Pengertian Manajemen Dan Fungsi Yang Perlu Kamu Ketahui

Status
Not open for further replies.

rosvelet

New Member
Pengertian manajemen yaitu sebuah cara kerja yang dilakukan untuk mencapai sebuah tujuan suatu organisasi dengan metode berprofesi dalam team.

Manajemen yaitu sebuah seni untuk mengendalikan sesuatu, bagus orang maupun profesi. Pengertian manajemen yaitu sebuah cara kerja yang dilakukan untuk mencapai sebuah tujuan suatu organisasi dengan metode berprofesi dalam team. Dalam sebuah penerapannya manajemen memiliki subyek dan obyek. Subyek yaitu orang yang mengendalikan padahal obyek yaitu yang dikontrol.

Manajemen yaitu ilmu yang sangat luas, malah belum terang asal-usulan ilmu ini mulai ada. Karena ilmu manajemen yaitu ilmu yang sangat bermanfaat bukan cuma dalam ilmu bisnis tapi juga dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Manajemen Mengapa Etimologi

Mengapa bahasa atau etimologi manajemen diubahsuaikan dari bahasa Perancis Kuno yaitu ménagement yang artinya yaitu seni melaksanakan serta mengendalikan. Dari asal usulan katanya saja sudah bisa kita tebak bahwa sesungguhnya manajemen yaitu sebuah seni. Mengapa seni? Simple, karena seandainya kita sudah menjelang dunia manajemen karenanya kita akan menemukan keindahannya. Bukankah seni itu indah?

Lalu dimana letak keindahannya? Memang, seni itu relatif. Namun kita memiliki asumsi yang sama bahwa apa saja yang teratur, rapi, dan terjadwal itu indah. Sebagai figur simpelnya saja yaitu ranting pohon.

Ranting pohon itu menjalar tumbuh tak teratur, tapi ketidak teraturannya itu teratur sehingga tercipta suatu keindahan. Ataupun lainnya yaitu corak batik. Kebanyakan corak batik itu “cuma” seperti goresan gambar yang tak berpola. Menurut, ketidak teraturan dalam corak batik itu teratur sehingga terbentuklah suatu keindahan atau “seni”.

Lalu apa hubungannya dengan manajemen? Ingat definisi diatas, manajemen itu bertujuan untuk mengendalikan. Logikanya manajemen ada untuk mengendalikan sesuatu yang belum teratur. Spesialis mencari keteraturan dalam suatu ketidak teraturan sehingga terciptanya sebuah pola yang baru.

Pengertian Manajemen Karena Mengendalikan

“Manajemen yaitu suatu seni, tiap-tiap tiap-tiap profesi bisa diselesaikan dengan orang lain” Mary Parker F.

“Manajemen yaitu wadah didalam ilmu pengetahuan, sehingga manajemen bisa ditunjukkan secara lazim kebenarannya.” George R. Terry

“Manajemen yaitu cara kerja dalam membuat suatu perencanaan, pengorganisisasian, pengendalian serta memimpin bermacam usahda dari member entitas/organisasi dan juga mempergunakan semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang diatur” Stoner

Lebih lengkapnya aku sudah menulis 20 definisi manajemen berdasarkan pakar, tapi aku juga tak bisa menjami bahwa kata-katanya 100% seperti itu. Karena memang bahasa alih bahasa itu penafsirannya berbeda-beda, tergantung siapa yang menerjemahkannya.

Apa saja Fungsi dari Manajemen?

Seperti yang sudah aku jelaskan diatas bahwa manajemen itu ada untuk mengendalikan. Apabila apa? Ya mengendalikan apa saja yang perlu dikontrol. Simple, manajemen itu bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Ataupun simpelnya yaitu manajemen file dan folder komputer.

Orang seandainya sudah terbiasa membuat manajemen, karenanya ia tak akan nyaman seandainya apa saja yang disekitarnya itu berantakan. Karena, inti dari manajemen yaitu supaya kita mudah untuk mengelolanya. Agar file/folder berarti kita mudah untuk mencari folder atau file hal yang demikian ketika dibutuhkan.

Dalam teorinya ada 5 fungsi utama manajemen, yaitu :

1. Planning (Perencanaan)

Agar ini untuk menentukan tujuan dari perusahaan/organisasi dalam wujud visi dan misi bagus jangka panjang dan jangka pendek. Tak itu, taktik-taktik yang sepatutnya ditempuh juga sudah sepatutnya diatur dari permulaan. Apabila, dalam prosesnya akan mudah untuk mencapai tujuan perusahaan.

2. Organizing (Mengorganisasi)

Fungsi ini bermanfaat untuk mengorganisasi/mengendalikan orang-orang yang ada dalam organisasi/perusahaan hal yang demikian. Apabila, mereka bisa melaksanakan peran dan fungsinya masing-masing dengan maksimal. Istilah kerennya yaitu the right man at the right place.

3. Staffing (Penempatan)

Teladan jauh berbeda dengan organizing, staffing ini lebih luas. Jenis organizing lebih ke memanajemen sumber daya manusia padahal staffing lebih ke sumber daya secara lazim. Misalkan, kelengkapan dan inventaris yang dimiliki.

4. Coordinating (Mengkoordinasi)

Coordinating yaitu fungsi yang bertujuan untuk meningkatkan efisensi dan efektifitas performa, membuat suasana dalam lingkungan kerja menjadi dinamis, sehat, nyaman, dan lain-lain. Fungsi ini diemban ditangan manajer, jadi manajer memiliki fungsi utama untuk mengkoordinasi bawahannya supaya bisa meningkatkan performa kerja masing-masing.

5. Controlling

Ini yaitu fungsi terakhir manajemen, sesudah semuanya dilakukan karenanya langkah terakhir yaitu memegangnya. Dalam fungsi ini terdapat faktor-faktor penting, misalkan evaluasi dan pembuatan kebijakan baru. Fungsi controlling ini penting, supaya performa orang-orang didalamnya tak menurun minimal standard seandainya bisa ya meningkat. (Selengkapnya baca : 5 Fungsi Manajemen dan Kepemimpinan (Leadership)

Karena saja Ataupun dan Relasi-macam Manajemen?

Dalam aplikasiannya, manajemen itu ada banyak sekali tergantung pada bidangnya masing-masing. Namun, berikut ini sebagian figur macam-macam manajemen yang sudah kami tulis:
  • Manajemen Sumber Manusia (SDM)
  • Manajemen Keselamatan dan Kesehatan (Manajemen K3)
  • Manajemen
  • Manajemen Masyarakat (Humas)
  • Manajemen
  • Tentu saja ada banyak sekali macam-macam manajemen, silahkan klik disini untuk mengamati tulisan seputar macam-macam manajemen dengan lebih detil.
Intinya apa? Manajemen itu bisa diterapkan dimana saja. Semuanya pasti manajemen, mulai dari hal kecil yaitu manajemen diri hingga manajemen usaha. Semuanya memerlukan manajemen, karena dengan adanya manajemen yang bagus dan solid karenanya hidup/aktivitas menjadi lebih teratur.
 
Status
Not open for further replies.
Loading...

Thread Terbaru

Top