Pencegahan Kista Ovarium dan Jenis Kista Lainnya

Status
Not open for further replies.

lingshenyao

New Member
Penyakit kista sendiri bisa muncul pada jaringan tubuh bagian mana saja. Benjolan dari penyakit kista sendiri juga bervariasi mulai dari sangat kecil hingga besar. Berikut dibawah ini kami akan membahas beberapa tanda dan gejala kista termasuk beberapa makanan untuk mencegah penyakit kista sendiri. Tentunya salah satu Cara Mencegah Kista Rahim sendiri adalah gaya hidup yang sehat disertai dengan pemahaman akan penyakit tersebut.Jenis Penyakit Kista
Kista Ovarium
Benjolan yang berisikan cairan yang tumbuh dalam sel indung telur wanita atau ovarium adalah kista ovarium. Ini merupakan jenis kita yang paling sering terjadi dan bisa hilang dengan sendirinya tanpa membutuhkan perawatan khusus.

Kista Epidermoid
Ini adalah jenis yang tumbuh dalam bawah kulit dan bisa saja muncul pada abgian manapun layaknya wajah, kepala, punggung, dan lain-lain.

Kista Payudara
Benjolan kista bisa saja terjadi pada bagian payudara yang biasanya tidak memerlukan penanganan khusus jika tidak semakin membesar dan tidak menimbulkan rasa sakit.

Kista Ganglion
Salah satu penyakit yang menyebabkan benjolan atau jenis tumor jinak pada area sendi seseorang adalah Kista Ganglion. Penyakit ini bisa bertumbuh pada jaringan-jaringan yang menghubungan tulang dengan otot seseorang dan sering tumbuh pada bagian pergelangan tangan. Ukuran dari kista ganglion sendiri bisa saja menghilang, muncul, atau berubah dengan sangat cepat

Kista Baker
Kista baker merupakan sebuah benjolan yang berisikan cairan yang terdapat pada bagian lutut belakang seseorang. Ini akan menghasilkan pembengkakan pada bagian lutut belakang yang membuat rasa nyeri terasa ketika lutut digerakan. Rasa sakit ini akan membuat penderitanya mengalami keterbatasan gerakan. Penimbunan cairan sendiri sendiri yang menyebabkan kista baker terjadi disebabkan karena cedera atau adanya radang pada bagian lutut.

Gejala Kista
Gejala atau tanda-tanda secara spesifik umumnya tidak terjadi pada penyakit kista. Tanda atau ciri yang bisa dilihat kemungkinkan tidak akan terdeteksi jika ukurannya kecil. Namun kelamaan bila membesar maka dapat menekan organ lain yang bisa menjadi berbahaya.

Kista Payudara
  • Salah satu atau kedua payudara bisa ditemukan ciri-ciri kista
  • Berbentuk oval atau bulat dengan tipe yang jelas serta mudah digerakan dan benjolannya lembut
  • Puting yang terlihat seperti berwarna cokelat tua, kuning, atau bahkan bening
  • Area benjolan sering terasa nyeri
  • Ukuran benjolan yang bertambah dan rasa sakit yang lebih parah dari sebelumnya
Kista Kulit
  • Umumnya akan ada benjolan kecil dan bulat pada bagian bawah kulit di bagian leher, tubuh, atau wajah
  • Pembukaan pada benjolan tersumbat oleh komedo
  • Benjolan kadang mengeluarkan zat kuning yang berbau busuk
Kista Ovarium
  • Punggung bawah dan paha akan menjadi sakit sebelum saat periode menstruasi dimulai dan berkahir saat berhubungan intim
  • Tekanan pada usus yang menyebabkan nyeri pada saat buang air besar
  • Muntah dan mual serta terasa nyeri pada bagian payudara selama periode kehamilan
  • Perut yang terasa berat dan penuh
Waktu Periksa ke Dokter
1. Benjolan Payudara

Sering merasakan jaringan payudara normal yang tidak halus dibandingkan biasanya. Coba pegang bagian tersebut dan rasakan apakah anda menemukan benjolan atau tidak pada bagian tersebut. Serta perhatian kapan benjolan mulai terasa dan hilang contoh pada saat menstruasi.

2. Kista Kulit

  • Kista yang tumbuh dengan cepat
  • Rasa sakit dan terinfeksi karena adanya robekan
  • Area yang teinfeksi terus mengalami iritasi
  • Tampilan anda mulai terganggu.
3. Kista Ovarium

  • Rasa sakit dirasakan pada bagian panggul atau perut yang tiba-tiba saja bisa bertambah parah
  • Demam atau muntah yang disertai dengan nyeri
Penyebab Kista
  • Faktor keturunan atau genetik
  • Tumor
  • Infeksi
  • Perkembangan embrio yang kelainan
  • Sel yang cacat
  • Inflamasi kronis sedang terjadi
  • Saluran pada tubuh yang tersumbat
  • Cedera
  • Parasit
Kesehatan tentunya menjadi prioritas yang harus dijaga oleh ibu hamil. Salah satu cara menjaganya tentunya dengan cara memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Namun dalam beberapa kasus, ada ibu hamil yang memiliki kista khususnya saat kista terdeteksi di trimester awal kehamilan. Masalah ini sendiri dalam beberapa kasus bisa menyebabkan rasa sakit yang terus bertumbuh selama kehamilan.

