Peluang Usaha Roti John Yang Lagi Viral, Begini Kalkulasinya

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah (UKM)' started by techwira, Aug 10, 2018.

  1. techwira

    techwira New Member

    Joined:
    Dec 5, 2017
    Messages:
    70
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Roti john merupakan salah satu kuliner olahan berbahan dasar roti yang kemudian diisi dengan topping favorit berupa telur, daging cincang, hingga sayuran. Sekilas tampilan-nya memang hampir mirip seperti sandwich atau burger.

    [​IMG]

    Meski tak seviral es kepal milo, prospek bisnis-nya terbilang menjanjikan. Dengan menargetkan kaum millenial sebagai target market-nya, tentu dapat membuka peluang keuntungan dalam bisnis ini semakin besar.

    Nah bagi Anda yang ingin memulai bisnis roti john, go online atau memanfaatkan jejaring sosial media ini bisa jadi strategi jitu untuk menarik pelanggan potensial. Anda tinggal membuat kreasi sajian roti john yang lebih unik dengan ragam pilihan topping favorit yang banyak disukai kaum millenial. Tampilan yang unik dan menarik, tentu-nya akan lebih menggugah selera jika di upload ke sosial media. Perhatikan pula teknik pengambilan gambar, cari angle yang pas saat mengambil foto produk.

    Peluang Usaha Roti John

    Roti john, sekilas memang terdengar seperti merek atau nama brand, padahal ini merupakan nama dari sebuah sajian atau camilan street food yang populer di negara Singapur, Malaysia, dan Brunei. Di Indonesia sendiri, sandwitch omlete ini belum begitu populer atau familiar di telinga masyarakat. Namun begitu, belakangan ini sajian roti john ini sedang happening terutama di kalangan warganet dan kaum millenial.

    Tidak hanya lezat, camilan ini dikenal mengenyangkan dan menyehatkan. Dimana bahan utama yang digunakan merupakan roti, telur, daging cincang dan sayuran segar yang banyak mengandung nutrisi dan sehat pasti-nya. Pelaku usaha-nya pun masih sangat sedikit dan baru ada di beberapa kota saja. Nah bagi Anda yang sedang mencari ide usaha kuliner, usaha roti john ini bisa jadi salah satu pilihan-nya.

    Selain bahan dan peralatan-nya yang mudah didapat, modal yang dibutuhkan untuk membangun usaha ini pun terbilang fleksibel. Bisa dijalankan oleh berbagai unit usaha, mulai dari bisnis kecil, menengah, hingga besar.

    Cara Memulai Usaha Roti John

    Kunci utama dalam membangun bisnis adalah modal, baik itu berupa materi maupun pengetahuan Anda dalam berbisnis. Siapkan budget atau dana usaha yang cukup, agar bisnis yang dijalankan tidak terhenti di tengah jalan.

    Selain itu, ketahui juga bagaimana cara merancang perencanaan bisnis dan menyusun startegi marketing yang tepat untuk menarik pelanggan potensial. Dan satu hal lagi yang tak kalah penting adalah mengetahui proses pembuatan roti john.

    Proses pembuatan roti jhon ini tidak ribet, simple dan cepat sehingga bisa langsung Anda praktekan sendiri. Meski terbilang makanan asing, bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat hidangan ini cukup terjangkau dan mudah didapat. Langsung aja, masuk ke proses pembuatan roti john, simak cara-nya dibawah ini!

    Sama seperti sandwich pada umum-nya, bahan utama yang digunakan adalah roti. Nah untuk jenis roti-nya sendiri yaitu baguette yang memiliki tekstur sedikit keras, berbentuk bulat panjang. Sama seperti roti yang biasa dibuat hotdog, hanya saja ukuran-nya sedikit lebih lebar dan besar. Setelah itu, kemudian siapkan bahan isian dan pelangkap lain, dianta-nya:

    Margarin 6 sdm
    Daging cincang 250 gram (opsional, bisa daging sapi atau ayam)
    Merica bubuk sdt
    Garam sdt
    Telur ayam 6 butir
    Bawang bombay 1 buah
    Cabai merah besar 3 buah
    Cabai rawit merah 5 buah (opsional)
    Roti baguette 3 potong

    Setelah semua bahan siap, kemudian masuk ketahap memasak. Cara-nya ikuti step-step dibawah ini:

    Iris atau cincang bawang dan cabai sampai halus
    Kocok telur
    Panaskan wajan dan lelehkan 1 sdm margarin
    Kemudian tumis daging, dan jangan lupa untuk seasoning. Taburkan merica dan garam, aduk sampai semua bumbu tercampur dengan merata
    Jika tumisan daging sudah matang, matikan kompor, dan angkat
    Kemudian lelehkan margarin diatas wajan panas
    Tuang adonan telur di atas 1 bagian roti, letakkan roti di wajan panas dengan posisi permukaan berisi adonan telur di bagian bawah. Masak hingga matang, angkat.
    Sebagai pelengkap, Anda bisa menambahkan sayuran segar, saos dan mayones agar lebih menarik saat dihidangkan. Bagaimana, mudah, cepat dan simple bukan? Nah untuk menarik perhatian pelanggan, Anda juga bisa membuat kreasi atau inovasi produk, baik itu pada isian, topping ataupun roti-nya. Misal-nya dengan menghadirkan varian topping aneka keju, bisa moazarella, cheedar, dan lain sebagai-nya. Jika memang ingin menghadirkan varian rasa baru, usahakan sesuai atau familiar di lidah masyarakat Tanah Air. Sehingga memudahkan Anda dalam proses pemasaran.

    Untuk memulai usaha ini, Anda juga tidak memerlukan dana usaha yang cukup banyak. Jika menyewa kios terlalu mahal, mungkin Anda bisa memulai-nya dengan cara berjualan keliling menggunakan gerobak. Berikut kami rangkum perkiraan modal awal yang diperlukan untuk memulai usaha roti john:

    Margarin 500 gram Rp 50.000
    Merica bubuk 25 gram Rp 20.000
    Garam Rp 10.000
    Bawang bombay Rp 18.000
    Cabai merah Rp 20.000
    Cabai rawit Rp. 30.000
    Saos 1000 gr Rp 16.000
    Mayones 1000 gr Rp. 29.000
    50 buah roti Rp 75.000 (misal hitungan satuan-nya Rp. 1500)
    2 kg telur Rp 52.000
    1000 gram daging sapi Rp 90.000

    Dan jika ditotal, jumlah kesuluruhan adalah Rp 410.000. Modal yang cukup terjangkau untuk Anda skala bisnis rumahan. Dan untuk perlengkapan usaha-nya adalah

    Gerobak Rp 2 juta
    Kompor gas kecil Rp 100.000
    Tabung gas Rp 135.000
    Regulator Rp 75.000

    Total modal yang diperlukan untuk perlengkapan usaha adalah Rp 2.310.000. Jika ditotal semua-nya, kurang lebih Anda harus menyiapkan dana usaha sebanyak Rp 3 jta untuk memulai usaha roti john kecil-kecilan. Dan untuk peralatan memasak, Anda bisa menggunakan alat-alat dapur yang sudah ada sehingga biaya operasional bisnis tidak terlalu besar kecuali anda berniat untuk membeli Mesin roti profesional agar produksi pembuatan rotinya bisa lebih di tingkatkan lagi
     


Loading...

loading...

Loading...

Tags:

Share This Page