apa yang diinginkan. Ini sebab orang tua dengan jenis seperti ini tidak menentukan batasan atau regulasi.

    Meskipun ada regulasi, si kecil lazimnya akan melanggar. Seandainya ini menjadi gaya pola asuh Mam, buat aturan yang harus dipatuhi anak dan jangan menyerah. Terkadang Mam bisa memberikan hadiah kepada si kecil jikalau ia bertindak baik. ini bagus untuk masa depan si kecil di kala menghadapi “dunia kongkrit” saat tak seluruh orang dapat memperlakukan ia seperti Mam.

    Nah, itulah beberapa cara membuat anak memiliki sikap dan perilaku yang terkontrol dan terdidik yang bisa diterapkan oleh kedua orang tua. Anda berhak menentukan bentuk pendidikan anak saat masih kecil.
     


Loading...

Loading...

Share This Page