Pahami Bahaya Endometriosis dan Makanan Untuk Mengatasi-nya

lingshenyao

New Member
Tumor jinak yang menyerang sistem reproduksi wanita disebut miom. Kadang jika miom berukuran kecil maka bisa juga tumbuh tanpa gejala, tetapi jika sudah membesar ukurannya maka bisa menyebabkan rasa sakit yang hebat beserta dengan gangguan kesuburan. Jalan pintas untuk menghilangkan miom ialah melewati operasi.
Perubahan pola makan juga bisa membantu proses penyembuhan miom agar lebih cepat. Namun ketika anda menderita miom, anda harus menghindari beberapa makanan ini karena merupakan Contoh Makanan Pantangan Kista :

Contoh Makanan Pantangan Kista

1. Kacang Kedelai

Jenis kacang kedelai memiliki kandungan sejenis fitoestrogen yang bisa menyebabkan peningkatan proses estrogen serta xenoestrogens dalam tubuh. Kondisi ini sendiri menyebabkan kondisi ketidak seimbangan hormon yang dapat memicu kista ovarium menjadi lebih parah.

2. Makanan Olahan Wadah Plastik
Jenis makanan olahan juga wajib dihindari karena kemasan-nya yang terbuat dari bahan-bahan seperti plastik. Hal ini dikarenakan makanan yang harus di microwave tersebut telah terpapar kandungan kimia yang ada di wadah plastiknya. Sehingga akan menyebabkan partikel-partikel kimia tersebut menempel dan masuk ke dalam tubuh saat dimakan. Sebisa mungkin juga coba untuk menghindari minum melalui botol atau kemasan plastik karena bisa terkontaminasi berbagai zat kimia yang ada di kemasan.

3. Makanan Goreng / Bakar
Jenis makanan yang disajikan dengan cara bakar dan goreng bisa menjadi berbahaya. Hal ini karena jenis makanan ini mengandung tingkatan kolesterol yang tinggi. Untuk pendertia kista sendiri sangat dianjurkan untuk menghindari jenis makanan ini dan mulai mengkonsumsi makanan yang direbus atau tim.

4. Sayur
Sayur-sayuran seperti sawi putih, kangkung, dan tauga menjadi pantangan kista berikutnya karena kandungan dalam sayuran ini bisa mendukung perkembangan kista menjadi semakin cepat. Hal ini dikarenakan kandungan sawi dan kangkung yang memiliki efek buruk dalam penyerapan obat medis untuk kista sehingga efeknya tidak akan maksimal.

5. Buah
Buah-buah seperti nanas, duku, durian, kelengkeng, dan nangka juga dapat berbahaya. Buah-buahan ini mengandung kandungan zat yang bisa meningkatkan risiko dari tumbuhnya sel kista dan kanker contohnya buah nangka dan kelengkeng. Sedangkan untuk buah-buahan lainnya seperti durian, nanas, dan duku memiliki kandungan alkohol yang bisa mendukung proses perkembangan kanker dan jenis tumor junak lainnya. Jenis buah ini juga memiliki kandungan panas yang tinggi yang membuatnya tidak direkomendasikan dalam proses penyembuhan ataupun pengobatan kista.

6. Minuman Alkohol / Soda

Minuman beralkohol sudah jelas memiliki efek yang buruk untuk kesehatan khususnya penyakit kista. Jenis minuman ini hanya akan memberikan efek yang buruk untuk kista.

7. Daging Merah
Daing merah sebaiknya dihindari jika anda merupakan pasien kista yang sedang menjalani tahap pengobatan. Daging ternak seperti ini memiliki zat-zat kimia dari jenis makanan dan obat-obatan lainnya yang tidak baik untuk proses penyembuhan.

8. Seafood
Kandungan lemak jenuh dalam seafood memang terkenal sangat tinggi sehingga membuatnya tinggi akan kolesterol. Untuk mengurangi risiko dan memaksimalkan tahapan pengobatan, anda dianjurkan untuk mengganti jenis lemak jenuh ini dengan lemak baik yang biasanya bisa didapatkan dari jenis tumbuh-tumbuhan.

9. Makanan Cepat Saji
Makanan cepat saji seperti mie instan dan snack juga bisa dihindari sementara waktu ini karena kandugnan pengawetnya yang membuat kista semakin subur bersarang di tubuh seseorang. Zat pengawet sendiri bisa memicu sel kista dan kanker untuk berkembang lebih cepat. Selain itu, juga kurangi bumbu-bumbu penyedap masakan seperti micin dan lainnya.
Rasa sakit pada perut bagian bawah adalah gejala utama yang muncul jika anda memiliki endometriosis. Saat menstruasi atau berhubungan 's3kzual', gejala ini bertambah parah dan semakin sering muncul.

