Penderita Rabun Tua Perlu Tahu Terkait Ini

Discussion in 'Health & Beauty' started by hidupsehat, Jun 13, 2019.

  1. hidupsehat

    hidupsehat New Member

    Joined:
    May 7, 2019
    Messages:
    24
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Bertambahnya usia membuat seseorang semakin tua. Fungsi organ tubuh seperti mata dan organ di sekitarnya pun menurun. Salah satu kondisi yang sering dialami adalah rabun tua.

    Seseorang yang mengalami rabun tua akan merasa kesulitan melihat suatu benda dengan jelas dalam jarak dekat. Terutama saat membaca. Kebanyakan orang tua akan melakukan usaha lebih untuk membaca dalam jarak dekat.

    Rabun tua biasanya mulai terjadi pada usia 40 tahun. Semakin bertambahnya usia, tingkat keparahan rabun tua juga bisa semakin bertambah.

    Gejala rabun tua

    Untuk mengetahui rabun tua, berikut beberapa hal yang dilakukan seseorang saat mengalaminya

    1. Saat membaca buku atau menggunakan handphone, buku bacaan atau handphone dipegang dengan jarak yang jauh dari mata

    2. Mengeluh sulit membaca pada jarak normal

    3. Lebih cepat lelah terutama setelah aktivitas yang menggunakan mata seperti membaca atau menggunakan handphone

    4. Sering mengeluh sakit kepala saat atau setelah membaca atau menggunakan handphone

    5. Pada orang tua yang memiliki kondisi rabun jauh, biasanya mereka akan mengangkat atau melepas kacamatanya saat akan melihat sesuatu yang dekat

    Ketika Anda melihat satu atau beberapa gejala tersebut pada orang tua, saudara, teman, atau siapa pun di sekitar Anda, bahkan diri Anda sendiri, mungkin saja orang tersebut atau Anda memilki kondisi rabun tua.

    Jika demikian, lebih baik jika Anda memeriksakan diri atau sarankan orang tesebut untuk memeriksakan dirinya ke dokter spesialis mata.

    Menangani rabun tua

    Penanganan rabun tua sendiri pada umumnya akan dibantu dengan penggunaan kacamata untuk rabun tua. Kacamata ini bukan kacamata yang dipakai orang pada umumnya karena berfungsi membantu penglihatan seseorang dengan rabun tua.

    Selain kacamata, operasi pada mata juga dapat membantu. Namun, operasi yang dilakukan biasanya membuat satu mata dapat melihat dekat dengan baik. Sedangkan mata yang lain dibuat dapat melihat jauh dengan baik. Dengan kombinasi ini rabun tua dapat diatasi.

    Rabun tua tidak dapat dicegah, tetapi dengan penanganan yang tepat dapat membantu penderitanya kembali melihat dengan jelas.
     


Loading...

Loading...

Share This Page