Pengertian & Kegunaan Baja Ringan ( Galvalum )

Discussion in 'General Discussions' started by Muhamad Daniel, Feb 19, 2019.

  1. Muhamad Daniel

    Muhamad Daniel New Member

    Joined:
    Feb 8, 2018
    Messages:
    25
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Galvalum atau yang akrab disebut dengan baja ringan adalah sebuah material yang bahan dasarnya adalah carbon steel, sedangkan carbon steel adalah baja yang terdiri dari elemen-elemen yang presentai maksimum selain bajanya sebagai berikut : 1.70% carbon, 1.65% manganese, 0.60 silicone, 0.60 copper.

    Carbon adalah unsur kimia dengan nomor atom 6 tingkat oksidasi 4.6 dan mangan adalah unsur kimia dengan nomor atom 25 tingkat oksidasi 7.6423. kedua bahan ini merupakan bahan pokok untuk meninggikan tegangan pada baja murni. Penambahan jumlah presentase carbon akan meningkatkan yield stress tetapi akan mengurangi daktilitas.baja ringan adalah baja high Tensile G-550 (minimum yield strength 5500kg/m2)denganstandar bahan ASTM A792,JIS G3302 dan SGC 570.

    Umumnya bentuk baja ringan yang sering digunakan adalah bentuk “C” dan “omega”, keduanya bisa sebagai penyusun konstruksi baja ringan. Baja ringan berbentuk C dan Omega sudah sangat mudah ditemukan ditoko supplier besi dan baja atau supplier galvalum. Profile baja ringan bentuk C adalah yang tertua karena itulah bentuk ini dianggap profile baja ringan.

    [​IMG]

    Penampang profile ini sudah ada dan digunakan pada baja konvensional jauh sebelum adanya baja ringan Yang hingga saat ini masih dipakai. Kelebihan dari profile C adalah apabila di satukan antara 2 profile yang saling berhadapan maka akan menjadi bentuk box atau kotak.

    Profile baja ringan jenis C digunakan sebagai rangka utama pada konstruksi kuda-kuda baja ringan. Sementara itu untuk konstruksi pendukung seperti reng sebagai tempat penutup atap / genteng gunakan profil “Omega”. Reng baja ringan berbentuk trapezium digunakan sebagai peletak atap umumnya ketebalan adalah reng 0,45 mm dengan tinggi 28 mm sampai 40 mm semakin tinggi profil reng maka semakin kuat.

    Kelebihan menggunakan baja ringan sebagai konstruksi bangunan adalah bobotnya lebih ringan dibandingkan dengan kayu beban yang harus ditanggung oleh struktur di bawahnya lebih ringan. Baja ringan tahan terhadap api atau bersifat tidak membesarkan api, juga tahan terhadap serangan rayap seumur hidup, pemasangan rangka baja ringan lebih cepat daripada rangka kayu karena strukturnya yang padat dan ringan sehingga mempermudah pengerjaan
     


  2. cekeremis

    cekeremis New Member

    Joined:
    Nov 3, 2017
    Messages:
    48
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Last edited: Mar 25, 2019
Loading...

loading...

Loading...

Share This Page