Kadang rasa sakit terasa menjalar dari perut bagian bawah, kaki, hingga punggung. Beberapa orang juga mengatakan bahwa rasa sakit nya terasa seperti kram dan biasa diikuti dengan mual, diare, atau muntah. Lokasi dimana jaringan endometrium bertumbuh juga mempengaruhi rasa nyeri yang anda rasakan. Jaringan itu bisa saja tumbuh di bagian usus atau organ berkemih yang bisa menyebabkan masalah pada buang air besar atau air kecil. Hati-hati jika jaringan tumbuh di bagian tuba falopi atau ovarium karena dapat menyebabkan masalah kesuburan.

Terapi Kista Endometriosis

1. Jaga Makanan

Lemak dalam makanan dapat mempengaruhi produksi prostaglandin dalam tubuh. Estrogen yang tinggi diperkirakan bisa disebabkan oleh tingkat prostaglandin yang tinggi, dan dapat memerikan efek pada pertumbuhan jaring endometrium.
Jika anda rutin mengkonsumsi sayuran hijau dan buah segar akan memberikan penurunan resiko yang signifikan pada endometriosis. Mengkonsumsi terlalu sering daging-daging merah memiliki resiko yang tinggi untuk endometrioses.
Hindarilah makanan-makanan yang bisa menyebabkan peradangan dan perbanyak memakan sayur dan buah. Perubahan nyeri perut yang anda rasa mungkin akan berubah jika anda menghindari makanan yang bisa menyebabkan peradangan seperti gula dan susu.

2. Rajin Olahraga
Dikarenakan takut bahwa rasa nyeri akan semakin parah, orang-orang yang mengalami nyeri tidak mau atau menolak untuk berolahraga. Padahal melakukan aktivitas fisik dengan teratur bisa mengurangi rasa nyeri dan tidak nyaman yang anda rasakan.
Olahraga seperti aerobik, jogging, dan bersepeda bisa mengurangi resiko terkena penyakit endometriosis. Wanita yang memiliki endometriosis dapat dibantu dengan melakukan aktivitas fisik teratur yang mengakibatkan:
Sirkulasi darah ke organ tubuh menjadi lancar.
Nutrisi dan aliran oksigen dalam sistem terjaga.
Meredakan stres.
Hormon yang dapat mengurangi rasa sakit terpicu (Endorfin).

Kesehatan tentunya menjadi prioritas yang harus dijaga oleh ibu hamil. Salah satu cara menjaganya tentunya dengan cara memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Namun dalam beberapa kasus, ada ibu hamil yang memiliki kista khususnya saat kista terdeteksi di trimester awal kehamilan. Masalah ini sendiri dalam beberapa kasus bisa menyebabkan rasa sakit yang terus bertumbuh selama kehamilan.

Makanan Sehat Untuk Kista

1. Bawang Putih

Salah satu penyedap makanan yang sering digunakan di Indonesia ini ternyata juga bermanfaat dalam berbagai masalah kesehatan. Contohnya saja pada saat masa kehamilan. Ibu hamil dapat terlindung dari kista itu sendiri dengan cara memakan bawang putih secara teratur karena memiliki kandungan baik yang bisa melakukan proses penyembuhan kista ovarium dalam rahim. Bawang putih sendiri telah terbukti aman untuk dikonsumsi selama kehamilan asalkan mendapatkan persetujuan dari dokter dan dalam jumlah yang kecil.

2. Sayuran Hijau

Sayuran hijau memiliki kandungan kalori yang rendah dan dapat digunakan untuk membantu mengatasi masalah kista pada ibu hamil. Sayuran-sayuran hijau layaknya brokoli dan bayam memiliki kandungan antioksidan yang tinggi disertakan dengan kandungan vitamin, serat, dan mineral yang baik untuk tubuh. Indeks glikemik yang rendah juga dimiliki oleh brokoli yang bisa digunakan untuk mencegah pertumbuhan kista dan mengurangi resikonya.

3. Salmon
Menjaga asupan makan agar sehat tentu menjadi salah satu cara terbaik dalam mengatasi kista disaat sedang hamil. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan rendah lemak layaknya ikan salmon. Salmon memiliki kandungan omega-3 yang baik untuk proses perkembangan otak janin serta kadar androgen yang dibutuhkan ibu hamil.

4. Telur

Fungsi ovarium dan juga hormon yang mengatur sistem reproduksi seseorang tentu dipengaruhi oleh asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itulah, mengkonsumsi makanan seperti telur yang memiliki kandungan protein tinggi serta vitamin B12 sangat baik untuk tubuh. Pembentukan sel darah merah dan fungsi saraf yang baik bisa dipengaruhi oleh telur. Kista juga bisa ditangkal oleh protein dalam telur.

Demikian selesai sudah informasi yang kami berikan, semoga informasi tersebut bisa digunakan dan bermanfaat untuk anda. Terima Kasih.
 
Loading...

Thread Terbaru

Post Terbaru

Top