Makanan Pencegah Kista
1. Bawang Putih
Salah satu penyedap makanan yang sering digunakan di Indonesia ini ternyata juga bermanfaat dalam berbagai masalah kesehatan. Contohnya saja pada saat masa kehamilan. Ibu hamil dapat terlindung dari kista itu sendiri dengan cara memakan bawang putih secara teratur karena memiliki kandungan baik yang bisa melakukan proses penyembuhan kista ovarium dalam rahim. Bawang putih sendiri telah terbukti aman untuk dikonsumsi selama kehamilan asalkan mendapatkan persetujuan dari dokter dan dalam jumlah yang kecil.
2. Sayuran Hijau
Sayuran hijau memiliki kandungan kalori yang rendah dan dapat digunakan untuk membantu mengatasi masalah kista pada ibu hamil. Sayuran-sayuran hijau layaknya brokoli dan bayam memiliki kandungan antioksidan yang tinggi disertakan dengan kandungan vitamin, serat, dan mineral yang baik untuk tubuh. Indeks glikemik yang rendah juga dimiliki oleh brokoli yang bisa digunakan untuk mencegah pertumbuhan kista dan mengurangi resikonya.
3. Salmon
Menjaga asupan makan agar sehat tentu menjadi salah satu cara terbaik dalam mengatasi kista disaat sedang hamil. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan rendah lemak layaknya ikan salmon. Salmon memiliki kandungan omega-3 yang baik untuk proses perkembangan otak janin serta kadar androgen yang dibutuhkan ibu hamil.
4. Telur
Fungsi ovarium dan juga hormon yang mengatur sistem reproduksi seseorang tentu dipengaruhi oleh asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itulah, mengkonsumsi makanan seperti telur yang memiliki kandungan protein tinggi serta vitamin B12 sangat baik untuk tubuh. Pembentukan sel darah merah dan fungsi saraf yang baik bisa dipengaruhi oleh telur. Kista juga bisa ditangkal oleh protein dalam telur.
5. Alpukat
Alpukat seperti sayuran dan jenis buah lainnya mengandung jumlah serat yang cukup tinggi dan menjadi sumber serat baik. Tentu ini sangat berguna untuk kista karena pemasukan serat yang baik ke dalam tubuh bisa menurunkan risiko dari kista itu sendiri. Alpukat juga merupakan salah satu jenis buah yang mudah ditemukan di Indonesia sendiri. Buah ini memiliki kandungan antioksidan tinggi yang bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Kerja antioksidan sendiri bisa digunakan untuk pengurangan radikal bebas dari tubuh yang akan membantu proses pencegahan dan pertumbuhan sel tumor atau kista.
Mengurangi radikal bebas dalam tubuh berarti Anda mencegah sel-sel kanker tumbuh dan menyebar ke seluruh tubuh.

Selain itu, antioksidan yang tinggi juga bisa digunakan ternyata untuk melawan peradangan yang terjadi dalam tubuh seseorang. Hal ini akan membuat tingkat peradangan menjadi sangat rendah sehingga risiko tumor ganas seperti kanker bisa dicegah. Alpukat juga seringkali dikenal dengan nama super food karena banyaknya kandungan gizi dan manfaat yang ada di dalamnya.

6. Apel
Kista bisa diatasi dengan sangat baik dengan cara mengkonsumsi buah apel yang telah melalui sistem difermentasi dengan sangat baik. Pasalnya, apel juga dikenal akan manfaatnya dari sari cuka apel sendiri dalam menghilangkan jerawat. Ini juga bisa dimanfaatkan dalam mengatasi kista. Sari cuka apel juga memiliki cara konsumsi yang sangat mudah dimana cukup dicampurkan ke dalam air hangat dan diminum saja. Hal ini sudah terbukti akan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

7. Belimbing
Buah yang satu ini bisa dikonsumsi dengan berbagai cara contohnya saja dengan dimakan langsung ataupun dijadikan jus. Berbagai manfaat diberikan oleh buah ini yang ternyata sangat bagus dalam mengatasi dan menghentikan perkembangan sel kista. Buah ini tentu harus diperhatikan dan pastikan anda mengkonsumsinya dalam keadaan yang telah matang sempurna.

8. Jambu
Jambu biji juga ternyata merupakan buah yang sangat bagus untuk kista. Pasalnya, buah ini bisa mempercepat proses penyembuhan dan pengobatan kista. Jambu ini juga dikenal karena manfaatnya dalam mengatasi tekanan darah tinggi.

Baca Juga :

 
Status
Not open for further replies.
Loading...
Top