Mitos Aneh Tapi Dipercayai Mengenai Asuransi Mobil

hersam

New Member
Setelah adanya fasilitas pengajuan secara online, semakin banyak orang yang tertarik mengambil asuransi mobil ACA. Dengan fasilitas ini, mereka merasa semakin dipermudah ketika ingin mengasuransikan mobil mereka.

Akan tetapi, masih banyak yang tidak mau mengambil asuransi. Padahal, fasilitas layanan semakin ditingkatkan, premi asuransi semakin terjangkau, dan covering pun semakin luas.

Banyak alasan yang mereka miliki. Namun, dari sekian banyak alasan tersebut, ternyata ada yang termakan oleh mitos. Sampai saat ini, masih ada saja mitos mengenai asuransi mobil yang sudah dikonfirmasi ketidakbenarannya. Sayangnya, sudah saking mengendapnya mitos asuransi mobil di benak banyak orang membuat mereka susah untuk menerima fakta yang sebenarnya.

Padahal, sudah semakin masif media memberitakan mengenai manfaat asuransi mobil ACA. Sayangnya, itu sudah belum cukup untuk menghapus mitos mengenai asuransi mobil.

Jadi, Masih Percaya dengan Mitos?

Cukup disayangkan jika generasi milenial yang merupakan generasi yang melek teknologi dan informasi masih termakan mitos. Apa saja mitos yang masih diterima masyarakat mengenai asuransi mobil ini?

Premi Asuransi Mobil Baru Sangat Mahal
Memang ada alasan mengapa premi asuransi mobil baru itu cukup tinggi. Ada risiko penggantian sparepart yang mahal. Biasanya, semakin berteknologi fitur atau sparepart di sebuah mobil, maka semakin mahal juga harganya.

Akan tetapi, mobil baru tidak selalu preminya tinggi. Perusahaan asuransi tidak hanya menentukan premi berdasarkan potensi covering yang harus mereka tanggung. Tidak hanya itu. Ada faktor lain. Contohny saja fitur keamanan.

Semakin canggih dan lengkap fitur keamanan yang ada di sebuah mobil, maka ini membuat semakin rendah premi asuransinya. Pasalnya, semakin rendah juga risiko mobil tersebut dicuri. Pencuri akan lebih kesulitan untuk mencuri mobil terbaru dengan fitur keamanan terlengkap.

Jadi, masih percaya bahwa premi asuransi mobil baru itu mahal? Jika tidak percaya, cek saja berapa premi asuransi mobil ACA.

Mobil Warna Mentereng Preminya Mahal
Satu lagi mitos yang masih banyak dipercaya. Yaitu mengenai warna mobil. Hal ini membuat beberapa orang berpikir panjang sebelum memilih mobil warna menterang, terutama warna merah. Mereka khawatir warna tersebut membuat premi asuransi mobil tinggi.

Faktanya tidak. Warna mobil tidak menentukan berapa premi asuransi mobil Anda. Yang menentukan adalah tipe mobil, tahun pembuatan mobil, area plat nomor, tipe asuransi yang Anda pilih, serta penggunaan.

Pengajuan Klaim Dipersulit
Dari sekian banyak mitos, yang satu ini yang paling mempengaruhi rendahnya minat masyarakat mengambil polis asuransi mobil. Memang ada banyak orang yang mengajukan klaim dan akhirnya ditolak. Hal ini bukan disebabkan perusahaan mempersulit. Sama sekali tidak. Pasti ada hal yang menyebabkan klaim ditolak.

Kasus yang paling sering terjadi adalah kelalain. Ada pengemudi yang mengalami kecelakaan di jalan raya. Lalu pengemudi tersebut mengajukan klaim karena ia sudah mengambil polis asuransi asuransi mobil ACA.

Akan tetapi, setelah pemeriksaan, kecelakaan tersebut disebabkan oleh kelalaian si pengemudi. Misalnya saja mengemudi dalam keadaan mabuk.

Atau bisa saja saat mengemudi tidak membawa surat-surat kendaraan. Hal sepele ini biasanya juga menyebabkan klaim ditolak.

Jadi, bukan masalah pengajuan klaim yang dipersulit. Sama sekali tidak. Harus dibedakan antara pengajuan klaim yang dipersulit dengan syarat klaim yang tidak lengkap atau klaim tidak memenuhi syarat.

Jadi, pertanyaannya adalah apa Anda masih percaya dengan mitos-mitos tersebut?

Akibat Mitos yang Banyak Dipercayai

Sebenarnya, mitos tersebut di atas tidak langsung mempengaruhi rendahnya keinginan masyarakat untuk mengajukan polis asuransi mobil. Karena memang dari awal banyak masyarakat yang tidak terlalu tertarik. Hanya saja, mitos semakin memperkuat mereka untuk tidak perlu mengajukan polis asuransi.

Akan tetapi, sekarang perubahan terjadi. Setidaknya, sekarang ini semakin banyak orang yang mengajukan polis asuransi mobil ACA. Khususnya sebelum mudik, banyak orang yang mengajukan asuransi secara online.

Apalagi sekarang ini ada dua tipe asuransi yang ditawarkan. Ada asuransi dengan premi yang cukup ringan, yaitu tipe asuransi TLO. Ini asuransi Total Loss Only di mana covering hanya diberikan ketika terjadi kerusakan parah atau pencurian mobil.

Ada juga tipe asuransi yang kedua yang preminya sedikit lebih mahal, yait All Risk. Ini tipe asuransi yang memberikan covering semua jenis kerusakan.

Dari kedua tipe asuransi tersebut, All Risk yang paling banyak diminati. Apakah ini juga yang perlu Anda pilih? Tentu saja tidak. Lebih bijak jika Anda menentukan pilihan sesuai dengan kebutuhan. Apakah proteksi menyeluruh yang Anda butuhkan atau proteksi sebagian saja.

Dan yang tak kalah penting lagi, tentukan pilihan sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Untuk itu, baiknya Anda cek dulu premi asuransi Anda. Kunjungi situs www.cekpremi.com dan lakukan simulasi, berapa premi asuransi mobil Anda jika Anda memilih All Risk dan TLO.

Yang pasti, manfaat memiliki polis asuransi itu sangat banyak. Puluhan bahkan jutaan rupiah bisa Anda dapatkan jika terjadi kecelakaan yang menyebabkan mobil Anda rusak. Jelas ini jauh lebih besar dibandingkan dengan premi yang Anda bayar.

Anda tidak akan merasa berat karena premi harus Anda bayarkan setiap tahunnya. Anda hanya perlu melakukan managemen keuangan. Budgetkan sejumlah uang untuk kendaraan Anda, yaitu untuk membayar pajak tahunan dan juga membayar asuransi mobil ACA. Dengan demikian, Anda tidak akan merasa berat untuk membayar premi setiap tahun
 
Loading...

Thread Terbaru

Top