Metode Penyembuhan Cedera Tendon Paling Ampuh

Discussion in 'Health & Beauty' started by hidupsehat, Jun 14, 2019.

  1. hidupsehat

    hidupsehat New Member

    Joined:
    May 7, 2019
    Messages:
    33
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Tulang dan otot kita terhubung oleh sebuah jaringan yang bernama tendon. Ketika beraktivitas berat atau berolahraga, terkadang kita bisa melukai tendon kita sendiri sehingga terjadi cedera tendon.

    Pada cedera tendon, biasanya ditemukan tendon dalam keadaan robek atau putus. Mengapa demikian? Kerja tendon dapat dikatakan sangat berat. Beban yang ditanggung oleh tendon bisa mencapai 5 kali berat badan seseorang.

    Tendon yang sering mengalami cedera yaitu tendon pada paha depan, tumit, bahu, dan juga lengan atas.

    Mengatasi cedera tendon

    Saat terjadi cedera tendon biasanya seseorang akan merasakan rasa sakit yang amat hebat. Bahkan bisa jadi seseorang tidak mampu menggerakan kaki atau tangannya tergantung bagian tendon yang cedera.

    Namun, ada tips yang dapat Anda gunakan ketika Anda atau orang di sekitar Anda mungkin saja terkena cedera tendon. Metode ini disebut RICE.

    Rest (Istirahat)

    Istirahatkan bagian anggota gerak yang mengalami cedera tendon. Minimalkan gerakan pada daerah yang cedera.

    Khusus pada cedera tendon paha depan, sebaiknya posisikan kaki lurus dengan lutut tidak tertekuk. Pada cedera tendon lengan atas, posisikan lengan atas menekuk 90 derajat.

    Ice (Es)

    Berikan es pada bagian yang nyeri. Bungkus es dengan kain atau plastik atau gunakan ice pack yang bisa digunakan berulang. Hindari kontak langsung es dengan tubuh karena dapat memperburuk kondisi cedera jika dibiarkan terlalu lama.

    Compression (Kompresi)

    Berikan penekanan pada daerah yang cedera dengan membalutnya menggunakan perban elastis. Pastikan tidak membalutnya terlalu ketat agar peredaran darah tidak terganggu. Biasanya tanda perban terlalu kencang adalah ujung jari mulai terlihat pucat atau penderita cedera tendon merasakan kesemutan setelah diperban.

    Elevation (Elevasi)

    Jika mungkin, angkat bagian yang terkena cedera tendon sampai lebih tinggi dari posisi jantung. Hal ini membantu mengurangi pembengkakkan pada daerah yang sakit.

    Anda dapat menerapkan metode RICE ini di mana saja dan kapan saja Anda menemukan seseorang dengan kemungkinan cedera tendon. Penanganan awal yang tepat dapat meminimalisasi kerusakan tambahan saat menuju rumah sakit untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.
     


Loading...

Loading...

Share This Page