Olympia Plaza, Mall Tertua Di Kota Medn

tobawisata

New Member
Eksistensi kota Medan sebagai kota nomor tiga terbesar di Indonesia, dan juga menyandang status kota metropolitan, Kota Medan tidak terlepas dari perkembangan pembangunan mall/super market atau pun tempat perbelanjaan modern. Sejak tahun 80-an hingga sekarang Medan terus mengalami kemajuan pembangunan mall bahkan sampai di sudut kota.Seiring dengan itu, program paket tour medan mencakup aspek wisata belanja sebagaimana yang ada di negara lain seperti Malaysia dan Singapura juga.

Bila kita pelajari dengan seksama, mall tertua di Kota Medan terdapat tiga mall yang bisa dikategorikan berusia tertua di Kota Medan, yakni Deli Plaza, Medan Plaza dan Olympia Plaza. Namun dari ketiga mall tersebut tinggal satu yang masih terus beroperasi hingga saat ini, yaitu Olympia Plaza meskipun tidak sehebat dulu di tahun 90-an

Seperti yang diketahui dua mall yang sudah tidak beroperasi lagi, ada yang dijual dan ada yang mengalami musibah kebakaran.

Olympia Plaza, diresmikan oleh Walikota Medan, pada tanggal 22 juni 1984, sempat menjadi favorit warga Kota Medan di era tersebut. Setiap harinya selalu dipenuhi warga dari yang sekedar jalan-jalan, berbelanja, bermain di wahana permainan dan bahkan untuk menikmati hiburan malam. Dan di akhir minggu pengunjung yang datang ‘membludak’ hingga berkali-kali lipat. Melihat kondisi saat ini, mall-mall yang eksis dalam paket city tour medan telah berubah yaitu Medan Mall berlokasi di sebelah kanan Olympia Plaza, Center Pint Mall, Sun Plaza dan Medan Fair Plaza.

Bangunan Olympia Plaza dulunya memiliki 9 lantai. Yang semuanya produktif beroperasi. Mulai dari lantai 1 hingga lantai 3 berfungsi sebagai jualan kain dan pakaian, lantai 4 difungsikan sebagai swalayan, lantai 5, sebagai arena bermain, mulai dari video game, becak-becakan, kuda goyang, dan lain sebagainya. Lantai 6, dikondisikan sebagai bioskop. Sementara, lantai 7 hingga 8 difungsikan sebagai tempat hiburan mulai dari kafe hingga diskotik.

Namun yang terjadi di era tersebut, sekarang meredup, salah satu plaza tertua yang terletak di jalan MT Haryono ini tergerus karena kerasnya persaingan dunia hiburan skala mall di Medan. Bahkan saat ini hanya dua lantai yang produktif beroperasi, sisanya kosong melompong dan tidak ada aktivitas sama sekali.

Saat ini yang mendatangi Olympia Plaza adalah mereka yang memiliki keterkaitan bisnis yang terpelihara dari zaman dahulu. Para pendatang baru ke Kota Medan termasuk wisatawan yang sedang mengikuti paket wisata medan tidak akan masuk ke dalam mall ini, karena tidak ada update informasi tentang sesuatu yang menarik di dalamnya. Apalagi kaum millenial saat ini mengingingkan tempat yang mewah dan berkelas.

 
Loading...

Thread Terbaru

Post Terbaru

Top