Pengertian On The Job Training (ojt)

Discussion in 'Edukasi' started by Lentera, Oct 23, 2016.

  1. Lentera

    Lentera blogger amatir

    Joined:
    Jul 2, 2015
    Messages:
    561
    Likes Received:
    63
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Indonesia
    Pengertian On the job training adalah upaya terencana untuk memfasilitasi pembelajaran pengetahuan yang berhubungan dengan pekerjaan, keterampilan, dan perilaku oleh karyawan. Menurut Bernadin dan Russel, "Training is defined as any attempt to improve employee performance on a currently held job or one related to it. This usually means changes in spesific knowledges, skills, attitudes, or behaviors. To be effective, training should involve a learning experience, be a planned organizational activity, and be designed in response to identified needs."

    On the job training berasal dari kata “job” dan “training”. Kata job berasal dari bahasa Inggris yang berarti pekerjaan. Dalam kamus bahasa Indonesia pekerjaan berarti sebuah kegiatan aktif yang dilakukan oleh manusia.

    Istilah pekerjaan digunakan untuk suatu tugas atau kerja yang menghasilkan sebuah karya bernilai imbalan dalam bentuk uang bagi seseorang. Sedangkang kata “training” atau pelatihan adalah proses melatih; kegiatan atau pekerjaan.

    Jadi pelatihan didefinisikan sebagai berbagai usaha pengenalan untuk mengembangkan kinerja tenaga kerja pada pekerjaan yang dipikulnya atau juga sesuatu berkaitan dengan pekerjaannya. Hal ini biasanya berarti melakukan perubahan perilaku, sikap, keahlian, dan pengetahuan yang khusus atau spesifik.

    Dan agar pelatihan menjadi efektif maka di dalam pelatihan harus mencakup suatu pembelajaran atas pengalaman-pengalaman, pelatihan harus menjadi kegiatan keorganisasian yang direncanakan dan dirancang di dalam menanggapi kebutuhan-kebutuhan yang teridentifikasi.

    Menurut PP No.31 tahun 2006 tentang Sistem Pelatihan Kerja Nasional, Pelatihan kerja atau yang sekarang biasa kita kenal dengan istilah training adalah seluruh kegiatan untuk memberi, memperoleh, meningkatkan, serta mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap, dan etos kerja pada tingkat keterampilan dan keahlian tertentu sesuai dengan jenjang dan kualifikasi jabatan atau pekerjaan.

    Singkatnya,pelatihan kerja merupakan proses mengajarkan pengetahuan dan pengembangan keterampilan bekerja (vocational) serta sikap agar karyawan semakin terampil dan mampu melaksanakan tanggung jawabnya dengan semakin baik sesuai dengan standar.
     


  2. otak-otak

    otak-otak New Member

    Joined:
    Sep 26, 2016
    Messages:
    22
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    1
    Location:
    Jawa Tengah
    apakah ini berbeda dengan PKL (praktik kerja lapangan) gan @Lentera?
     
  3. Lentera

    Lentera blogger amatir

    Joined:
    Jul 2, 2015
    Messages:
    561
    Likes Received:
    63
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Indonesia
    Kalau untuk siswa atau mahasiswa, PKL termasuk kegiatan On The Job Training
     
Loading...

loading...

Loading...

Share This Page